Written by at July 14, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaat Ketumbar yang Bisa Kamu Rasakan

Ketumbar adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur. Ketumbar dapat memberikan rasa masakan yang lebih sedap dan nikmat disantap. Selain membuat makanan menjadi lebih sedap, ternyata ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Untuk mendapatkan khasiat atau manfaat dari ketumbar, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara membuat air rendamannya atau mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung ketumbar. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ketumbar? Berikut ini adalah 9 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

 

Ini manfaat ketumbar untuk kesehatan

Manfaat ketumbar
Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat ketumbar yang pertama yaitu, ekstrak maupun minyaknya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat mengurangi kadar gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah. Karena manfaatnya tersebut, maka mengonsumsi makanan yang mengandung ketumbar sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

 

Selain itu, air rendaman ketumbar juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan serat tersebut, maka dapat membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darahnya.

 

Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi ketumbar, akan lebih baik untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Atau, kamu juga bisa selalu memeriksa kadar gula darah untuk mengamati efektivitas penggunaan ketumbar.

 

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat ketumbar selanjutnya yaitu, dapat melancarkan sistem pencernaan. Minyak yang diekstrak dari ketumbar dipercaya mampu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.

 

Hal ini disebabkan ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengatasi masalah-masalah pada sistem pencernaan manusia, seperti diare, perut kembung, cacingan, maupun sembelit. Antioksidan yang dimiliki oleh ketumbar juga dapat mengatur produksi enzim pencernaan sehingga masalah-masalah pada perut tersebut dapat teratasi.

 

3. Meredakan flu dan batuk

Siapa sangka, di dalam ketumbar terdapat vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk. Oleh karena itu, mengonsumsi ketumbar saat sedang flu dan batuk akan mempercepat proses penyembuhannya.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

4. Mengatasi pegal dan nyeri sendi

Manfaat ketumbar selanjutnya yaitu, dapat mengatasi pegal dan nyeri sendi. Mengapa tidak? Ketumbar mengandung analgesik yang dapat meredakan sakit gigi hingga mengurangi rasa nyeri dan pegal yang menyerang persendian. Selain itu, di dalam ketumbar juga terdapat asam linoleat yang membantu peran analgesik untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

 

5. Menjaga kesehatan kulit

Ketumbar juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta mengurangi ruam ringan seperti dermatitis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet.

 

Ingin merasakan manfaat ketumbar untuk kesehatan ini? Kamu bisa membeli ketumbar berkualitas di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat ketumbar

 

6. Menangkal infeksi bakteri

Ketumbar juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan penyakit tertentu karena makanan yang tidak higienis.

 

Senyawa dodecenal yang terkandung dalam ketumbar dapat melawan bakteri seperti Salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan penyakit pada sistem pencernaan.

 

Salmonella adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonella di dalam perut dan usus. Salmonella bisa terjadi karena salah mengonsumsi makanan. Nah, salah satu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengonsumsi ketumbar.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

7. Mengobati peradangan

Manfaat ketumbar selanjutnya yaitu mampu mengobati peradangan. Peradangan yang dimaksud yaitu yang terjadi karena jerawat. Hal ini disebabkan, karena kandungan antibakteri yang dimiliki oleh dalam ketumbar.

 

Selain itu, air rendaman ketumbar juga dapat membantu mengatasi kulit berminyak dan mencerahkan kulit wajah, serta dapat membuat kulit terhindar dari iritasi dan juga infeksi.

 

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Air rendaman ketumbar ternyata juga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan karena sifat analgesiknya, sehingga mampu membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut, sehingga gigi dan mulut bisa terhindar dari bakteri.

 

9. Mengatasi wasir

Manfaat ketumbar yang terakhir yaitu untuk mengatasi wasir. Mengapa ketumbar dapat mengatasi wasir? Hal ini disebabkan karena sifat analgesik yang dimilikinya mampu membantu meredakan sakit akibat wasir. Wasir yang disebabkan oleh sembelit dan konstipasi dapat dicegah dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

Nah, itulah sembilan manfaat ketumbar untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Manfaat ketumbar bisa didapatkan dari air rendamannya atau mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung ketumbar.

 

Cara membuat air rendaman ketumbar agar bisa merasakan manfaatnya ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam ketumbar dengan air dalam wadah selama semalaman, atau bisa juga dengan menyangrai ketumbar terlebih dahulu, kemudian direndam semalaman.

 

Selain itu, kamu juga bisa menyangrai ketumbar kemudian merebusnya. Hal ini bisa dilakukan jika kamu ingin mengonsumsi air rendaman ketumbar dalam kondisi hangat.

 

Namun, kamu juga bisa kok mengonsumsi ketumbar dengan membuat masakan yang menggunakan bahan dasar ketumbar. Jika kamu ingin menambahkan ketumbar dalam masakanmu untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya, kamu bisa membeli ketumbar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat ketumbar

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment