Written by at March 25, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Konsumsi 9 Makanan untuk Mengatasi Insomnia ini Agar Kamu Bisa Tertidur Lelap

Setelah seharian beraktivitas dan lelah cara yang yang paling tepat tentu mengistirahatkan tubuh untuk mengembalikan energi. Tidur merupakan salah satu bentuk mengistirahatkan tubuh yang sangat efektif bahkan sangat penting bagi tubuh. Menurut Hospital Authority, tidur akan membantu memproses informasi yang telah kita dapatkan selama satu hari dan juga memperkuat ingatan serta kemampuan belajar. Tidur yang berkualitas juga akan memulihkan energi, fungsi kognitif serta kesehatan fisik maupun psikologis agar tubuh berfungsi secara optimal. Sayangnya tidak semua orang dapat merasakan tidur yang berkualitas. Beberapa orang mengalami penyakit gangguan tidur seperti Insomnia. Insomnia yang terjadi terus menerus akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan juga psikologis penderitanya sehingga mempengaruhi fungsi kognitif, memori, kualitas kerja. Insomnia yang dapat mengganggu produktivitas tentu sudah tidak dapat dibiarkan, perlu adanya upaya mengatasi Insomnia, seperti melakukan kegiatan produktif, olahraga, serta mengatur konsumsi makanan. Yuk, Konsumsi 9 makanan untuk mengatasi insomnia ini agar kamu bisa tertidur lelap.

 

Ini makanan untuk mengatasi insomnia

Makanan untuk Mengatasi Insomnia
Makanan untuk Mengatasi Insomnia ini Agar Kamu Bisa Tertidur Lelap. (Foto: Pixabay)

1. Susu

Susu memang sudah terkenal untuk membantu tidur lebih cepat dan nyenyak karena ternyata susu memiliki asam amino berupa triptofan yang dapat menenangkan sel saraf sehingga membantu merelaksasi tubuh serta otak. Tubuh dan otak yang rileks akan lebih mudah membantu kita terlelap tidur. Triptofan juga akan membantu meringankan gejala insomnia walaupun dengan kadar yang rendah.  

 

2. Teh Chamomile

Teh seperti Teh Chamomile yang memiliki kandungan apigenin, sejenis flavonoid, yang dapat mempengaruhi reseptor benzodiazepine dan otak sehingga akan membantu mempercepat tidur. Aroma Teh Chamomile sendiri dapat meredakan stres, sehingga Teh Chamomile dapat menenangkan dan membantu tubuh untuk lebih rileks. 

 

Baca juga: Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

 

3. Salmon

Hormon Melatonin merupakan salah satu penyebab sulitnya seseorang untuk tidur. Hormon melatonin adalah bahan kimia yang mengontrol tubuh terkait jam internal untuk tidur. Ikan seperti tuna yang kaya akan vitamin B6 akan membantu tubuh untuk memproduksi hormon Melatonin serta Serotonin secara maksimal. Selain itu, Salmon yang kaya akan asam lemak Omega 3 dapat membantu mengurangi hormon stres serta menenangkan pikiran.

 

4. Pisang

Ternyata tidak hanya susu yang memiliki asam amino berupa triptofan, buah pisang ternyata juga memiliki triptofan. Selain mengandung triptofan, pisang juga mengandung kalium atau potasium yang juga dapat mempertahankan tidur normal. 

 

5. Oatmeal

Ternyata memakan oatmeal malam hari sebelum tidur akan mempercepat kita mengantuk dan kemudian tidur loh, terutama jika kita mengkonsumsi oatmeal dari gandum utuh. Gandum utuh ternyata dapat meningkatkan produksi hormon Insulin yang akan memicu munculnya asam amino tryptophan atau triptofan. Dimana seperti pada susu, hormon ini akan membantu kita untuk cepat tidur. Selain itu, oat juga mengandung Vitamin B6 serta melatonin yang dapat meredakan stres dan membuat tubuh lebih rileks sehingga mempermudah kita untuk tidur. 

 

Ingin mencoba makanan untuk mengatasi insomnia? Yuk, beli bahan makanan segar dan sehat favoritmu di Sayurbox!

 

makanan untuk mengatasi insomnia

 

6. Jahe

Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga bermanfaat untuk sistem saraf kita. Menurut salah satu penelitian dalam Jurnal Bioorganic and Medicinal Chemistry, jahe akan membantu sistem hormon serotonin pada otak yang kemudian akan memberikan efek menenangkan dan dapat mengatasi insomnia. Segelas Wedang Jahe sebelum tidur tentu akan membantu kita untuk tidur lebih pulas.

 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Brokoli

 

7. Dairy Produk

Selain Melatonin, Vitamin B-12 juga memiliki peran dalam metabolisme tubuh serta pembentukan sel darah merah sehingga kekurangan Vitamin B12 akan menyebabkan lemah, letih, dan lesu, serta kehilangan keseimbangan tubuh dan lemahnya fisik. Bagi mereka yang menderita insomnia, kebutuhan pemenuhan Vitamin B12 menjadi sangat penting karena dapat mengatasi insomnia, karena kekurangan Vitamin B12 akan menyebabkan gangguan tidur seperti tidak nyenyak. Sumber Vitamin-B12 terbaik ada pada dairy produk seperti daging, telur serta susu. Dosis yang direkomendasikan untuk mereka yang mengalami insomnia adalah 1,5-3 mg setiap harinya. 

 

8. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan pakcoy mengandung magnesium yang dapat menenangkan seluruh anggota tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung Vitamin B yang berperan penting dalam metabolisme tubuh dan pembentukan sel darah merah, kebutuhan Vitamin B yang cukup tentu akan meningkatkan kualitas tidur.

 

9. Ceri

Walaupun bentuknya kecil, ternyata ceri memiliki manfaat yang sangat banyak loh. Ceri sendiri merupakan superfoods karena kandungan antioksidan, vitamin C, potasium, serta melatoninnya yang tinggi. Menurut Keri Glassman, seorang ahli nutrisi, ceri merupakan makanan terbaik untuk tidur karena ceri merupakan sumber melatonin yang baik sehingga dapat membantu memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik. 

 

Baca juga: Apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo?

 

Pada dasarnya, insomnia dapat diatasi dengan berbagai macam cara, pola konsumsi merupakan salah satu cara termudah karena kegiatannya yang terus berulang. Untuk mengatasi insomnia melalui pola makan kita perlu memenuhi melatonin serta kandungan lain yang dapat membantu tubuh untuk lebih rileks.

 

Jadi, makanan untuk mengatasi insomnia mana yang menjadi favoritmu? Yuk, beli bahan makanan segar dan sehat favoritmu di Sayurbox!

 

makanan untuk mengatasi insomnia

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment