Written by at June 23, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 8 Manfaat Edamame untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Untuk kamu yang sering berkunjung ke restoran Jepang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan edamame, bukan? Secara fisik, bentuknya yang sekilas mirip dengan kacang panjang ini sebenarnya adalah kacang kedelai muda yang masih berada dalam polongnya. Biasanya, edamame dimasak dengan cara direbus ataupun dikukus dan disajikan dengan taburan garam. Di negara asalnya, edamame merupakan salah satu camilan khas yang sangat populer. Selain nikmat, masyarakat Jepang yang dikenal karena pola hidup sehatnya juga menyukainya karena camilan ini tinggi protein dan ada banyak manfaat edamame yang bisa dirasakan tubuh.

 

Tidak hanya protein, kandungan lain seperti serat, karbohidrat, asam amino, kadar gula yang rendah, dan kandungan penting lainnya juga dimilikinya. Dengan banyaknya kandungan tersebut, sudah pasti edamame memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah delapan manfaat edamame untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

 

Ini manfaat edamame untuk kesehatan

manfaat edamame
Manfaat Edamame untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Menjaga kesehatan jantung

Sudah bukan rahasia lagi jika penyakit jantung kini tidak memandang usia penderitanya. Menakutkannya lagi, penderitanya bisa terserang kapan saja dan di mana saja tanpa disadari. Terburuknya, penderita bisa langsung meregang nyawa.

 

Agar terhindar dari masalah tersebut, tentunya kamu wajib menjaga kesehatan jantung dengan menjaga pola makan yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Ternyata, kamu bisa lho mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsi edamame secara rutin. Dalam sebuah studi terungkap jika kamu mengonsumsi 50 gram protein edamame per hari maka bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL lebih rendah hingga 3 persen. Siapa sangka, ternyata ngemil edamame tidak hanya nikmat, tapi juga baik untuk jantung.

 

2. Bebas gula sehingga baik untuk penderita diabetes

Untuk penderita diabetes, mungkin kamu sering mengalami kesulitan saat mencari camilan yang sesuai dan rendah gula. Nah, tidak perlu takut gula darah meningkat, mengonsumsi edamame tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah kamu, kok. Camilan yang satu ini memang memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya baik untuk penderita diabetes.

 

Baca juga: Yuk, Coba 9 Resep Tumis Kacang Panjang yang Enak untuk di Rumah

 

3. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan yang tiba-tiba naik tentu bisa membuat aktivitas gerak kamu terbatas. Menyebalkannya lagi, beberapa pilihan baju yang sebelumnya bisa kamu pakai, ternyata kini terasa sempit.

 

Untuk membantu menurunkan berat badan, tentunya kamu harus mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan serat sehingga sistem pencernaan kamu bisa lancar. Nah, tidak perlu bingung! Di negara asalnya, edamame memang dikenal baik untuk membantu mempertahankan berat badan ideal.

 

Selain kaya akan serat, camilan kedelai ini juga berfungsi sebagai penahan nafsu makan alami sehingga pola makan dapat terkontrol dan berat badan dapat terjaga.

 

4. Mengurangi risiko terserang kanker

Tidak hanya jantung, edamame juga dikenal baik dalam menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara. Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu kandungan isoflavon utamanya, yaitu genistein dianggap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

Ingin mencoba manfaat edamame untuk kesehatan ini? Yuk, beli edamame segar dan berkualitas di Sayurbox!

 

manfaat edamame

 

5. Mencegah terjadinya masalah saraf

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika isoflavon dalam edamame tidak hanya baik dalam menurunkan risiko kanker saja, tapi juga mampu membantu mengurangi risiko penurunan kognitif pada saraf, khususnya pada wanita yang mengalami menopause. Isoflavon berperan untuk meningkatkan fungsi kognitif setelah masa menopause pada wanita terjadi.

 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan dan Cara Memasaknya

 

6. Sumber energi dan menambah tenaga

Aktivitas yang padat tentu menuntut kamu untuk mengonsumsi sumber makanan yang bisa mensuplai energi yang cukup. Kandungan pada edamame ternyata bisa menunjang hal itu, lho.

 

Sembilan asam amino esensial di dalamnya dikenal baik sebagai sumber protein yang lengkap. Karena waktu cerna dalam memproses protein lebih lama, maka cadangan energi yang kamu miliki pun lebih terjaga. Apalagi, protein tersebut bisa menjadi sumber nutrisi dan membantu perbaikan pertumbuhan jaringan tubuh.

 

7. Menurunkan gejala menopause seperti osteoporosis

Dari penelitian yang sama, gejala menopause ternyata bisa diminimalisir dengan mengonsumsi produk kedelai kaya isoflavon. Artinya, dengan kamu mengonsumsi edamame secara rutin, kamu bisa mengurangi risiko menopause seperti osteoporosis.

 

Wanita yang sudah post-menopause juga dianjurkan mengonsumsi edamame selama 12 minggu untuk membantu menurunkan gejala menopause lainnya, seperti hot flashes, mudah lelah, dan depresi.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

8. Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A memang dikenal baik untuk mata. Tidak hanya wortel, kandungan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi edamame. Selain itu, tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata saja, vitamin A juga kerap dikaitkan sebagai penurun risiko katarak dan degenerasi makula karena faktor usia.

 

Itulah delapan manfaat edamame untuk kesehatan yang wajib kamu tahu. Apabila kamu membeli edamame yang masih fresh, kamu masih bisa menyimpannya dalam lemari es selama 7 sampai 10 hari, lho. Kamu juga bisa membeli edamame tersebut secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat edamame

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaat Ketumbar yang Bisa Kamu Rasakan

Ketumbar adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur. Ketumbar dapat memberikan rasa masakan yang lebih sedap dan nikmat...

Ibu, Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Kabocha untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah harus mendapat asupan makanan lain selain dari ASI. Selain kebutuhan asupan yang terus...

Post Comment