Written by at July 24, 2022
Tips & Trik

8 Manfaat Susu bagi Tubuh Jika Dikonsumsi secara Rutin

Selain konsumsi buah dan sayur, minum susu juga jadi salah satu kebutuhan penting bagi tubuh manusia. Apalagi untuk anak-anak di masa pertumbuhan, minum susu menjadi rutinitas yang sebaiknya tidak terlewat. Sebenarnya apa saja ya manfaat susu bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin? Yuk, cari tahu manfaat minum susu bagi kesehatan tubuh lewat penjelasan berikut ini!

manfaat susu

1. Memelihara Kekuatan Tulang

Manfaat pertama, susu bisa membantu memelihara kekuatan tulang di dalam tubuh Anda. Sebenarnya hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi karena susu memang mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang tinggi. Ketiga zat gizi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sekaligus mempertahankan kepadatannya.

Namun perlu dicatat bahwa konsumsi susi untuk memelihara kekuatan tulang harus dilakukan dengan dosis yang benar. Menurut penelitian yang dirilis lewat situs Cleveland Clinic, konsumsi susu secara berlebihan justru bisa memicu munculnya risiko keretakan pada tulang. Jadi lebih baik konsumsi susu  secara normal sesuai dengan dosis yang bisa diterima oleh tubuh.

Baca juga: 5 Resep Susu Goreng, Kombinasi Manis dan Gurih

2. Menambah Massa Otot

Manfaat berikutnya dari konsumsi susu adalah bisa menambah massa otot. Bagi Sayurfriends yang ingin meningkatkan massa otot maka salah satu rutinitas yang harus dilakukan adalah mengonsumsi susu setiap hari. Hal ini disebabkan oleh susu mengandung protein yang cukup tinggi. Protein merupakan zat gizi yang berperan penting dalam pembentukan massa otot.

Jika Sayurfriends ingin membentuk tubuh secara ideal dan lebih berotot, maka konsumsi susu adalah pilihan tepat. Di samping berolahraga rutin, minum susu akan mendukung proses pembentukan otot dan meningkatkan massanya. Di sisi lain, justru lemak dalam tubuh bisa semakin berkurang berkat konsumsi susu rutin yang diimbangi dengan aktivitas fisik atau olahraga.

3. Memperkuat Sistem Imun

Konsumsi susu juga bisa efektif membantu meningkatkan kekuatan sistem imun dalam tubuh. Hal ini dipicu oleh peran kandungan protein dalam susu yang akan meningkatkan stabilitas sistem imun saat melawan berbagai macam penyakit. Itulah mengapa susu sapi tinggi protein biasanya sangat disarankan terutama untuk anak-anak agar tidak mudah jatuh sakit.

Selain berkat kandungan proteinnya yang tinggi, susu juga bisa meningkatkan kekuatan imun tubuh berkat adanya kandungan lain. Sebut saja ada vitamin A, asam lemak omega-3, juga berbagai jenis antioksidan. Semua ini akan bekerja sama dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel serta efektif melawan antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat susu berikutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Seperti diketahui bahwa jantung merupakan organ utama dan sangat penting dalam tubuh seseorang. Menjaga kesehatan jantung menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan demi meningkatkan kualitas hidup. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah dengan konsumsi susu secara rutin.

Di dalam susu ada kandungan asam lemak omega-3 yang ternyata bisa bekerja efektif dalam menjaga kerja jantung. Meskipun memang bagus untuk jantung, namun pastikan tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Khususnya bagi orang-orang yang sudah punya penyakit jantung. Jika konsumsinya berlebihan maka bisa memicu penumpukan kolesterol. Namun hal ini bisa diakali dengan memilih susu yang rendah lemak.

5. Memperkecil Risiko Kanker

Kebiasaan minum susu secara rutin juga bisa membantu memperkecil risiko kanker. Susu mengandung asam lemak omega-3 dan kaya akan antioksida yang akan mencegah terjadinya kerusakan sel. Keduanya sama-sama membantu melawan radikal bebas sehingga bisa memperkecil risiko tubuh terserang penyakit kanker.

Namun lagi-lagi konsumsi susu ini juga tidak boleh berlebihan. Meskipun efektif melawan radikal bebas karena mengandung antioksidan, tetap saja Sayurfriends harus mengonsumsinya dengan bijak. Pastikan tidak melebihi dosis harian agar tubuh tetap bisa merasakan manfaat yang optimal.

6. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Para penderita hipertensi juga bisa merasakan langsung seperti apa manfaat susu bagi tubuh. Susu mengandung kalium di dalamnya yang ternyata efektif untuk menjaga tekanan darah di angka normal. Tidak heran jika para pemilik riwayat hipertensi disarankan untuk mengonsumsi susu sapi karena memang bisa efektif membantu menurunkan tekanan darah.

Ada juga sebuah penelitian yang dirilis di situs American Heart Association mengenai susu. Kandungan kalium dalam susu ternyata juga bisa meringankan tekanan pada dinding pembuluh darah. Itulah mengapa susu bisa efektif membantu menurunkan tekanan darah ke angka normal.

7. Menambah Energi Tubuh

Susu dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang bisa meningkatkan energi tubuh. Hal ini memang benar karena susu mengandung magnesium di dalamnya. Magnesium ini bisa menjadi sumber tambahan energi dan meningkatkan fungsi saraf juga otot dalam tubuh. Selain itu susu juga mengandung asam amino yang akan meningkatkan stamina.

Bukan hal yang aneh jika anak-anak bahkan orang dewasa terbiasa minum susu di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh efek susu yang bisa memberikan energi lebih besar bagi tubuh. Jadi konsumsi susu ini dapat membuat tubuh lebih bersemangat dan punya cukup energi untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Baca juga: 7 Produk Olahan Susu, yang Mana Nih yang Paling Favorit

8. Mengoptimalkan Kerja Otak

Susu ternyata juga bisa membantu mengoptimalkan kerja otak. Bukan hanya pada tulang, susu juga bisa memberikan manfaatnya kepada otak. Hal ini berlaku bagi anak-anak yang sedang mengalami perkembangan kecerdasan maupun orang tua yang mungkin kemampuan otaknya sudah mulai menurun.

Susu, khususnya susu sapi, memiliki efek meningkatkan kadar glutathione dalam otak. Glutathione ini memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan otak dan mencegah berbagai jenis masalah otak. Konsumsi susu juga sangat disarankan untuk mencegah munculnya penyakit Azheimer juga parkinson.

Ternyata ada begitu banyak manfaat susu yang bisa didapatkan oleh tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya selama rutin. Pastikan konsumsi susu tidak berlebihan dan sesuai dosis harian yang dianjurkan, ya!

Related Articles

7 Makanan Tradisional Berbahan Ayam Khas Nusantara, Rasanya Maknyus Abis!

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi sajian lezat khas banyak daerah di tanah air. Meskipun...

12 Kuliner Indonesia Khas Hari Kemerdekaan, Ada yang Warnanya Kayak Bendera

Gak kerasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan datang menjelang. Selain dengan upacara dan berbagai macam perlombaaan, aneka kuliner...

8 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Yakin Masih Mau Memakannya?

Cabai identik dengan rasanya yang pedas. Cabai khas tanah air sendiri diketahui memiliki cita rasa yang cukup pedas, seperti cabai Jawa dan...