Written by at November 23, 2022
Manfaat Produk

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

buah penghancur kanker dan tumor

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah penghancur kanker dan tumor ini umumnya diperkaya dengan antioksidan, senyawa yang dikenal melindungi tubuh dari risiko tumbuhnya sel kanker. Simak berikut ini buah-buahan untuk melawan sel kanker dan tumor tersebut.

1. Bluberi

blueberry

Bluberi merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin C, dan mangan dalam setiap sajiannya. Kandungan antioksidan dalam bluberi yang melimpah, membuat buah satu ini disebut bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan penelitian, sifat anti peradangan yang dimiliki oleh bluberi juga bisa mencegah pertumbuhan kanker payudara pada tikus.

Bluberi juga direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker yang baru saja menjalani kemoterapi. Kandungan yang dimiliki oleh bluberi dipercaya bisa membantu meredakan efek kemoterapi pada otak, yang berupa gangguan pada ingatan dan konsentrasi. Efek ini biasa dialami oleh beberapa orang selama proses pengobatan dan penyembuhan kanker.

2. Apel 

apple

Buah penghancur kanker dan tumor selanjutnya adalah apel. Buah apel memiliki kandungan polifenol yang diketahui memiliki sifat anti kanker yang menjanjikan. Polifenol merupakan senyawa alami pada tumbuhan yang bisa mencegah terjadinya peradangan, gangguan kardiovaskuler, dan infeksi pada tubuh.

Kandungan vitamin C yang melimpah pada apel juga akan bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C ini nantinya akan mendukung fungsi sistem imun atau daya tahan tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Buah apel juga diperkaya dengan polisakarida dan kuersetin, yang keduanya dipercaya bisa melawan sel kanker.

3. Jeruk

orange

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah jeruk membuatnya juga menjadi buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Vitamin C memegang peran krusial dalam mendukung daya tahan tubuh, serta memperkuat sistem imun tubuh selama dan setelah seseorang menjalani proses pengobatan kanker.

Penelitian juga menunjukkan kalau vitamin C bisa membantu memperlambat proses pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, serta bertindak sebagai agen terapeutik bagi beberapa tipe kanker tertentu. Bagi penderita kanker yang baru saja menjalani kemoterapi, pengonsumsian jeruk juga akan membantu penyerapan zat besi, sehingga risiko anemia bisa dihindari.

4. Anggur

grape

Anggur merupakan buah penghancur kanker dan tumor yang diperkaya dengan antioksidan, vitamin, dan mineral. Salah satu kandungan anggur yang berperan besar untuk melawan sel kanker dan tumor ini adalah likopen. Likopen merupakan sebuah karotenoid yang memiliki sifat antikanker yang terbukti ampuh.

Selain likopen, buah anggur juga kaya akan kandungan berupa vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan. Asupan antioksidan yang diperoleh tubuh melalui anggur bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel oleh radikal bebas, yang mana jika dibiarkan berpotensi menjadi sel kanker.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin untuk Tulang, Bikin Tulang Sehat dan Anti Keropos

5. Lemon

lemon

Lemon yang juga tergolong sebagai buah citrus juga disebut sebagai buah penghancur kanker dan tumor. Berdasarkan penelitian test-tube atau tabung reaksi, ekstrak lemon ditemukan bisa mencegah pertumbuhan beberapa tipe sel kanker. Kandungan antioksidannya yang melimpah juga menjadi alasan mengapa lemon disebut bermanfaat dalam melindungi tubuh dari risiko kanker.

6. Murbei

murbei

Buah murbei atau mulberry merupakan tipe buah warna-warni yang diketahui juga bermanfaat dalam melawan kanker dan tumor. Murbei memiliki kandungan serat tanaman yang disebut lignin, di mana berdasarkan penelitian test-tube, serat tanamannya ini menunjukkan fungsi meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh sel kanker.

Pengonsumsian murbei juga direkomendasikan bagi penderita kanker dan tumor yang baru saja menjalani kemoterapi. Murbei diperkaya dengan vitamin C dan zat besi, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah yang disebabkan oleh proses pengobatan penyakit kanker.

7. Pir 

pir

Pir merupakan buah yang kaya serat, tembaga, vitamin C, dan vitamin K. Tembaga merupakan asupan yang memegang peranan penting dalam berlangsungnya fungsi sistem imun tubuh, serta mengurangi kerentanan tubuh akan infeksi. Makanya, penderita kanker direkomendasikan untuk mengonsumsi pir saat menjalani proses pengobatan kanker.

Pada buah pir, juga ditemukan kandungan pigmen tanaman yang disebut sebagai antosianin. Pada penelitian test-tube, ditemukan kalau antosianin ini berkaitan dengan melambatnya pertumbuhan kanker dan formasi tumor dalam tubuh. Maka dari itu, Sayurfriends bisa konsumsi buah pir ini untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

8. Stroberi

stoberi

Sama halnya dengan buah beri lainnya, stroberi diperkaya dengan antioksidan, sehingga membuatnya bisa membantu memperlambat proses pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, ekstrak stroberi bisa membantu membunuh sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan tumor.

Penelitian lainnya yang dilakukan pada hamster dengan kanker mulut sebagai objek penelitian, menunjukkan kalau stroberi yang sudah dikeringkan bisa membantu memperlambat pembentukan tumor. Pun begitu, penelitian berkualitas tinggi lainnya masih dibutuhkan untuk mengetahui seberapa efektif strobe untuk memberi efek antikanker bagi manusia.

9. Ceri

ceri

Buah ceri merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga membuatnya dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan penelitian test-tube yang dilakukan sebelumnya, ekstrak buah ceri bisa membunuh dan menghentikan penyebaran sel kanker payudara. Adapun antioksidan pada ceri termasuk beta karoten, lutein, dan zeaksantin.

Itulah tadi beberapa buah penghancur kanker dan tumor yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Buah-buahan tersebut bisa Sayurfriends mulai konsumsi dari sekarang, untuk membantu mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor, disebabkan karena kandungan antioksidannya yang melimpah. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang dengan konsumsi buah antikanker ini.

Yuk, Beli Buah Pir Sekarang!

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

10 Manfaat Lari Pagi, Cegah Stres dan Jaga Tubuh Tetap Ramping

Olahraga jadi salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat. Banyak banget jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan...