Written by at September 10, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Yuk, Cari Tahu 10 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Apakah ada yang baru pernah mendengar Bawang Dayak? Beberapa orang memercayai Bawang Dayak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit. Selain itu, masih banyak lagi manfaat bawang dayak untuk kesehatan. Namun, sebelum membahas manfaat bawang dayak lebih lanjut, ada baiknya kamu cari tahu juga asal-usul bawang ini.

 

Bawang Dayak cukup dikenal dengan banyak naman, diantaranya yaitu Bawang Hutan, Bawang Kabe, Bawang Tiwai, bawang Sabrang dan memiliki nama latin Eleutherine bulbosa. Jenis bawang ini merupakan rempah-rempah yang berasal dari keluarga iridaceae dan merupakan perennial plant atau tanaman tahunan. Tanaman tahunan adalah tanaman-tanaman yang hidup lebih dari 2 tahun bahkan bisa sampai 3 tahun.

 

Jika kamu mencari nama latin Bawang Dayak di internet, kamu pasti menemukan bunga yang cantik berwarna putih. Pasalnya, Bawang Dayak termasuk dalam keluarga iridaceae yang identik dengan bunga-bunga cantik, makanya memiliki bunga yang cantik pula. Tapi tersembunyi jauh di akarnya ada umbi yang sangat kuat dan bermanfaat untuk kesehatan.

 

Bawang Dayak  berasal dari Amerika Serikat. Tanaman ini tumbuh di dataran tinggi atau pengungan dengan tinggi 600-1500 mdpl. Selain itu, bawang dayak tumbuh di tanah yang banyak mengandung humus dan lembab, juga lebih bagus tumbuh di tempat terbuka. Jadi, jika ingin membudidayakan Bawang Dayak harus diperhatikan suhu, udara, kelembaban tanah dan juga lingkungannya.

 

Di Indonesia, Bawang Dayak tumbuh banyak di Kalimantan. Nama Bawang Dayak sendiri terinspirasi dari Suku Dayak yang memang sejak lama menempati tanah Kalimantan. Di Kalimantan, Bawang Dayak tumbuh di hutan dan beberapa dibudidayakan oleh petani lokal. Selain dijadikan obat herbal, ini beberapa cara mengonsumsi bawang dayak:

 

Cara Mengonsumsi Bawang Dayak :

manfaat bawang dayak
Cara mengonsumsi bawang dayak. (Foto: Pixabay)
  • Dijadikan obat herbal
  • Dimakan langsung saat masih segar
  • Dijadikan acar atau manisan
  • Bumbu masak
  • Dikeringkan/dihaluskan untuk dicampur ke makanan atau diseduh

 

Baca juga: Supaya Tidak Busuk, ini 5 Cara Menyimpan Bawang Merah yang Benar

 

Bawang Dayak mengandung zat kimia alami, seperti:

manfaat bawang dayak
Kandungan zat kimia alami bawang dayak. (Foto: Pixabay)
  • Alkaloid
  • Steroid
  • Flavonoid
  • Glikosida
  • Tanin
  • Felonik

Ingin mencoba manfaat bawang dayak ini? Yuk, beli bawang dayak dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

manfaat bawang dayak

Ini manfaat bawang dayak untuk kesehatan

manfaat bawang dayak
Manfaat bawang dayak untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Mengobati infeksi

Flavonoid, Tanin, Steroid adalah jenis antioksidan yang terdapat dalam Bawang Dayak. Antioksidan ini berperan baik dalam banyak hal salah satunya adalah mengobati infeksi. Ketiga antioksidan tersebut ampuh dalam menghambat dan membunh virus, bakteri juga jamur penyebab penyakit. Menurut penelitian di Universitas Jenderal Achmad Yani, sifat antimikroba dari ekstrak Bawang Dayak dapat dioles pada kulit yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri staph dan Trichophyton yang menyebabkan pembentukan luka serta bisul.

 

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Hal ini berlaku terutama untuk wanita menopause. Bawang Dayak menurut penelitian FKUI dapat berfungsi sebagai obat terapi hormon khususnya hormon estrogen. Wanita dalam usia menopause membutuhkan hormon estrogen untuk melindungi kesehetan tulang. Mengonsumsi ekstrak bawang dayak dalam dosisi tinggi selama 21 hari berturut-turut berpotensi meningkatkan kadar kalsium tulang, berat tulang dan juga panjang tulang.

 

3. Menjaga kesehatan kulit

Bawang dayak memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Salah satu manfaat dari kandungan ini yaitu membantu menangkal radikal bebas sehingga kulit tetap sehat dan awet muda. Selain itu, berbagai senyawa yang ada di dalam bawang dayak juga dipercaya baik untuk mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya noda-noda hitam di kulit.

 

Baca juga: 11 Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

 

4. Mampu meningkatkan metabolisme

Selain antioksidan, bawang dayak juga memiliki kandungan alkaloid. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh dan berguna membantu sistem pencernaan. Oleh karena itu, bawang dayak sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sering mengalami gangguan pencernaan dan sulit buang air besar. Mengonsumsi bawang dayak secara rutin juga mampu mencegah infeksi usus dan masalah ginjal.

 

5. Membantu menangkal radikal bebas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bawang dayak memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Senyawa antosianin dalam bawang dayak lah yang sangat berperan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

 

6. Mencegah penyakit jantung koroner

Jantung koroner adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi bawang dayak. Jenis bawang ini memiliki kandungan senyawa felonik. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah jantung koroner. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat bawang dayak secara optimal.

 

7. Membantu menurunkan kadar gula darah

Bawang dayak memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu menurunkan gula darah. Senyawa flavonoid, glikosida, alkaloid, dan saponin di dalam bawang dayak sangat berperan untuk mengontrol gula dara.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

8. Bermanfaat untuk mengobati batu ginjal

Bawang dayak memiliki senyawa yang dapat menurunkan pH urin dan menurunkan kadar kalsium. Kemampun tersebut bermanfaat untuk membantu proses penghancuran dan pengeluaran batu ginjal. Sifat diuretik bawang dayak juga sangat berperan pada proses ini.

 

9. Mengontrol tekanan darah tinggi

Kamu memiliki tekanan darah tinggi? Jika ya, makan kamu wajib mencoba untuk rutin mengonsumsi bawang dayak. Pasalnya, bawang ini memiliki kandungan senyawa alisin. Senyawa ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kekendalan tekanan darah. Konsumsi bawang dayak secara untuk untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

10. Membantu mencerahkan kulit wajah

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dalam, ekstrak bawang dayak juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Hasil skrining fitokimia mengungkapkan bahwa bawang dayak mampu bertindak sebagai antimelanogenesis yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik hitam di wajah serta membuat kulit tampak lebi cerah.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat bawang dayak ini? Yuk, beli bawang dayak dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

manfaat bawang dayak

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment