Written by at March 19, 2020
Resep

Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 9 Jenis Camilan Sehat untuk Anak 

Penyebaran virus corona begitu cepat dan masif. Selain rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan, cara lain yang juga dapat memutus mata rantai penularan virus corona adalah dengan melakukan social distancing atau menjaga jarak antar manusia. Akibatnya sekolah, kampus, dan beberapa fasilitas umum pun ditutup sementara. Saat anak-anak di rumah melakukan social distancing, Ibu pun harus melakukan berbagai cara agar si kecil tidak bosan di rumah dan tentunya tetap sehat agar tidak mudah tertular virus corona. Sambil menemani anak di rumah, kamu bisa membuat cemilan sehat yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Yuk, simak ini 9 jenis camilan sehat untuk anak yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

 

Camilan sehat untuk anak yang bisa dibuat sendiri

Camilan sehat untuk anak
Camilan sehat untuk anak yang bisa dibuat sendiri. (Foto: Pixabay)

1. Keripik Apel

Untuk kamu yang pernah berlibur ke kota apel, Batu Malang tentunya sudah tak asing lagi dengan camilan sehat yang satu ini. Keripik apel terbuat dari buah apel yang dipotong tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama 4-8 jam. Rasanya asam dan manis, dalam 100 gram keripik apel terdapat 243 kalori, 0,93g protein, dan 450mg kalium. Kalori dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi, protein untuk mengatur metabolisem tubuh dan mengikat hemoglobin dan mengangkut oksigen dalam darah, serta kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

 

2. Buah Beri, Kacang, dan Yogurt

Buah beri bermanfaat bagi kesehatan dan daya tahan tubuh. Semua orang tentunya mengetahui produk olahan susu ini, yaitu Yogurt makanan asam manis ini mengandung banyak nutrisi. Kamu dapat membuat camilan yogurt, kacang, dan beri ini dengan mencampurkan ½ cangkir yogurt Yunani, 2 sendok makan kacang cincang, dan ½ cangkir beri dalam mangkuk.

 

Menambahkan taburan kacang ke yogurt bebas lemak kaya protein untuk beberapa lemak sehat yang mengenyangkan. Segenggam kecil buah beri atau buah cincang lainnya akan menambah tekstur dan rasa manis, ditambah serat pengisi. Camilan klasik, enak, dan sehat.

 

Baca juga: 9 Olahan Oatmeal untuk Sarapan yang Praktis dan Cepat Dimasak

 

3. Banana Split

Iris pisang kecil menjadi dua secara vertikal. Taburkan pisang dengan ¼ cangkir yogurt Yunani tanpa lemak dan 2 sendok makan kenari cincang. Dalam satu porsi camilan ini terdapat 242 kalori, 10 g lemak (1 g jenuh), 33 g karbohidrat, 18 g gula, 23 mg natrium, 4 g serat, 10 g protein. Buah pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan gula darah, memiliki banyak serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sedangkan yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah osteoporsosis. Camilan yang satu ini sangat sehat, kan?

 

4. Es Loli Buah Persik dan Madu

Es Loli bisa menjadi camilan yang sangat meyegarkan di siang hari, agar tetap sehat. Buatlah es loli dari buah persik dan madu untuk rasa manis yang alami. Campurkan buah peach, yogurt, dan madu. Lalu masukan ke wadah es loli dan dinginkan. Buah perik mengandung Vitamin A, C, K, zat besi, potasium, kalsium, fluoride, dan beta-karoten. Menjadikan buah persik bermanfaat untuk menghindari resiko kanker, meningkatkan pengelihatan. Tunggu apalagi? Ayo buat camilan sehat untuk anak ini.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti Mainstream

 

5. Es Pisang Coklat

Jika ingin membuat camilan sehat untuk anak ini kamu hanya membutuhkan dua bahan yaitu buah pisang dan coklat yang dilelekan. Tusuk pisang dengan stik es krim lalu celupkan di cairan coklat, lalu bekukan. Buah pisang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, dapat membuat perut kenyang lebih lama. Paling cocok jika kamu menikmati camilan ini saat siang hari.

 

Ingin membuat camilan sehat untuk anak? Yuk, beli semua bahan yang kamu butuhkan untuk membuat camilan sehat di Sayurbox!

 

Camilan sehat untuk anak

 

6. Salad Buah dengan Saus Jeruk Mint

Camilan sehat untuk anak dan mudah dibuat adalah salad buah, kamu cukup memotong-motong buah-buahan seperti pisang, stroberi, blueberi, dan blackberi, lalu untuk saus tuangkan 1 sdm madu, perasan setengah jeruk nipis, perasan setengah lemon, dan 1 sdm cincang mint. Salad buah ini memadukan rasa buah-buahan yang manis dan rasa saus jeruk dan mint yang kuat. Dalam resep ini terkandung 117 kalori, 0,8 g lemak, 28,8 g karbohidrat, 5 g serat, 1,7 g protein. Camilan sehat di pagi hari, delicious!

 

7. Yogurt stroberi beku yang sehat

Untuk membuat cemilan sehat ini kamu hanya membutuhkan waktu lima menit dan hanya empat bahan. Kamu cukup memasukkan stroberi beku, yogurt tanpa tambahan rasa, perasan lemon, dan madu ke dalam food processor. Aduk selama lima menit dengan kecepatan tinggi. Yogurt stroberi pun sudah siap. Stroberi dikenal karena dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, dan memperkuat daya tahan tubuh. Ayo coba buat camilan sehat untuk anak ini!

 

Baca juga: Ide Sarapan Mudah Untuk yang Malas Masak

 

8. Mousse Alpukat Coklat

Jika ingin membuat camila sehat untuk anak ini, kamu cukup mencampurkan alpukat dan coklat dan blender atau food processor hingga benar-benar halus. Gunakan 3 sdm susu, untuk konsistensi yang lebih halus. Buah Alpukat 100% bebas kolesterol, mengandung hampir 20 vitamin, mineral, dan fitonutrien, dan hanya satu alpukat menawarkan 8% dari nilai serat setiap hari, nutrisi yang memberikan rasa kenyang dan juga telah terbukti berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

9. Home-made mangga dan rasberi roll fruit

Resep ini hanya menggunakan 3 bahan. Kamu cukup haluskan buah manga dan rasberi dengan sedikit gula, tuangkan di atas perkamen. Kemudian biarkan dipanggang dalam oven bersuhu 65oC sampai adonan buah lengket tetapi tidak terlalu lengket atau basah, sekitar 2 hingga 3 jam. Biarkan kulitnya dingin. Keluarkan dari matras dan letakkan di atas selembar kertas lilin. Lalu gulung adonan.

 

Dalam camilan ini terdapat 39 kalori, 0 g lemak, 10 g karbohidrat, 7,5 g gula, 0,5 mg natrium, 2 g serat, 0 g protein. Sehingga cocok untuk kamu buat menjadi ide camilan sehat untuk anak di sela waktu makan.

 

Jadi, camilan sehat untuk anak mana yang ingin coba kamu buat? Yuk, beli semua bahan yang kamu butuhkan untuk membuat camilan sehat di Sayurbox!

 

Camilan sehat untuk anak

Related Articles

Nyemil Bermanfaat, ini 9 Jenis Keripik Sayuran Sehat yang Wajib Dicoba

Kebiasaan nyemil memang sering bikin ketagihan. Apalagi camilan kekinian mulai banyak di supermarket dengan harga yang cukup terjangkau....

Yuk, Coba 11 Cara Bikin Sushi Rumahan yang Oishii Ini!

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang juga banyak digemari di Indonesia. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sushi...

Ini 7 Cara Membuat Kue Lapis Surabaya yang Legit

Siapa yang tidak suka dengan kue yang teksturnya terasa sangat empuk dan lembut? Tentu tidak ada, kan? Kalau begitu, kue lembut dan legit...

Post Comment