Written by at June 08, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Menyegarkan, Ini 9 Manfaat Jeruk Pamelo untuk Kesehatan

Di Indonesia jeruk pamelo dikenal juga dengan sebutan jeruk Bali. Jeruk jenis ini banyak disukai karena ukurannya yang besar dan rasa yang cenderung manis serta bulir jeruk besar. Saat dimakan, jeruk pamelo dapat memberi sensasi menyegarkan. Namun, selain enak dan menyegarkan, ternyata banyak manfaat jeruk pamelo yang dapat kamu rasakan.

 

Jeruk Pamelo atau dengan nama latin citrus grandis atau Citrus Maxima ini berasal dari keluarga Rutaceae dan merupakan salah satu jeruk terbesar. Jeruk ini banyak tumbuh dan dibudi dayakan  di Asia, khususnya Asia tenggara, tapi pertama kali dibawa oleh salah satu kapten perusahaan di India Timur. Hingga kini, jeruk pamelo juga telah banyak dibudi dayakan di Indonesia.

 

Jeruk pamelo tinggi akan kandungan vitamin C, potassium dan juga Serat. Selain itu ada juga kandungan pektin yang dapat berguna dalam pembuatan selai sampai produk kosmetik. Kamu sering mengonsumsi jeruk Pamelo tetapi belum tahu manfaat sebenarnya dari buah berukuran besar ini? Yuk, cari tahu ini 9 manfaat jeruk pamelo untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

 

Kandungan nutrisi jeruk pamelo per 100 gram:

  • Jumlah kalori 38 kcal
  • Jumlah Lemak 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 216 mg
  • Jumlah Karbohidrat 10 g
  • Serat pangan 1 g
  • Protein 0.8 g
  • Vitamin A 8 IU
  • Kalsium 4 mg
  • Vitamin B6 0 mg
  • Magnesium 6 mg
  • Vitamin C 61 mg
  • Zat besi 0.1 mg
  • Vitamin B12 0 µg

 

Ini manfaat jeruk pamelo untuk kesehatan

 

1. Rendah kalori, berguna untuk mengontrol berat badan

manfaat jeruk pamelo
Rendah kalori, berguna untuk mengontrol berat badan. (Foto: Pixabay)

Jeruk Pamelo adalah salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi jika kamu sedang menjalani diet atau sekedar ingin mengontrol berat badan. Pasalnya, jenis jeruk ini tergolong rendah kalori tetapi sangat kaya nutrisi. Selain itu, jeruk pamelo juga dikenal kaya akan kandungan serat. Manfaat jeruk pamelo antara lain adalah memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral, dan anti-oksidan di dalam tubuh, sekaligus tetap menjaga berat badan.

 

2. Membantu memperkuat sistem imun

manfaat jeruk pamelo
Membantu memperkuat sistem imun. (Foto: Pixabay)

Mengonsumsi jeruk Pamelo secara rutin juga dapat bermanfaat untuk sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk pamelo berguna sebagai anti-oksidan untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, menurut berbagai penelitian kandungan vitamin C pada jeruk pamelo yang cukup tinggi juga sangat bermanfaat untuk proses pemulihan pada demam atau flu.

 

3. Membantu meningkatkan energi

manfaat jeruk pamelo
Membantu meningkatkan energi. (Foto: Pixabay)

Tidak hanya mampu memperkuat sistem imun, mengonsumsi jeruk pamelo juga dapat membantu meningkatkan energi. Buah yang nikmat dijadikan jus ini dapat mencegah tubuhmu mengalami kelelahan. Asupan vitamin, mineral, dan serat pada jeruk pamelo dapat membuat tumbuhmu terasa segar dan meningkatkan energi.

 

Baca juga: Selain Jus, Ini 10 Minuman Olahan Jeruk yang Menyegarkan

 

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

manfaat jeruk pamelo
Baik untuk kesehatan pencernaan. (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang sering mengalami gangguan pencernaan, sebaikny coba rutin mengonsumsi jeruk pamelo. Pasalnya, kandungan serat yang ada pada jeruk pamelo sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Jeruk pamelo dapat bertindak untuk meredakan panas dan iritasi di dalam perut yang menyebabkan gangguan pencernaan. 

 

5. Membantu mencegah penyakit jantung

manfaat jeruk pamelo
Membantu mencegah penyakit jantung. (Foto: Pixabay)

Mengonsumsi jeruk bali juga dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), serta trigliserida berbahaya. Selain itu, kandungan potasiumnya yang tinggi berfungsi sebagai vasodilator, yang membantu pembuluh darah dan arteri menjadi rileks, sehingga mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

 

Selain itu, peningkatan kadar kalium juga banyak dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih tinggi karena peningkatan aliran darah dan oksigen ke otak. Oleh karena itu, jeruk pamelo adalah sumber alami yang membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Jeruk Pamelo memungkinkan tubuh untuk mengatur kolesterol, sehingga meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

 

Ingin mencoba manfaat jeruk pamelo ini? Yuk, beli jeruk pamelo dan berbagai jenis buah segar lainnya di Sayurbox!

 

manfaat jeruk pamelo

 

6. Berguna untuk mengontrol diabetes

manfaat jeruk pamelo
Berguna untuk mengontrol diabetes. (Foto: Pixabay)

Meskipun tergolong sebagai buah yang rasanya manis, namun penderita diabetes tidak perlu khawatir saat mengonsumsi jeruk pamelo. Asupan jeruk Pamelo dapat membantu mengatur aliran gula dalam tubuh, sehingga secara efektif berguna untuk mengontrol diabetes. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, manfaat jeruk pamelo adalah membantu mengendalikan kadar insulin dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kemungkinan menjadi resisten insulin.

 

Baca juga: Cari Tahu 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

 

7. Meningkatkan kualitas tidur

manfaat jeruk pamelo
Meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Pixabay)

Jeruk pamelo juga telah lama digunakan pada pengobatan tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi jeruk pamelo sebelum tidur bermanfaat untuk mengurangi gejala dan akibat insomnia.

 

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan triptofan di jeruk pamelo. Kandungan tersebut adalah sejenis bahan kimia yang sering yang menimbulkan efek mengantuk. Kadar tryptophan dalam jus jeruk pamelo memungkinkan kamu untuk tertidur lelap.

 

8. Membantu mengurangi resiko batu ginjal

manfaat jeruk pamelo
Membantu mengurangi resiko batu ginjal. (Foto: Pixabay)

Mengkonsumsi jeruk Pamelo dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal, yang diakibatkan penumpukan bahan limbah di ginjal. Bahan limbah ini adalah hasil dari metabolisme yang biasanya disaring melalui ginjal dan dikeluarkan dari tubuh dalam urin.

 

Namun, ketika bahan limbah ini mengkristal di ginjal makan akan menjadi batu. Batu ginjal yang berukuran besar dapat menyebabkan penyumbatan pada sistem kemih dan bisa terasa sangat menyakitkan.

 

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Asam sitrat atau asam organik yang ada di dalam jeruk pamelo, dapat mencegahnya dengan mengikat dengan kalsium di ginjal dan membuangnya keluar dari tubuh. Selain itu, asam sitrat juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan volume dan pH urin, sehingga mampi mencegah batu ginjal.

 

Baca juga: Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

 

9. Mencegah dehidrasi pada tubuh

manfaat jeruk pamelo
Mencegah dehidrasi pada tubuh. (Foto: Pixabay)

Jeruk pamelo juga merupakan buah yang banyak mengandung air. Bahkan 88% dari kandungan jeruk pamelo adalah air. Selain banyak minum air putih, mengonsumsi jeruk pamelo juga membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga mencegah tubuh kekurangan cairan.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat jeruk pamelo ini? Yuk, beli jeruk pamelo dan berbagai buah segar lainnya di Sayurbox!

 

manfaat jeruk pamelo

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaat Ketumbar yang Bisa Kamu Rasakan

Ketumbar adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur. Ketumbar dapat memberikan rasa masakan yang lebih sedap dan nikmat...

Ibu, Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Kabocha untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah harus mendapat asupan makanan lain selain dari ASI. Selain kebutuhan asupan yang terus...

Post Comment