Written by at December 09, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

8 Alasan Alpukat untuk Diet Sehat dan Seimbang bagi Tubuh

Diet alpukat kini sedang digemari. Pasalnya, diet dengan mengonsumsi alpukat dipercaya dapat mengurangi berat badan dengan cepat dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada alpukat membuat buah ini menjadi superfood yang memiliki banyak manfaat. Kamu ingin mengurangi berat badan tetapi belum yakin dengan diet alpukat? Yuk, simak dulu 8 alasan alpukat untuk diet sehat dan seimbang bagi tubuh di bawah ini.

 

Ini alasan alpukat untuk diet sehat dan seimbang bagi tubuh

 

  1. Membantu meluruhkan lemak di perut

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat membantu meluruhkan lemak di perut. (Foto: Pixabay)

Sudah coba mengurangi porsi makan tetapi perut masih buncit? Lemak di sekitar perut memang paling sulit untuk singkirkan. Selain banyak berolahraga, kamu juga bisa rutin mengonsumsi alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan oleat pada alpukat dapat membantu mengurangi lemak perut.

 

  1. Mampu mengendalikan nafsu makan

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat mampu mengendalikan nafsu makan. (Foto: Image Splash)

Salah satu kendala yang sering dialami ketika sedang melakukan program diet adalah sulit mengendalikan nafsu makan. Coba sisipkan alpukat dalam menu makan kamu. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal, peserta uji coba yang mengonsumsi setengah alpukat segar saat makan siang dapat menurunkan 40% keinginan makan beberapa jam setelahnya.

 

  1. Meningkatkan kualitas diet kamu

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat untuk meningkatkan kualitas diet kamu. (Foto: Pixabay)

Banyak orang melakukan diet tapi ternyata program yang dilakukan justru tidak berdampak baik bagi tubuh karena sembarang mengonsumsi makanan. Diet yang paling praktis dan terjamin sehat adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Superfood seperti alpukat dapat menjadi opsi yang baik dikonsumsi jika kamu ingin mengurangi berat badan.

 

Mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan kualitas diet yang kamu lakukan. Kandungan lemak baik, serat, dan vitamin yang ada di dalam alpukat dapat membantu proses pengurangan berat badan menjadi lebih sehat dan seimbang.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

  1. Membantu penyerapan nutrisi lebih optimal

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat membantu penyerapan nutrisi lebih optimal. (Foto: Pixabay)

Rendah kalori, kaya vitamin, dan penuh dengan nutrisi penting adalah syarat utama yang harus dipenuhi jika kamu ingin mengurangi berat badan. Sayuran menjadi jenis makanan terbaik yang dapat memenuhi semua syarat tersebut. Tetapi, untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal sebaiknya kamu juga menambakan sedikit lemak pada menu makanan diet kamu.

 

Namun, bukan sembarang lemak. Sebaiknya kamu menambahkan lemak baik untuk mendukung program diet seperti yang terkandung dalam alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh pada alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi lebih optimal.

 

Ingin mengonsumsi alpukat untuk diet? Beli dulu alpukatnya di Sayurbox, yuk! Cari tahu juga manfaat alpukat untuk diet lainnya di bawah ini!

 

  1. Menggurangi tingkat kolesterol

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat untuk menggurangi tingkat kolesterol. (Foto: Image Splash)

Masalah lain yang kerap kali membayangi saat berat badan meningkat adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Masalah ini tertunya tidak berhenti di situ, tingginya kadar kolesterol dapat memicu penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

 

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah, faktor resistensi insulin, kelebihan berat badan, dan obesitas. Konsumsi alpukat secara rutin agar tubuh lebih sehat dan ramping.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

  1. Tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas. (Foto: Image Splash)

Tidak hanya kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan serat, Alpukat juga tinggi akan antioksidan. Kandungan tersebut membuat alpukat tidak hanya memasok nutrisi penting bagi tubuh, tetapi juga dapat menetralkan dan menghilangkan racun yang keluar dari dalam tubuh. Selain itu, Alpukat juga dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Alpukat untuk Diet Sehat
Alpukat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. (Foto: Image Splash)

Butuh energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari? Coba rutin menambahkan alpukat pada asupan makanan harian kamu. Alpukat kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat memberikan energi serta meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsi alpukat sebagai makanan selingan sebelum kamu berolahraga agar lebih berenergi dan tidak lesu.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

Jadi, apakah kamu berniat konsumsi alpukat untuk diet? Yuk, beli alpukat matang di Sayurbox, sekarang!

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...