Written by at January 31, 2020
Tips & Trik

Tetap Sehat, Konsumsi 9 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi masa yang paling berkesan bagi para ibu. Tumbuh kembang anak di masa depan sangat bergantung pada bagaimana Ibu memenuhi asupan gizi di masa hamil dan menyusui. Itulah mengapa makanan bergizi untuk ibu hamil sangat signifikan perannya dan harus diperhatikan dengan baik. Apa saja makanan bergizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Yuk, simak ini makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui.

 

Ini makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil
Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui. (Foto: Pixabay)

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat, protein, serta vitamin B6. Mengonsumsi oatmeal akan memberikan tenaga ekstra yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Selain bermanfaat bagi sang ibu, kandungan nutrisi oatmeal yang kaya gizi dan mineral ini juga sangat baik bagi perkembangan bayi.

 

2. Gandum atau Nasi Merah

Asupan karbohidrat yang cukup akan sangat membantu bagi ibu hamil dan menyusui, sebagai sumber energi yang cukup. Gandum merupakan jenis karbohidrat yang sangat sehat karena mengandung serat, vitamin E serta selenium yang juga dapat membantu tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Apabila kurang suka dengan gandum, bisa juga diganti dengan nasi merah yang kandungan nutrisinya hampir sama.

 

3. Ubi

Masih berkutat di karbohidrat, ubi juga merupakan jenis karbohidrat yang baik bagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin B6, vitamin C, potassium, zat besi dan beta karotennya membuat ubi baik untuk perkembangan tulang, kulit, dan mata bayi, bahkan juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh ibu dan janin.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

4. Daging tanpa lemak

Protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui agar pertumbuhan bayi menjadi optimal, termasuk perkembangan otot-ototnya secara baik. Untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil dan menyusui, maka daging adalah opsi yang tepat. Daging merupakan sumber protein, kaya akan vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan jaringan dan otak bayi, serta vitamin B12 yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan sel syaraf dan sel darah merah.

 

5. Kacang-kacangan

Masalah pencernaan seperti wasir ataupun konstipasi alias sembelit merupakan suatu hal yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan banyak mengonsumsi jenis kacang-kacangan. Serat yang terkandung pada kacang-kacangan sangat baik bagi pencernaan, juga kandungan kalsium, folat, zat besi, dan seng yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi.

 

Ingin mencoba makanan bergizi untuk ibu hamil ini? Yuk, beli makanan favoritmu di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

 

6. Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 dan juga protein, yang baik dan sehat bagi ibu hamil. Asam lemak omega-3 yang populer dengan sebutan DHA dan EPA yang terkandung dalam salmon berperan signifikan terhadap perkembangan otak bayi dan meningkatkan keterampilan motorik, serta dapat meminimalisir resiko terjadinya masalah neurologis bagi si kecil di kemudian hari.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

7. Telur

Telur, merupakan jenis makanan yang kaya akan zat kolin. Zat kolin ini sangat baik dalam mengurangi resiko terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga untuk mengonsumsi telur sebagai tambahan asupan protein.

 

8. Brokoli

Sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah brokoli. Sebab, brokoli mengandung asam folat dan kalsium dalam kadar tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di kandungannya, melindungi bayi dari kelainan tulang belakang serta cacat tabung syaraf. Sementara itu, bagi ibu menyusui, konsumsi brokoli yang mengandung zat besi tinggi dapat mencegah terjadinya anemia.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

9. Pisang

Buah yang satu ini termasuk dalam makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pisang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat bagi perkembangan syaraf juga pembentukan sel darah merah yang dialami oleh ibu hamil. Resiko kaki bengkak di trimester ketiga kehamilan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi pisang yang mengandung kalium untuk mengurangii bengkak.

 

Itu dia sembilan jenis makanan bergizi yang direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui. Dalam keadaan hamil dan menyusui, berbelanja bahan makanan bergizi secara konvensional tentu tak hanya melelahkan, melainkan juga beresiko. Kini, tak perlu lagi khawatir bila membutuhkan asupan makanan bergizi ketika hamil ataupun sedang masa menyusui. Cukup pesan bahan makanan yang dibutuhkan secara online melalui Sayurbox, lakukan pembayaran, dan voila! Kurir akan mengantarkan bahan makanan pesananmu tepat ke alamat yang dituju.

 

Jadi, dari sembilan jenis makanan bergizi untuk ibu hamil tadi mana yang menjadi favoritmu? Yuk, beli makanan favoritmu di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

 

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment