Written by at January 27, 2020
Tips & Trik

Ibu, Ini 9 Cara Terbaik Menggunakan Olive Oil untuk Bayi

Olive oil atau minyak zaitun mengandung banyak sekali senyawa antara lain vitamin E, K, Omega 9, Omega 6, Omega 3, dan lemak tak jenuh tunggal, phenolic, dan zat besi. Tentunya olive oil untuk bayi sangat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Salah satu cara utama menjaga kesehatan si kecil adalah dengan memastikan menggunakan produk-produk berkualitas untuk nutrisi, kebersihan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tua memilih untuk memasak makanan dengan olive oil. Minyak alami ini dinilai lebih sehat dan lebih mudah dicerna dibandingkan dengan minyak goreng pada umunya.

 

Tanpa disadari, olive oil juga bermanfaat sebagai perawatan kulit, terutama untuk. Manfaat olive oil untuk bayi ini dikarenakan oleh kandungan vitamin E dan K yang tinggi di dalamnya. Olive oil juga memiliki persentase lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuh. Lemak ‘baik’ tak jenuh ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, dan terlebih lagi untuk perkembangan otak bayi. Yuk, simak ini 9 cara terbaik menggunakan olive oil untuk bayi.

 

Ini cara terbaik menggunakan olive oil untuk bayi.

Cara Terbaik Menggunakan Olive Oil untuk Bayi
Cara Terbaik Menggunakan Olive Oil untuk Bayi. (Foto: Pixabay)

1. Memijat kulit kepala bayi menggunakan olive oil untuk meminimalisir cradle cap

Sebagian besar bayi menderita cradle cap (peradangan kulit pada kulit kepala) sebelum mereka menjadi balita. Ini adalah kejadian yang cukup umum, dengan solusi yang mudah, pijat menggunakan olive oil!

 

Campurkan olive oil dengan air dengan perbandingan yang sama, lalu pijat lembut pada bagian kulit kepala bayi kamu yang berkerak. Jika kulitnya tebal, gunakan lebih banyak olive oil daripada air. Diamkan minimal 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan digosok, biarkan minyak melonggarkan bagian-bagian kulit yang kering.

 

2. Memijat kulit kepala bayi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut

Beberapa bayi mungkin dilahirkan dengan kepala penuh rambut, yang lain mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda bahkan setelah usia beberapa bulan. Hal ini dapat membuat cemas orang tua dari bayi perempuan. Olive oil untuk bayi tidak hanya baik untuk cradle cap, minyak alami ini juga terbukti mempercepat pertumbuhan rambut. Cukup pijat dengan lembut olive oil ke kulit kepala bayi, lakukan secara rutin.

 

Baca juga: Ini 9 Cara Menggunakan Olive Oil untuk Wajah dan Rambut yang Wajib Kamu Coba

 

3. Mengatasi ruam popok

Ruam akibat penggunaan popok adalah penyakit umum yang biasa dialami kebanyakan bayi. Sementara krim ruam popok efektif, olive oil dapat menjadi alternaitif alami dan organik untuk masalah bayi ini. Tidak hanya itu, khasiat pelembab dari olive oil untuk bayi juga berguna mencegah ruam pokok kembali terjadi. Campurkan olive oil dan air dengan perbandingan 2:1, kocok campuran ini sampai teksturnya menjadi seperti lotion. Kemudian oleskan ke area popok bayi kamu.

 

4. Meredakan batuk pada bayi

Ini adalah salah satu manfaat olive oil untuk bayi yang jarang diketahui orang tua. Olive oil dicampur dengan beberapa tetes minyak rosemary, minyak kayu putih, dan minyak peppermint adalah ramuan ampuh untuk dioleskan di dada bayi.

 

Asam oleat dalam olive oil meningkatkan kapasitas penyerapan kulit, memungkinkan minyak esensial untuk menyerap dengan lebih mudah. Waktu terbaik untuk menerapkan campuran ini adalah sebelum bayi tidur.

 

Baca juga: Wajib Tahu 11 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

5. Gunakan untuk membersihkan tubuh bayi

Ukurannya yang mungil membuat tubuh bayi mudah kotor. Ini terutama berlaku untuk bayi yang sedang dalam tahap merangkak. Olive oil membantu menghilangkan kotoran dari tubuh, terutama dari lipatan pusar, telinga, dan hidung. Celupkan cotton bud ke dalam olive oil dan gunakan untuk melembutkan dan menghilangkan kotoran yang tersangkut di bagian lipatan tubuh bayi.

 

Ingin mendapatkan manfaat  olive oil untuk bayi ini? Yuk, beli olive oil berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

6. Pijat bayi menggunakan olive oil

Olive oil merupakan salah satu minyak pijat yang paling efektif karena mudah diserap melalui kulit. Sehingga, dengan pijitan secara yang menyeluruh dapat memberi nutrisi dan melembabkan kulit bayi.

 

7. Olesekan sebagai pelembap

Kualitas paling penting dalam pelembab untuk bayi adalah daya serap serap ke dalam kulit. Olive oil menjadi pelembab yang hebat, karena kamu tidak perlu menggosoknya dengan keras agar bisa diserap oleh kulit bayi.

 

8. Melancarkan sembelit dan gangguan pencernaan

Sembelit jarang terjadi pada bayi, terutama mereka yang disusui secara eksklusif. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan bagi bayi, jadi jika kamu mencari solusi sederhana untuk sembelit, pertimbangkan untuk menggunakan olive oil. Panaskan sedikit olive oil hingga hangat, dan gosok dengan gerakan searah jarum jam pada perut bayimu.

 

Baca juga: Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

 

9. Membantu perkembangan otak

Tahukah kamu bahwa lemak tak jenuh sangat penting untuk perkembangan otak? Faktanya, telah ditemukan bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal lebih memengaruhi kemampuan belajar, memori, dan kesehatan otak secara keseluruhan. Memelihara pola makan anak dengan olive oil sejak usia dini dapat memastikan bahwa perkembangan kognitifnya tetap pada jalur yang sesuai. Ini juga akan mencegah anak dari gangguan neuro-degeneratif seperti penyakit Alzheimer di usia tua.

 

Kini ibu sudah mengetahui cara terbaik menggunakan olive oil untuk bayi. Yuk, langsung beli olive oil berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...