Written by at November 30, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Wajib Tahu! Ini 11 Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan

Apakah kamu penyuka makanan pedas? Apapun makanannya, pasti kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran sambal. Tapi, pernahkah kamu berpikir, sebenarnya apakah sambal atau cabai memiliki manfaat atau tidak untuk kesehatan? Tidak hanya membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, ternyata cabai merah yang menjadi bahan utama pembuat sambal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga, lho. Kira-kira apa saja, ya, manfaatnya? Ada beberapa jenis cabai yang biasa kita temui pada sambal, salah satunya adalah cabai merah. Nah, berikut ini adalah 11 manfaat cabai merah untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Ini manfaat cabai merah untuk kesehatan

Manfaat cabai merah
Manfaat cabai merah untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan berat badan

Untuk kamu penikmat makanan pedas yang sedang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, informasi ini bisa menjadi kabar bahagia. Pasalnya, cabai merah tidak hanya bisa memanjakan lidah kamu saja, tetapi juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Cabai yang mengandung capsaicin ternyata mampu mempercepat metabolisme dan membantu tubuh lebih cepat dalam membakar kalori. Dengan kata lain, kandungan capsaicin pada cabai merah akan meningkatkan temperatur tubuh orang yang mengonsumsinya, sehingga dapat meningkatnya detak jantungnya menjadi lebih cepat.

Penelitian bahkan menunjukkan jika orang yang hobi mengonsumsi makanan pedas kebanyakan memiliki berat badan yang lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung

Kandungan capsaicin pada cabai merah diyakini juga mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Penelitian lainnya menunjukkan masalah kesehatan jantung bisa diakibatkan oleh kadar kolesterol jahat/LDL yang menyumbat di pembuluh darah dan bisa berpengaruh pada kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, peran cabai merah dalam menjaga kesehatan jantung juga tak lepas dari kandungan capsaicin miliknya yang dikenal efektif dalam melawan inflamasi sebagai salah satu penyebab risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Masih menyambung pembahasan sebelumnya, cabai merah juga bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan dalam darah. Apalagi, kandungan vitamin A dan C pada cabai merah juga dikenal baik dalam menguatkan dinding pembuluh darah.

Baca juga: Penyuka Sambal Wajib Tahu, Ini 9 Jenis Cabai Paling Pedas dan Banyak Disukai

4. Berperan sebagai antikanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus, sel-sel kanker dapat mati tanpa membuat kerusakan pada sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi saluran cerna

Manfaat cabai merah lainnya yaitu untuk meningkatkan fungsi saluran cerna. Nah, peran cabai merah di sini adalah untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus.

Selain itu, kandungan capsaicin miliknya juga membantu mempercepat pembunuhan bakteri Helicobacter pylori, yaitu salah satu penyebab terjadinya sakit maag.

Tapi perlu diperhatikan, apabila kamu mengalami heartburn (rasa panas) setelah mengonsumsi cabai merah, segera tangani masalah tersebut dengan mengonsumsi tablet antasid untuk membantu menetralisir asam di lambung.

Tertarik untuk membuat sambal untuk merasakan manfaat cabai merah? Kamu bisa membelinya di Sayurbox. Tidak hanya membuat sambal saja, cabai merah juga bisa kamu gunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat cabai merah

 

6. Meredakan masalah flu

Flu memang kerap datang saat musim pancaroba tiba. Tapi, kamu bisa, kok, meredakan masalah flu yang tersebut dengan mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai merah.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan capsaicin miliknya dapat membantu mempercepat pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu. Tidak hanya itu saja, makanan pedas juga bisa membantu membuka jalan pernapasan, mengurangi masalah sinusitis, serta penyebab gejala flu lainnya.

Baca juga: Pedasnya Disukai, Ini 9 Manfaat Cabai Rawit yang Bisa Kamu Coba

7. Bisa membuat tidur lebih nyenyak

Orang yang rutin mengonsumsi makanan pedas ternyata memiliki kualitas tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidak. Bahkan, mereka pun cenderung lebih mudah bangun pagi dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

8. Menjaga mood

Mungkin sebelumnya kamu hanya pernah mendengar jika salah satu cara menjaga mood adalah dengan mengonsumsi dark chocolate saja, bukan? Siapa sangka, ternyata cabai merah juga memiliki manfaat yang sama.

Cabai merah diyakini mampu meningkatkan level endorfin dan serotonin dalam tubuh seseorang. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan mampu memberikan rasa nyaman pada orang yang mengonsumsinya. Hormon ini juga berperan dalam menekan rasa stres dan depresi.

9. Melancarkan pernapasan

Cabai merah juga ternyata memiliki kandungan ekspektoran. Kandungan ini bisa membantu melancarkan pernapasan para penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, maupun penyakit pernapasan lainnya.

Baca juga: Makin Pedas Makin Nikmat, ini 11 Jenis Sambal asli Indonesia

10. Meredakan sakit

Mengonsumsi cabai merah juga ternyata punya manfaat yaitu meredakan sakit. Capsaicin, adalah salah satu senyawa dalam cabai merah yang terikat dengan reseptor nyeri, yaitu ujung syaraf yang biasa merasakan nyeri/sakit. Nah, semakin mengonsumsi cabai merah semakin menurunkan sensitifitas reseptor nyeri yang dapat merasakan salah satunya rasa pedas pada cabai.

11. Menurunkan resiko diabetes tipe-2

Mengonsumsi cabai merah juga dapat menurunkan produksi insulin dalam darah yang merupakan salah satu gejala diabetes tipe 2. Justru menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi makanan dengan kandungan cabai merah dapat membantu mengontrol produksi insulin dalam batas wajar.

Ternyata, cabai tidak saja hanya bisa membuat lidah para penikmatnya “bergoyang”, tetapi juga bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan. Nah, itulah 11 manfaat cabai merah untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Tertarik untuk membuat sambal dari cabai merah? Kamu bisa membelinya di Sayurbox. Tidak hanya membuat sambal saja, cabai merah juga bisa kamu gunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat cabai merah

Related Articles

10 Buah Mengandung Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada dasarnya hampir semua buah-buahan mengandung vitamin A, namun kadarnya yang mungkin berbeda-beda pada tiap buah. Vitamin A memiliki...

Ini 11 Manfaat Labu Parang, Baik Juga untuk Bayi, Lho!

Tidak seperti labu siam, mungkin penggunaan labu parang untuk kebutuhan masak-memasak memang tidak begitu populer. Nah, apabila sebelumnya...

Selain Melembabkan, Ini 11 Manfaat Timun untuk Wajah yang Bisa Dicoba

Timun merupakan sayuran yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, timun rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membuat buah ini...

Post Comment