Written by at October 12, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

9 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski yoghurt kini sudah umum dijumpai, namun tidak banyak yang mengenal greek yoghurt. Meski sama-sama yoghurt, namun yoghurt jenis ini memiliki beberapa berbeda dibanding dengan yoghurt kebanyakan. Perbedaan-perbedaan tersebut justru membuat greek yoghurt memiliki banyak manfaat. Nah, kira-kira apa saja manfaatnya tersebut? Berikut ini adalah sembilan manfaat greek yoghurt untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

 

Manfaat greek yoghurt untuk kesehatan

Untuk kamu yang belum tahu, inilah sembilan manfaat greek yoghurt untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

manfaat greek yogurt
Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pexels)

1. Mengandung protein yang lebih tinggi, baik untuk kesehatan dan kulit

Tubuh membutuhkan asupan protein demi menunjang berbagai aktivitas dan menjaga kesehatan. Nah, protein sendiri bisa kamu dapatkan dari berbagai asupan makanan. Salah satunya adalah yoghurt.

 

Berbeda dengan yoghurt biasa, greek yoghurt memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Dengan tercukupinya asupan protein, maka tubuh lebih mudah dalam menjaga pertumbuhan sel, membangun otot, dan memperbaiki jaringan yang rusak.

 

Tak hanya kesehatan, protein juga penting untuk menjaga kecantikan. Apalagi, seiring bertambahnya usia seseorang, kondisi dan keelastisitasan kulit akan terus menurun.

 

Nah, untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat, kamu dapat meningkatkan kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi greek yoghurt. Hindari pula makanan berat seperti daging-dagingan untuk sementara waktu.

 

Sebagai referensi menikmati greek yoghurt ini, kamu bisa menambahkan beberapa kenari dan blueberry untuk menu sarapan nanti. Tambahkan greek yoghurt sebagai pengganti krim asam di atasnya. Selain kenari dan blueberry, kamu juga bisa menggantinya dengan kentang panggang.

 

2. Mengandung probiotik untuk kesehatan pencernaan

Selain protein, kandungan probiotik dalam greek yoghurt juga lebih tinggi. Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang hidup di dalam usus. Keberadaan mikroorganisme tersebut penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, probiotik juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan, khususnya bagi penderita sindrom iritasi usus.

 

3. Sebagai sumber vitamin B12, alternatif untuk kamu yang vegetarian

Salah satu kandungan penting dalam greek yoghurt adalah vitamin B12. Kandungan ini sangat diperlukan sebagai supply energi dan menjaga fungsi dan kesehatan otak.

 

Nah, biasanya vitamin B12 ini bisa kamu dapat dari produk makanan hewani seperti daging. Lalu, bagaimana jika kamu adalah seorang vegetarian? Untuk menanggulangi masalah ini, kamu bisa mendapat asupan tersebut dengan mengonsumsi greek yoghurt. Bisa dibilang, greek yoghurt adalah alternatif sumber vitamin B12 yang biasa ditemui pada daging.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Yoghurt yang Sehat dan Praktis di Rumah

 

4. Kaya akan kalium, sehingga bisa membantu menyeimbangkan sodium dalam tubuh

Keunggulan greek yoghurt lainnya yaitu rendah natrium, tetapi tinggi akan kandungan kalium. Nah, untuk kamu yang memiliki masalah kesehatan karena kekurangan kalium, kamu bisa membantu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi greek yoghurt. Dengan begitu, keseimbangan antara natrium dan kalium dalam tubuh pun bisa tetap terjaga.

 

5. Sebagai makanan untuk pemulihan setelah berolahraga

Setelah berolahraga, tubuh akan terasa lelah karena energi yang terserap dari aktivitas tersebut. Untuk mengembalikan kondisi tubuh, terutama jika kamu menjalani olahraga fisik yang terbilang berat, segera konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein seperti greek yoghurt.

 

Yoghurt jenis ini memiliki kandungan asam amino yang tinggi sehingga bisa menyuplai kebutuhan protein dalam tubuh. Asam amino sendiri penting untuk pembentukan protein dalam tubuh. Salah satu manfaat protein adalah untuk membantu meregenerasi jaringan otot dan memperbaiki kerusakannya pasca olahraga atau latihan fisik.

 

Ingin merasakan manfaat greek yogurt ini? Kamu bisa membeli greek yogurt berkualitas untuk menjaga kesehatanmu di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

6. Mengandung yodium untuk menjaga metabolisme tubuh

Greek yoghurt juga kaya akan kandungan yodium. Yodium memiliki peran sebagai fungsi tiroid yang tepat. Tiroid sendiri berperan dalam menjaga kondisi metabolisme tubuh agar tetap sehat.

 

Di sisi lain, kekurangan kandungan tersebut bisa mengakibatkan naiknya berat badan seseorang. Untuk kamu yang memiliki masalah pada berat badan, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan kandungan yodium.

 

Dengan meningkatkan kadar yodium dalam tubuh, maka akan membantu meningkatkan aktivitas tiroid. Tiroid berperan penting sebagai peningkat metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme dalam tubuh, tentu bisa membantu proses penurunan berat badan.

 

Baca juga: Ini 11 Manfaat Yogurt yang Bisa Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Secara Rutin

 

7. Mengandung kalsium yang tinggi

Faktor yang membantu penurunan berat badan dan kesehatan tubuh lainnya adalah kalsiumnya. Greek yoghurt sendiri dikenal kaya akan kalsium. Kalsium yang tinggi berkaitan pula dengan regulasi output kortisol dalam tubuh. Kadar hormon kortisol berpengaruh pada kemampuan tubuh dalam penyimpan lemak. Dengan banyaknya kalsium yang diserap tubuh, maka hal itu bisa membantu membatasi produksi lemak dalam tubuh.

 

8. Baik untuk menjaga kesehatan tulang

Menyambung poin sebelumnya, kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi greek yoghurt bisa menjaga tulang lebih sehat dan kokoh, sehingga risiko terkena osteoporosis pun bisa diminimalisir.

 

9. Memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah

Tak seperti yoghurt kebanyakan, greek yoghurt memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Otomatis, total keseluruhan karbohidrat yang terkandung di dalamnya pun jauh lebih sedikit.

 

Karena hal tersebut, greek yoghurt kerap disajikan dalam berbagai menu makanan program diet. Sebagai gambaran, kandungan gula pada yoghurt biasa bisa mencapai 12 gram lebih, sedangkan greek yoghurt hanya 5-8 gram saja.

 

Baca juga: Agar Lebih Sehat, Ini 4 Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah

 

Nah, itulah sembilan manfaat greek yoghurt untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari yoghurt ini, bukan?

 

Bagaimana menurut kamu? Tertarik untuk mengganti yoghurt yang biasa kamu konsumsi dengan greek yoghurt? Kalau iya, kamu bisa membeli greek yoghurt tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang. Selamat mencoba, ya!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Post Comment