Written by at October 23, 2020
Tips & Trik

Tetap Sehat, Konsumsi 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi masa yang paling berkesan bagi para ibu. Tumbuh kembang anak di masa depan sangat bergantung pada bagaimana Ibu memenuhi asupan gizi di masa hamil dan menyusui. Itulah mengapa makanan bergizi untuk ibu hamil sangat signifikan perannya dan harus diperhatikan dengan baik. Apa saja makanan bergizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Yuk, simak ini makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui.

 

Ini makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil
Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui. (Foto: Pixabay)

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat, protein, serta vitamin B6. Mengonsumsi oatmeal akan memberikan tenaga ekstra yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Selain bermanfaat bagi sang ibu, kandungan nutrisi oatmeal yang kaya gizi dan mineral ini juga sangat baik bagi perkembangan bayi.

 

2. Gandum atau Nasi Merah

Asupan karbohidrat yang cukup akan sangat membantu bagi ibu hamil dan menyusui, sebagai sumber energi yang cukup. Gandum merupakan jenis karbohidrat yang sangat sehat karena mengandung serat, vitamin E serta selenium yang juga dapat membantu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Apabila kurang suka dengan gandum, bisa juga diganti dengan nasi merah yang kandungan nutrisinya hampir sama.

 

3. Ubi

Masih berkutat di karbohidrat, ubi juga merupakan jenis karbohidrat yang baik bagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin B6, vitamin C, potassium, zat besi dan beta karotennya membuat ubi baik untuk perkembangan tulang, kulit, dan mata bayi, bahkan juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh ibu dan janin.

 

Baca juga: Konsumsi 12 Makanan untuk Menambah Berat Badan Janin pada Masa Kehamilan

 

4. Daging tanpa lemak

Protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui agar pertumbuhan bayi menjadi optimal, termasuk perkembangan otot-ototnya secara baik. Untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil dan menyusui, maka daging adalah opsi yang tepat. Daging merupakan sumber protein, kaya akan vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan jaringan dan otak bayi, serta vitamin B12 yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan sel syaraf dan sel darah merah.

 

5. Kacang-kacangan

Masalah pencernaan seperti wasir ataupun konstipasi alias sembelit merupakan suatu hal yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan banyak mengonsumsi jenis kacang-kacangan. Serat yang terkandung pada kacang-kacangan sangat baik bagi pencernaan, juga kandungan kalsium, folat, zat besi, dan seng yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi.

 

Ingin mencoba makanan bergizi untuk ibu hamil ini? Yuk, beli makanan favoritmu di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

 

6. Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 dan juga protein, yang baik dan sehat bagi ibu hamil. Asam lemak omega-3 yang populer dengan sebutan DHA dan EPA yang terkandung dalam salmon berperan signifikan terhadap perkembangan otak bayi dan meningkatkan keterampilan motorik, serta dapat meminimalisir resiko terjadinya masalah neurologis bagi si kecil di kemudian hari.

 

Baca juga: Agar Tetap Sehat, Konsumsi 7 Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil

 

7. Telur

Telur, merupakan jenis makanan yang kaya akan zat kolin. Zat kolin ini sangat baik dalam mengurangi resiko terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga untuk mengonsumsi telur sebagai tambahan asupan protein.

 

8. Brokoli

Sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah brokoli. Sebab, brokoli mengandung asam folat dan kalsium dalam kadar tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di kandungannya, melindungi bayi dari kelainan tulang belakang serta cacat tabung syaraf. Sementara itu, bagi ibu menyusui, konsumsi brokoli yang mengandung zat besi tinggi dapat mencegah terjadinya anemia.

 

9. Pisang

Buah yang satu ini termasuk dalam makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pisang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat bagi perkembangan syaraf juga pembentukan sel darah merah yang dialami oleh ibu hamil. Resiko kaki bengkak di trimester ketiga kehamilan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi pisang yang mengandung kalium untuk mengurangii bengkak.

 

10. Susu dan Produk Turunannya

Salah satu andalan makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah susu dan produk olahan susu, seperti yogurt dan keju. Susu dan produk turunannya kaya akan kalsium yang berguna untuk membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

 

11. Kelapa

Mengoonsumsi kelapa juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Kelapa mengandung banyak lemak baik yang akan membantu memenuhi kebutuhan energi ibu hamil. Kelapa dapat disajikan secara mentah atau diolah dengan menambahkannya ke hidangan lain.

 

12. Bayam

Selain brokoli, bayam juga salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Di masa awal kehamilan, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Salah satunya adalah sayuran bayam yang mengandung asam folat. Di awal kehamilan, asam folat berperan penting untuk mencegah bayi mengalami cacat bawaan, seperti spina bifida dan anensepali. Selain itu, asam folat juga dapat mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklampsia dan persalinan prematur.

 

13. Alpukat

Saat memasuki trimester kedua, makanan sehat yang baik dikonsumsi adalah h alpukat. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, mulai dari vitamin B6, C, K, asam folat, kalium, asam lemak baik, dan serat.

Asam lemak baik yang terkandung di dalam alpukat berperan untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf, kulit, jaringan, dan otak janin. Sementara itu, kalium bermanfaat untuk mengurangi keluhan kram pada kaki yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

 

14. Kurma

Mengonsumsi kurma selama kehamilan dapat membantu mencukupi kebutuhan potassium, zat besi, dan serat. Jika rutin dikonsumsi saat trimester ketiga dapat membantu pelebaran serviks yang akan menurunkan risiko induksi saat persalinan. Namun, kurma ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kandungan gulanya cukup tinggi. Cukup makan satu setiap kali memakan kurma agar kadar gula tetap dalam keadaan normal.

 

15. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu makanan bergizi untuk ibu hamil yang tinggi kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan asam folat dan serat. Vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, jeruk memiliki kandungan air hampir 90 persen yang baik dikonsumsi ibu hamil agar terhindari dari dehidrasi selama masa kehamilan.

 

Baca juga: 9 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

 

Itu dia lima belas jenis makanan bergizi yang direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui. Dalam keadaan hamil dan menyusui, berbelanja bahan makanan bergizi secara konvensional tentu tak hanya melelahkan, melainkan juga beresiko. Kini, tak perlu lagi khawatir bila membutuhkan asupan makanan bergizi ketika hamil ataupun sedang masa menyusui. Cukup pesan bahan makanan yang dibutuhkan secara online melalui Sayurbox, lakukan pembayaran, dan voila! Kurir akan mengantarkan bahan makanan pesananmu tepat ke alamat yang dituju.

 

Jadi, dari lima belas jenis makanan bergizi untuk ibu hamil tadi mana yang menjadi favoritmu? Yuk, beli makanan favoritmu di Sayurbox sekarang!

 

Related Articles

Penyuka Sambal Wajib Tahu, Ini 10 Jenis Cabai Paling Pedas dan Banyak Disukai

Ciri khas makanan Indonesia adalah memiliki cita rasa yang kuat. Salah satu cita rasa yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah...

Ini 5 Cara Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangannya

Selain mengandung protein dan gizi yang tinggi, telur juga dipilih lantaran harganya yang terjangkau dan mudah diolah. Tidak heran, sumber...

Mudah Banget, Ini 5 Cara Daftar Dropship Sayurbox

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai peluang bisnis baru, salah satunya dengan mencoba bisnis dengan sistem dropship. Kamu bisa...

Post Comment