Written by at May 18, 2020
Resep

Inspirasi Camilan Sehat, Ini 9 Buah Goreng yang Bisa Kamu Coba

Ada banyak cara untuk bisa menikmati olahan buah, mulai menjadikannya jus, smoothies, salad buah, bahkan camilan ringan. Camilan dari olahan buah juga tidak kalah bervariasinya. Ada yang dijadikan sebagai manisan, keripik, bahkan diolah dengan cara digoreng atau buah goreng.

 

Jangan salah! Buah-buahan yang diolah dengan cara digoreng ternyata cukup diminati di negara barat, lho. Olahan buah ini dikenal dengan nama fruit fritters. Walaupun terdengar asing, makanan ini sebenarnya juga ada di Indonesia. Paling umum adalah buah pisang. Namun, jenis buah lainnya juga tidak kalah enak, lho. Langsung saja, berikut ini adalah sembilan inspirasi camilan sehat buah goreng yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Ini inspirasi camilan sehat buah goreng

buah goreng
Inspirasi Camilan Sehat Buah Goreng yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pixabay)

1. Apel

Buah dengan rasa manis dan sedikit asam ini memang sangat terkenal hampir di berbagai penjuru dunia. Jika Jepang memiliki apel Fuji, Indonesia pun memiliki jenis apel sendiri, yaitu apel Malang.

 

Apel Malang memiliki tekstur mungil dengan warna hijau khas. Di daerah asalnya, apel ini memang lebih sering dijadikan sebagai keripik apel ataupun olahan sari buah apel.

 

Padahal, apel Malang juga nikmat jika diolah dengan cara digoreng. Tidak seperti jenis apel lainnya, tekstur apel Malang yang padat justru membuatnya lebih renyah saat digoreng nanti. Kamu dapat menggoreng secara deep fry dengan balutan adonan tepung. Jika sudah kecoklatan, tandanya sudah matang. Rasanya yang tidak terlalu manis justru membuat apel ini semakin nikmat ketika diberi taburan gula halus dan kayu manis bubuk.

 

2. Durian

Buah yang dikenal sebagai “raja buah tropis” ini memang terkenal akan wanginya yang khas dan daging buahnya yang manis. Namun, bagaimana jika buah durian ini diolah dengan cara digoreng? Ternyata, olahan buah ini cukup diminati, lho. Banyak yang mencobanya dan tergila-gila dengan olahan goreng si raja buah ini.

 

Nah, bagi kamu yang penasaran rasanya, coba bayangkan kombinasi daging durian yang lembut dan manis, kemudian digoreng dalam balutan tepung terigu yang renyah. Ibaratnya, kamu akan menemui dua sensasi yang berbeda, yaitu rasa renyah diluar dan creamy daging durian di dalam.

 

Baca juga: Cocok Buat Camilan, Ini 7 Cara Membuat Sale Pisang Crispy

 

3. Rambutan

Mungkin kamu akan sedikit kaget saat mendengar camilan rambutan goreng. Memang, buah ini lazimnya diolah dijadikan sebagai manisan. Nah, jika sebelumnya kamu sering menemui olahan rambutan dalam bentuk manisan kalengan. Mungkin ini saatnya kamu mencoba merasakan rambutan goreng.

 

Sebelum mengolahnya, kamu bisa mengiris tipis buah rambutan ini terlebih dahulu. Setelah itu, goreng dengan adonan tepung terigu, vanili, dan garam. Uniknya, rasa rambutan goreng ternyata mirip seperti buah kurma.

 

4. Mangga

Buah eksotis ini mungkin lebih banyak diolah menjadi jus segar. Di Indonesia, mangga lebih sering dijadikan rujak buah. Namun, bagaimana jika menjadikannya sebagai mangga goreng?

 

Sebelum mengolah buah ini, pastikan mangga yang kamu gunakan sudah dalam kondisi matang. Karena teksturnya lembut, kamu bisa membalutnya dengan menggunakan kulit lumpia siap saja. Setelah itu, goreng secara deep frying hingga kecoklatan.

 

5. Nanas

Tak hanya mangga, buah nanas juga lebih sering diolah menjadi rujak buah karena rasanya yang asam dan segar. Namun, buah ini juga cocok lho diolah dengan cara digoreng.

 

Sedikit berbeda, bahan pembuatan nanas goreng ini justru menggunakan adonan tepung dengan campuran minuman soda. Bahan tersebut digunakan agar saat proses penggorengan nanti adonan dapat menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

 

Untuk membuat olahan buah ini, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu seperti bentuk cincin atau dipotong memanjang. Setelah itu, lumuri dengan adonan namun tepung jangan terlalu tebal. Lalu, goreng secara deep fry hingga adonan berubah kecoklatan.

 

Ingin mencoba membuat buah goreng ini di rumah? Yuk, beli bahan-bahan dan buah segar yang kamu perlukan di Sayurbox!

 

camilan sehat buah goreng

 

6. Nangka

Di beberapa daerah, nangka goreng mungkin sudah lazim ditemui. Beberapa penjual gorengan di pinggir jalan biasanya juga menjajakannya bersama pisang goreng.

 

Namun, ternyata tidak semua orang pernah mencicipi olah ini. Nah, untuk kamu yang belum pernah merasakannya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, kok.

 

Cara mengolahnya tidak jauh berbeda seperti kamu membuat pisang goreng. Cukup dengan membuat adonan dari terigu, gula, air, dan sedikit garam. Kamu juga bisa menaburkan gula pasir di atasnya sebagai variasi.

 

Baca juga: Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 9 Jenis Camilan Sehat untuk Anak

 

7. Alpukat

Teksturnya yang creamy mungkin membuat alpukat lebih sering dijadikan sebagai smoothies. Namun, buah yang dikenal dengan “lemak sehat” ini ternyata juga enak lho jika diolah dengan cara digoreng. Untuk membuatnya, kamu perlu menggunakan tepung roti atau tepung panir dan telur. Untuk bumbunya sendiri, cukup dengan garam, merica, dan jintan. Goreng secara deep fry hingga matangnya sempurna. Sebagai sausnya, kamu bisa gunakan mayones dan perasan air jeruk lemon.

 

8. Strawberry

Buah dengan rasa asam dan segar ini memang cukup populer. Maka tak heran jika buah strawberry banyak diolah menjadi berbagai varian makanan, termasuk juga digoreng.

 

Sebelum menggorengnya, strawberry harus dibalut terlebih dahulu menggunakan adonan pancake. Hal ini bertujuan agar teksturnya nanti tetap renyah saat dipotong.

 

Tak perlu meracik adonan pancake sendiri, kamu juga bisa membeli adonan instannya. Untuk proses pemasakan juga tidak jauh berbeda. Goreng dengan cara deep fry, kemudian taburkan gula halus di atasnya.

 

9. Semangka

Buah dengan kadar air tinggi ini tidak hanya nikmat dinikmati sebagai jus saja, lho. Ternyata, kamu juga bisa mencoba mengolahnya dengan cara digoreng.

 

Namun, perlu dicatat, kamu tidak bisa langsung menggorengnya begitu saja. Sebelumnya, kamu harus membalutnya terlebih dahulu dengan tepung maizena yang telah dibumbui. Baluri hingga adonan menempel cukup tebal. Lalu, goreng dengan cara deep fry hingga matang.

 

Baca juga: 15 Ide Camilan Sehat dari Buah yang Mudah Dimasak di Rumah

 

Nah, itulah inspirasi camilan buah goreng yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Buah goreng mana saja yang pernah kamu coba sebelumnya? Kalau kamu mau mencoba untuk membuat salah satunya di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat camilan buah goreng tersebut di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

camilan sehat buah goreng

(Siti Kamilla)

Related Articles

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Ini 10 Resep Olahan Tempe yang Murah, Enak, dan Praktis Dimasak

Tempe rasanya sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi rasanya yang enak membuat banyak...

7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Blueberry cheesecake adalah salah satu jenis cake yang cukup populer di masyarakat. Rasanya yang lembut dan creamy, ditambah dengan...

Post Comment