Written by at March 26, 2020
Resep

9 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk berbuka puasa di esok hari? Pastinya kita ingin mencoba resep baru yang berbeda dari biasanya. Nah, 9 aneka olahan ubi ungu ini sangat mudah kalian coba di rumah untuk berbuka bersama dengan sanak saudara dan keluarga.

 

Ini aneka olahan ubi ungu yang nikmat untuk berbuka puasa

Aneka Olahan Ubi Ungu
Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa. (Foto: Pixabay)

1. Bubur Ubi Ungu

Tidak ingin terlalu kenyang sebelum sholat tarawih? Kalian bisa mencoba bubur ubi ungu ini. Caranya, haluskan ubi ungu yang telah dikukus. Selanjutnya, masukkan adonan bersama dengan air gula ke dalam panci. Tambahkan tepung maizena, santan, dan garam sesuai selera. Masak dengan api kecil. Kalau sudah mengental, angkat panci.

 

2. Molen Ubi Ungu

Siapa yang tidak tahu molen? Jajanan ini sangat digemari karena berisikan pisang di dalam adonan yang kalau digoreng akan menjadi renyah. Tapi apa rasanya kalau isi molen ini diganti dengan bahan lain? Nah, caranya adalah kalian bisa mengganti pisangnya menjadi ubi ungu. Haluskan ubi ungu yang sudah direbus dan bentuk menjadi lonjong. Selanjutnya, lilitkan adonan kuenya sampai menutupi ubi ungu yang sudah dibentuk tadi. Kemudian, goreng sampai warnanya menjadi kuning keemasan. Molen ubi ungu siap dihidangkan!

 

3. Kolak Pisang Ubi Ungu

Ga jauh-jauh dari pisang, aneka olahan ubi yang satu ini bisa juga dipadu padankan menjadi kolak. Caranya, potong ubi ungu dan pisang. Rebus gula merah dengan daun pandan yang telah diikat. Selanjutnya, masukkan ubi dan tunggu hingga empuk. Kalau ubinya sudah empuk, masukkan potongan pisangnya. Jangan lupa tambahkan garam dan gula sesuai selera, ya! Tambahkan santan dan aduk. Jika sudah matang, kolak pisang ubi ungu bisa dihidangkan ketika hangat atau dingin.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet, Lho

 

4. Kue Talam Ubi Ungu

Nah, bagi para penggemar kue tradisional, yaitu kue talam, kalian juga bisa membuatnya dengan bahan dasar ubi ungu, loh. Cukup haluskan ubi ungu yang telah direbus, tambahkan gula pasir dan garam. Kalau sudah halus, tambahkan santan & tepung tapioka dan aduk rata. Setelah itu, masukkan adonan ubi ungu ke dalam cetakan, lalu kukus selama 15 menit. Jangan lupa tambahkan adonan santan di atasnya. Setelah matang, keluarkan kue dari cetakan lalu hidangkan ketika dingin. 

 

5. Nona Manis Ubi Ungu

Setelah melihat cara membuat kue talam di atas, pecinta kue nona manis pasti tidak mau kalah, nih. Nah, ubi ungu ini juga bisa diolah menjadi kue nona manis ubi ungu. Buat adonan ubi ungu yang telah dihaluskan dengan telur, tepung terigu, santan, dan gula pasir. Untuk adonan putihnya, campurkan santan, air, garam dan tepung terigu. Kukus di dalam cetakan hingga matang, kemudian hidangkan ketika sudah dingin.

 

Ingin mencoba aneka olahan ubi ungu untuk berbuka puasa? Kamu bisa membeli ubi ungu dengan kualitas terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

aneka olahan ubi ungu

 

6. Donat Ubi Ungu

Sudah tidak asing kan dengan makanan yang satu ini? Nah, sama seperti yang lain, ubi ungu dapat diolah menjadi donat dengan rasa yang lebih bervariasi. Campurkan ubi ungu dengan bahan adonan donat seperti biasa. Aduk hingga adonan menjadi elastis. Selanjutnya, pipihkan adonan dan cetak adonan menjadi bulat. Jangan lupa bagian tengahnya dilubangi. Goreng adonan yang telah dicetak dan hidangkan dengan topping sesuai selera.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

 

7. Bola Ubi Ungu Isi Coklat

Wah, yang kali ini terdengar sangat enak ya? Cara membuatnya mudah! Campurkan gula, garam, tepung terigu dan maizena ke dalam ubi ungu yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air sampai adonan bisa dibentuk. Bentuk adonan ubi ungu menjadi bola-bola kecil. Tambahkan coklat sebagai isian. Goreng bola-bola ubi ungu sampai matang. Hidangkan bola ubi ungu isi coklat yang lumer di mulut.

 

8. Bolu Ubi Ungu

Aneka olahan ubi ungu yang tak kalah enaknya adalah bolu ubi ungu. Cara membuatnya adalah campurkan gula pasir, telur, cake emulsifier (kamu bisa menggunakan tbm) dan garam. Haluskan dengan mixer berkecepatan tinggi. Selanjutnya, masukkan tepung terigu dan campurkan sebentar dengan kecepatan rendah. Di sisi lain, campurkan ubi ungu kukus yang telah dihaluskan dengan susu kental manis. Campurkan kedua adonan hingga rata. Lalu, masukkan margarin cair ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula. Masukkan ke dalam loyang dan panggang hingga matang. Bolu lembut ubi ungu siap dihidangkan!

 

9. Puding Ubi Ungu

Terakhir, ada puding dengan bahan dari ubi ungu! Yaps, desert yang satu ini juga pasti sangat digemari karena rasanya enak, segar dan mudah untuk membuatnya. Caranya campurkan ubi ungu kukus yang telah dihaluskan dengan santan. Masukkan ke dalam panci dan masak. Tambahkan santan lagi, susu kental manis dan garam sesuai selera. Lalu, masukkan jelly plain. Kalau sudah mendidih, tuang dalam gelas atau mangkuk dan biarkan dingin sampai menjadi puding. Puding siap dihidangkan bersama fla dengan rasa kesukaan kamu!

 

Baca juga: Selain Bola Ubi, Ini 11 Olahan Ubi Cilembu yang Enak dan Pasti Laku Dijual

 

Nah, itu tadi 9 aneka olahan ubi ungu yang bisa kamu coba untuk berbuka puasa. Namun, makanan yang enak tentu berasal dari bahan yang segar. Kamu bisa menemukan ubi ungu dengan kualitas terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

aneka olahan ubi ungu

Related Articles

Tanpa Gorengan, Ini 9 Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Artinya, hidangan yang khas disajikan ketika berbuka puasa pun akan ramai menghiasi meja makan di setiap...

Selain Jus, Ini 10 Minuman Olahan Jeruk yang Menyegarkan

Buah jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia. Sebab, buah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi...

Ini 11 Resep Sayur Asem yang Lezat dan Praktis Dimasak di Rumah

Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang...

Post Comment