Written by at July 28, 2022
Tips & Trik

7 Tips Membuat Puding Regal Coklat yang Enak dan Lumer

Puding bisa jadi salah satu pilihan dessert enak untuk disajikan di rumah. Anak-anak juga biasanya suka puding karena tekstur yang mudah ditelan dan rasa yang enak. Salah satu varian rasa puding yang pasti disukai oleh anak-anak juga anggota keluarga lain adalah puding Regal coklat. Yuk, cari tahu apa saja tips-tips agar bisa membuat varian puding satu ini supaya enak dan lumer di mulut.

puding regal coklat

1. Gunakan Coklat yang Tepat

Tips yang pertama, pastikan Sayurfriends memakai jenis coklat yang tepat. Namanya saja puding coklat jadi rasanya pasti sangat tergantung pada tipe coklat yang dipakai. Jika Sayurfriends hanya mengandalkan rasa coklat dari agar-agar atau puding siap jadi maka rasanya pasti kurang kuat. Selain itu rasa coklatnya juga tidak akan meninggalkan kesan creamy di dalam mulut.

Lebih disarankan untuk memakai dark cooking chocolate. Cokelat ini bisa dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan saat agar-agar mulai dimasak. Bisa juga dilelehkan terlebih dahulu lalu digunakan untuk memasak agar-agar. Selain menggunakan coklat seperti ini, Sayurfriends bisa juga menambahkan bubuk coklat agar rasa coklatnya semakin kuat dan terasa creamy.

2. Tambahkan Susu UHT

Tips berikutnya yang bisa dicoba saat membuat puding Regal coklat adalah menambahkan susu UHT. Penggunaan susu saat memasak puding ini bisa memberi banyak manfaat. Pertama rasa puding jadi jauh lebih kaya dan berat saat masuk perut. Selain itu, tekstur puding juga jadi jauh lebih creamy sehingga jauh lebih enak saat masuk mulut dan ditelan.

Pemakaian susu UHT juga akan membuat puding jadi lebih kaya gizi. Cocok sekali jika ingin diberikan kepada anak-anak. Selain rasanya enak juga bisa menambah kalori yang masuk ke tubuh anak. Lebih disarankan untuk memakai susu UHT yang rasa plain supaya tidak mengubah rasa asli puding coklat terlalu banyak.

Baca juga: Manisnya Bikin Ketagihan, Intip 5 Resep Olahan Coklat untuk Camilan di Rumah

3. Masak Agar-Agar dengan Benar

Pastikan Sayurfriends memasak agar-agar dengan benar. Sebenarnya proses memasak agar-agar ini terbilang mudah. Sayurfriends bisa membaca caranya langsung melalui kemasan agar-agar. Di sana pasti sudah tertera petunjuk pengolahan yang tepat beserta takarannya. Ikuti saja petunjuk tersebut supaya rasa dan tekstur yang dihasilkan tepat dan sesuai dengan selera.

Salah satu tips saat memasak agar-agar adalah campurkan dulu bubuk agar-agar dengan air lalu aduk sampai benar-benar merata dan tidak ada yang menggumpal. Setelah itu baru panaskan agar-agar dengan menggunakan api sedang. Jika perlu Sayurfriends bisa juga memakai kuning telur untuk membuat hasil akhir tekstur agar-agar jauh lebih halus dan lembut.

4. Gunakan Roti Tawar

Pembuatan puding Regal coklat juga bisa dilakukan dengan menambah bahan roti tawar. Roti tawar pada puding akan membuat teksturnya jauh lebih padat dan mengenyangkan. Lebih dari itu roti tawar juga akan menambah kekayaan rasa pada puding. Cocok untuk dipakai jika puding memang akan disajikan untuk camilan si kecil.

Roti tawar ini sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu. Setelah halus, campurkan roti tawar ke adonan agar-agar atau puding. Hasil akhirnya, tekstur puding akan jadi jauh lebih padat. Sama halnya seperti kue sehingga lebih mudah disajikan, dipotong, juga dikonsumsi.

5. Pakai Regal Asli

Sesuai dengan namanya, puding ini akan menggunakan biskuit Regal sebagai salah satu komponen bahan. Pastikan Sayurfriends memakai biskuit Regal yang asli saat membuat puding tersebut. Sekarang ada banyak pilihan produk biskuit Regal, jangan sampai terkecoh dan pilihlah yang asli. Ini dilakukan supaya rasa akhir puding benar-benar enak karena ada biskuit Regal-nya.

Regal ini bisa dimasukkan ke dalam puding dalam bentuk remahan. Susun saja remahan biskuit Regal di dasar cetakan agar-agar atau puding. Bisa juga disusun dalam bentuk kepingan biskuit utuh. Nantinya biskuit akan melunak sendiri setelah disiram puding atau agar-agar. Tinggal disesuaikan saja dengan selera dan tampilan puding yang ingin didapatkan setelah mulai mengeras.

6. Gunakan Gula Secukupnya

Pada dasarnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puding ini sudah cukup manis. Susu UHT yang dipakai dalam proses pembuatan puding sudah punya rasa manis. Ditambah lagi ada juga biskuit Regal yang rasanya manis, jadi tak perlu terlalu banyak menambahkan pemanis seperti gula. Jika memang dibutuhkan gula maka pakailah secukupnya saja.

Hal ini juga berlaku jika Sayurfriends ingin membuat vla sebagai pelengkap puding. Vla tersebut lebih baik dibuat tidak terlalu manis sehingga komposisi rasa puding akan lebih pas. Lagipula dessert yang terlalu manis tidak akan bagus bagi kesehatan jadi lebih baik dibatasi saja rasa manisnya.

Baca juga: Enak dan Sehat, Ini 12 Resep Puding Buah yang Wajib Dicoba

7. Tambahkan Vanila

Salah satu tips yang bisa dicoba saat membuat puding coklat ini adalah tambahkan vanila. Sayurfriends bisa memakai serbuk vanila maupun vanila cair. Cukup tambahkan saja ke adonan puding atau agar-agar yang sedang dimasak. Nantinya, vanila ini bisa memberikan cita rasa yang jauh lebih enak dan aroma puding juga jadi lebih sedap.

Penggunaan vanila tidak perlu terlalu banyak. Secukupnya saja sampai dirasa vanila tersebut bisa memberikan cita rasa yang jauh lebih kuat. Jika Sayurfriends memakai vanila serbuk maka tak ada salahnya untuk melarutkan dulu bersamaan dengan serbuk agar-agar sebelum mulaih dipanaskan di atas api. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa serbuk vanila benar-benar sudah tercampur rata.

Kini Sayurfriends bisa membuat puding Regal coklat sendiri di rumah. Menu ini cocok jadi pilihan dessert bagi keluarga. Terutama untuk anak-anak yang selalu menyukai coklat. Lengkapi puding dengan vla vanila supaya teksturnya semakin creamy dan lumer di mulut.

Related Articles

7 Makanan Tradisional Berbahan Ayam Khas Nusantara, Rasanya Maknyus Abis!

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi sajian lezat khas banyak daerah di tanah air. Meskipun...

12 Kuliner Indonesia Khas Hari Kemerdekaan, Ada yang Warnanya Kayak Bendera

Gak kerasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan datang menjelang. Selain dengan upacara dan berbagai macam perlombaaan, aneka kuliner...

8 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Yakin Masih Mau Memakannya?

Cabai identik dengan rasanya yang pedas. Cabai khas tanah air sendiri diketahui memiliki cita rasa yang cukup pedas, seperti cabai Jawa dan...