Written by at March 25, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

8 Sayuran untuk Melancarkan Asi Bagi Ibu yang Sedang Menyusui

Setelah melahirkan, tugas seorang ibu adalah memberikan ASI eksklusif bagi sang buah buah hati selama 6 bulan. ASI eksklusif yang diberikan selama 6 bulan merupakan titik awal si kecil hidup sehat. Bahkan World Health Organization juga merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan pasca 6 bulan diberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Namun dalam pemberian ASI tidak jarang ibu akan mengalami permasalahan salah satunya adalah produksi ASI yang cenderung sedikit. Hal ini menjadi masalah yang umum bagi para ibu baru, beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain memperbaiki posisi menyusui, menyusui sesering mungkin, tercukupi nutrisi untuk menghasilkan ASI, mencoba untuk memompa ASI, serta memperhatikan pola makan. Dalam hal pola makan, salah satu yang dapat ibu perhatikan adalah sayuran. Yuk, simak ini 9 sayuran untuk melancarkan asi bagi ibu yang sedang menyusui.

 

Ini sayuran untuk melancarkan asi

Sayuran untuk Melancarkan Asi
Sayuran untuk Melancarkan Asi Bagi Ibu yang Sedang Menyusui. (Foto: Pixabay)

1. Daun Katuk

Sayuran ini memang sudah umum diketahui sebagai pelancar asi bagi ibu menyusui. Daun katuk mengandung vitamin A, B, C, K serta pro vitamin A atau betakaroten, kalsium, fosfor, zat besi, serta serat yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol dimana keduanya dapat meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin yang tinggi akan mempercepat serta memperlancar produksi ASI.

 

2. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki khasiat untuk para ibu menyusui. Tingginya kandungan betakaroten dan vitamin A berfungsi untuk memberikan energi dan menjaga kualitas ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang baik untuk memperlancar produksi ASI. Wortel juga tergolong sebagai makanan galactagogue yang berarti baik untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI.

 

3. Bayam

Di luar Indonesia, bayam terkenal sebagai sayuran yang dapat memperlancar ASI juga loh, karena bayam memiliki kandungan zat besi yang efektif menambah kadar zat besi. Bagi ibu menyusui, kecukupan zat besi menjadi penting karena kekurangan zat besi akan mempengaruhi produksi ASI sehingga bayam dapat menjadi sayuran penunjang bagi ibu menyusui.  Selain itu, bayam juga berfungsi untuk ibu yang mengalami pendarahan pasca melahirkan. 

 

Baca juga: Butternut Pumpkin Sebagai MPASI

 

4. Daun Kelor

Walaupun pepatah mengatakan “Dunia Tak Selebar Daun Kelor” ternyata daun kelor memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu menyusui. Dengan nama latin Moringa Oleifera, daun ini sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Memiliki kandungan flavonoid, daun kelor dapat membantu ibu menyusui untuk memperlancar produksi ASI. Selain kuantitas, daun kelor yang mengandung banyak nutrisi juga dapat membantu meningkatkan kualitas ASI karena daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih banyak daripada bayam serta vitamin C 7 kali lipat daripada jeruk. 

 

Ingin mencoba sayuran untuk melancarkan asi ini? Yuk, beli berbagai sayuran dan buah-buahan segar lainnya di Sayurbox!

 

sayuran untuk melancarkan asi

 

5. Pare

Sayuran yang dikenal sebagai sayuran paling pahit ternyata mampu meningkatkan kuantitas ASI loh. Pare merupakan sumber asam folat yang kaya fitonutrien yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pare dapat meningkatkan produksi ASI, sehingga lebih baik jika ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mencoba pare sebagai booster produksi ASI.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

6. Asparagus

Selain daun katuk, asparagus juga merupakan sayur yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dan ibu hamil. Sejak dulu, asparagus telah dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan produksi ASI. Asparagus merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin K, dan tinggi akan serat. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin A dan vitamin K sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. 

 

7. Kentang

Kentang merupakan sumber energi yang sangat baik juga untuk ibu menyusui karena mengandung zat besi. Dengan zat besi yang cukup dari kentang, ibu menyusui pun dapat tercukupi kebutuhan zat besinya dan dapat meningkatkan produksi ASI. Namun ibu menyusui disarankan untuk tidak mengkonsumsi kentang terlalu banyak karena kentang mengandung gas yang terlalu tinggi dan dapat berdampak pada bayi. 

 

8. Daun Kari

Tidak banyak yang tahu bahwa daun kari memiliki khasiat yang sangat baik bagi ibu menyusui. Sayuran yang khas di dalam masakan India atau Timur Tengah ini bukan hanya nikmat namun juga dapat meningkatkan melanin, sirkulasi darah, serta kemampuan tubuh dalam memecah nutrisi. Selain itu, daun Kari juga kaya akan mineral yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

Pada dasarnya, seorang ibu menyusui perlu untuk memperhatikan kecukupan zat besi, vitamin A, vitamin K, serta beberapa nutrisi lain yang dapat mendorong meningkatnya produksi ASI. Zat besi menjadi penting bagi ibu menyusui karena dapat memengaruhi produksi ASI, kekurangan zat besi akan membuat si ibu lebih lemah dan menurunkan produksi ASI. Selain itu ibu menyusui juga sangat perlu untuk mengkonsumsi dairy product. Ingin mencoba sayuran untuk melancarkan asi ini? Yuk, beli berbagai sayuran dan buah-buahan segar lainnya di Sayurbox!

 

sayuran untuk melancarkan asi

Related Articles

7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Ingin Lebih Sehat? Coba 6 Buah untuk Detoksifikasi Tubuh Ini

Gaya hidup masa kini yang kian jauh dari standar sehat memang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Konsumsi junkfood, alkohol, hingga...

Selain untuk Kulit, Ini 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pembahasan tentang lidah buaya merupakan suatu hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bagaiamana tidak, lidah buaya adalah tanaman obat...

Post Comment