Written by at June 24, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Enak, Ternyata Ini 9 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Seiring dengan meningkatnya popularitas drama Korea, kepopuleran berbagai hal mengenai Korea seperti street food dan makanan khas negara ginseng tersebut juga meningkat. Salah satu makanan khas yang kini mulai dikenal luas adalah kimchi. Untuk kamu yang belum mengenal makanan ini, sedikit penjelasan, kimchi adalah makanan Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Kimchi terbuat dari berbagai jenis sayuran yang bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya. Namun, yang paling populer adalah kubis dan lobak. Kedua sayuran ini biasanya dicampur dengan bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai bubuk merah, gula, garam, jahe, tiram, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Selain nikmat, ada banyak manfaat kimchi yang bisa dirasakan bila sering mengonsumsinya.

 

Akibat dari proses pembuatannya yang dilakukan dengan cara fermentasi, maka kimchi mengandung bakteriosin dari lactobacillus. Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang lebih tinggi dari yoghurt dan baik untuk pencernaan. Nah, kira-kira apalagi, ya, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan khas Korea ini? Selain enak, ternyata ini sembilan manfaat kimchi untuk kesehatan.

 

Ini manfaat kimchi untuk kesehatan

manfaat kimchi untuk kesehatan
Manfaat Kimchi untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba. (Foto: Pixabay)

1. Mencegah penyakit kanker

Mungkin kamu pernah menyaksikan drama Korea jika orang tua di sana kebanyakan sehat dan berumur panjang? Salah satu kuncinya tentu karena pola makanan mereka yang sehat dan rutin mengonsumsi sayur.

 

Nah, begitu pula dengan kimchi, ternyata makanan ini tidak hanya sehat, tapi juga mampu menjadi pencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi dalam kimchi dikenal baik dalam membunuh sel-sel penyebab penyakit kanker.

 

2. Meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh

Saat musim pancaroba tiba, tentunya cuaca kerap berganti secara tiba-tiba. Hal ini kerap membuat tubuh mudah terserang penyakit. Selain faktor tersebut, kemampuan imun yang menurun juga bisa menjadi pemicunya.

 

Ternyata, kimchi yang lezat ini juga bisa membantu menjaga sistem kekebalan imun dan tubuh kamu, sehingga tubuh tidak mudah terserang influenza, radang, dan lain sebagainya. Hal ini tidak lain karena kimchi mengandung bakteri baik hasil dari proses fermentasinya.

 

3. Mengobati sembelit

Gangguan pencernaan seperti sembelit bisa jadi pertanda jika asupan serat dalam tubuh kamu kurang. Karena makanan ini terbuat dari sayuran, sudah pasti kandungan seratnya juga tinggi. Maka tidak heran jika kimchi kerap dikonsumsi untuk mengobati masalah sembelit. Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

 

Baca juga: Ini 10 Cara Membuat Kimchi Sawi Putih Ala Korea di Rumah

 

4. Mencegah penyakit usus dan lambung akibat serangan virus

Kandungan bakteri baik dalam kimchi tidak hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh saja. Tapi juga menangkal berbagai penyakit yang datang akibat serangan virus, seperti penyakit usus lambung dan radang. Salah satunya serangan Helicobacter pylori, yaitu virus yang dapat menyebabkan penyakit kanker lambung.

 

5. Mencegah stroke, jantung koroner, dan pembuluh darah yang tersumbat

Memang tidak mengherankan jika kimchi disebut-sebut sebagai salah satu makanan sehat di dunia. Apalagi, kimchi juga dikenal baik untuk mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.

 

Nah, dengan rutin mengonsumsi kimchi, ternyata juga bisa membantu memperkuat kinerja jantung, mencegah stroke, serta menghindari terjadinya gejala penyumbatan arteri. Hal ini tidak lain karena kandungan allicin dan selenium yang terkandung di dalamnya.

 

Ingin mencoba manfaat kimchi? Yuk, bikin kimchi sendiri di rumah dan beli bahan-bahannya di Sayurbox!

 

manfaat kimchi

 

6. Menambah nafsu makan

Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa sambal rasanya kurang lengkap, bukan? Nah, sensasi pedas ternyata tidak hanya bisa menggugah selera makan saja, tetapi juga menambah nafsu makan penikmatnya.

 

Tidak jauh berbeda, masyarakat Korea juga kerap mengonsumsi kimchi sebagai peningkatan nafsu makan. Makanya, jangan heran jika hampir di semua restoran Korea pasti menyediakan kimchi.

 

Baca juga: 10 Manfaat Sawi Putih yang Bisa Kamu Rasakan

 

7. Mencegah kolesterol tinggi

Seperti penjelasan sebelumnya, kandungan allicin dan selenium pada kimchi memang dikenal baik untuk menekan dan mencegah risiko penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Termasuk juga mencegah meningkatnya kolesterol dalam darah. Manfaat kimchi disini yaitu sebagai pengontrol kadar kolesterol tersebut.

 

8. Menjaga berat badan lebih ideal

Kira-kira apa yang membuat artis Korea memiliki tubuh yang ideal, ya? Jawabannya tentu pola makan yang sehat. Nah, kebanyakan kawula muda hanya ingin tubuh rampingnya saja, namun masih ogah menjaga pola makannya. Padahal, tidak perlu mengonsumsi obat diet, cobalah cara alami dengan mengonsumsi makanan dan sayuran yang kaya serat. Bisa juga dengan rutin mengonsumsi kimchi ini.

 

Baca juga: 11 Cara Memasak Sawi Putih yang Enak dan Sehat

 

9. Mengatasi alergi

Alergi bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun penyebabnya berbeda-beda, umumnya gejala yang muncul terbilang sama, yaitu peradangan pada kulit. Nah, di negara asalnya, kimchi kerap dikonsumsi untuk meredakan gejala alergi. Bisa dibilang, makanan ini adalah obat alergi alami.

 

Terbukti bahwa kimchi adalah makanan yang sehat. Selain enak, sembilan manfaat kimchi untuk kesehatan di atas bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya secara rutin. Apalagi, makanan ini kini semakin mudah ditemui. Jika kamu malas membuatnya, kamu juga bisa, kok, membelinya secara online di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

manfaat kimchi

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaat Ketumbar yang Bisa Kamu Rasakan

Ketumbar adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur. Ketumbar dapat memberikan rasa masakan yang lebih sedap dan nikmat...

Ibu, Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Kabocha untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah harus mendapat asupan makanan lain selain dari ASI. Selain kebutuhan asupan yang terus...

Post Comment