Written by at November 02, 2020
Tips & Trik

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Menunjang Diet Sehatmu

Diet memang menjadi tantangan bagi beberapa orang yang ingin mengendalikan berat badan mereka. Namun demikian, banyak orang menyalahartikan makna diet itu sendiri. Diet bukanlah cara untuk menurunkan berat badan, dengan cara memangkas porsi makan secara besar-besaran. Tetapi, diet adalah mengendalikan takaran makanan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya. 

Nah, cara termudah untuk mengendalikan kalori yang masuk ke tubuh adalah dengan mengganti asupan karbohidrat. Memang, sebagai orang Indonesia, memakan nasi adalah kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi karena mengandung karbohidrat. Namun demikian, ada sumber karbohidrat lain yang bisa Sayurfriends coba untuk dikonsumsi saat diet. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak berikut ini 10 makanan yang mengandung karbohidrat untuk menunjang diet sehat Sayurfriends. 

makanan yang mengandung karbohidrat

1. Nasi Merah

Sumber karbohidrat untuk menunjang diet sehat yang pertama adalah nasi merah. Meskipun sama-sama berbentuk nasi, tetapi nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Tak hanya itu saja, dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki  kandungan karbohidrat yang lebih kompleks sehingga sangat cocok untuk jadi menu diet Sayurfriends. 

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari serat gandum pilihan. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membantu Sayiurfriends untuk merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan juga menurunkan kadar gula di dalam darah. 

Keunikan lain yang dimiliki oleh oatmeal adalah, bahan makanan ini bisa dikonsumsi dengan makanan penunjang lainnya, baik yang memiliki rasa asin maupun manis. Sayurfriends bisa mencampurkan oatmeal dengan pisang dan susu, serta bahan makan lain yang kaya akan protein seperti telur.

3. Ubi Jalar

Siapa di antara Sayurfriends yang suka ngemil ubi jalar? Bahan makanan satu ini cukup populer di Indonesia, karena hampir seluruh daerah dataran tinggi di Indonesia memiliki hasil panen berupa ubi jalar dengan berbagai warna. Ubi jalar ini bisa Sayurfriends jumpai dengan warna ungu, kuning, dan juga ungu. 

Ubi jalar sendiri kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram ubi jalar, Sayurfriends bisa memperoleh asupan karbohidrat sebanyak 17.7 gram. Tak hanya itu saja, Sayurfriends juga bisa memperoleh 80.1 gram air, 76 kilo kalori, 1.37 gram protein, 0.14 gram lemak, 2.5 gram serat, 27 miligram kalsium, hingga 0.72 gram zat besi dengan mengonsumsinya. 

4. Singkong

Layaknya ubi jalar, singkong merupakan salah satu jenis ubi-ubian dengan rasa tawar yang cocok jadi menu diet bagi Sayurfriends. Singkong umumnya memiliki permukaan kulit kasar berwarna coklat, dengan tekstur daging yang putih. Bila Sayurfriends memilih mengganti nasi dengan singkong, Sayurfriends cukup mengukus ubi di kompor hingga dagingnya empuk. 

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu pilihan menu diet yang populer bagi banyak selebritis dunia. Memilih kentang sebagai pengganti nasi bukannya tanpa alasan, karena memang kandungan  karbohidrat kentang jauh lebih rendah dibandingkan nasi. Alhasil, produksi gula dan kalori pun menjadi sedikit. Sayurfriends bisa mengonsumsi kentang dengan cara merebusnya terlebih dahulu.  

6. Mangga

Mangga juga bisa jadi pilihan Sayurfriends untuk menjaga asupan karbohidrat saat sedang diet. Dalam satu cangkir jus buah mangga, diketahui terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 25 mililiter, dengan kandungan kalori sebanyak 100 gram. Tak hanya bisa jadi pengganti sumber karbohidrat, buah mangga pun bisa mencukupi kebutuhan vitamin C Sayurfriends.   

7. Pisang

Sama halnya dengan kentang, pisang juga merupakan salah satu menu diet andalan. Salah satu alasannya adalah karena buah pisang dapat mengenyangkan tubuh, dengan kandungan 25 gram karbohidrat dan 100 kalori yang dimilikinya. Tak hanya itu saja, serat yang terkandung di dalam buah pisang, juga akan bisa membantu melancarkan pencernaan Sayurfriends.  

8. Kacang-kacangan

Percaya atau tidak, kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh kacang-kacangan terbilang cukup tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Dalam 100 gram kacang, Sayurfriends akan bisa memperoleh asupan karbohidrat sebanyak 63 gram. Buncis dan lentil merupakan dua pilihan kacang-kacangan yang sangat tepat untuk dijadikan menu diet Sayurfriends.   

9. Jagung

Sudah terkenal sejak lama bahwa jagung menyimpan banyak kekayaan karbohidrat yang dapat menggantikan posisi nasi. Makanya, tak sedikit masyarakat yang mengganti nasi dengan jagung rebus. Dengan serat yang jauh lebih tinggi, membuat keberadaan jagung menjadi jauh lebih baik dibandingkan nasi. Dalam 100 gram jagung sendiri terkandung 69.1 gram karbohidrat dan 366 kalori. 

10. Whole Wheat Pasta

Whole wheat pasta menggunakan tepung berbahan dasar tepung whole wheat atau tepung gandum utuh. Maknanya, tepung tersebut juga mengandung bagian kulit ari atau biji gandum utuh. Tidak hanya mengandung protein, lemak, dan karbohidrat kompleks,  whole wheat pasta juga memiliki kandungan tambahan lainnya, yaitu vitamin B, vitamin E, dan juga serat. 

Menjalankan diet bukan berarti Sayurfriends mengurangi asupan makanan dengan begitu drastis. Inti dari diet itu sendiri adalah mengontrol asupan kalori, dari yang sebelumnya berlebihan menjadi lebih ideal. Dalam rangka menunjang diet sehat, Sayurfriends bisa ganti nasi putih dengan 10 bahan makanan yang kaya karbohidrat di atas, namun tak menggemukkan. 

Related Articles

Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Anemia

Merasa pusing, lemas, dan wajah pucat? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah...

Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Minyak VCO bagi Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO ialah salah satu jenis minyak kaya manfaat yang aman untuk digunakan luar dalam. Sesuai dengan namanya, VCO ini...

Efektif Bikin Ngantuk, Ini 6 Pilihan Minuman untuk Insomnia

Pernah merasakan insomnia? Insomnia atau sulit tidur akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Biasanya orang dengan insomnia punya...