Written by at March 29, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain untuk Kulit, Ini 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pembahasan tentang lidah buaya merupakan suatu hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bagaiamana tidak, lidah buaya adalah tanaman obat populer yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari segi kandungan nutrisi, kandungan dalam lidah buaya bersumber dari gel lendirnya. Kandungan nutrisi di dalamnya seperti zinc, zat besi, sodium, kalium, kalsium, kromium dan magnesium, vitamin A, C dan E, flavonoid, dan fenol. Terkenal untuk mengobati cedera dan gatal pada kulit, tetapi juga memiliki beberapa manfaat menguntungkan lainnya bagi kesehatan. Yuk, simak 9 manfaat lidah buaya untuk kesehatan di bawah ini.

 

Ini manfaat lidah buaya untuk kesehatan

manfaat lidah buaya untuk kesehatan
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Mengandung senyawa tanaman yang menyehatkan

Lidah buaya adalah tanaman tebal, batangnya pendek yang menyimpan gel di daunnya. Lidah buaya adalah tanaman obat populer yang digunakan dalam industri kosmetik, farmasi dan makanan. Ini dikenali dengan baik oleh keunikan tumbuhan ini, daunnya yang tebal, lancip dan berdaging, yang dapat tumbuh sekitar 30-50 cm. 

 

Setiap daun penuh dengan jaringan berlendir yang menyimpan air, yang membuat daunnya tebal. Jaringan berlendir dan berisi air ini adalah “gel” yang kami asosiasikan dengan produk-produk lidah buaya. Gel lidah buaya ini mengandung sebagian besar senyawa bioaktif dalam tanaman, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kamu.

 

2. Memiliki sifat antioksidan dan antibakteri

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Gel lidah buaya mengandung antioksidan kuat, yang termasuk dalam kelompok besar zat yang dikenal sebagai polifenol. Polifenol ini, bersama dengan beberapa senyawa lain di lidah buaya, dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

 

3. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Lidah buaya paling sering digunakan sebagai obat topikal, digosokkan ke kulit. Ini telah lama dikenal sebagai pengobatan untuk luka, terutama luka bakar, termasuk terbakar sinar matahari. Studi menunjukkan bahwa lidah buaya adalah pengobatan topikal yang efektif untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua. Sebuah tinjauan terhadap 4 studi eksperimental menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar sekitar 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

 

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

 

4. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengurangi penumpukan plak (biofilm bakteri) pada gigi. Dalam sebuah penelitian pembilas mulut terhadap 300 orang sehat,, gel lidah buaya murni dibandingkan dengan chlorhexidine bahan pencuci mulut standar.

 

Setelah 4 hari penggunaan, bilas mulut dari gel lidah buaya ternyata sama efektifnya dengan chlorhexidine dalam mengurangi plak gigi. Lidah buaya melakukan ini dengan membunuh bakteri Streptococcus mutans yang memproduksi plak di mulut, serta ragi Candida albicans.

 

5. Membantu mengobati sariawan

Semua orang tentu pernah mengalami sariawan,, pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan bertahan selama sekitar 7-10 hari. Penelitian telah secara meyakinkan menunjukkan bahwa perawatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Dalam penelitian lain, gel lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan sariawan, tetapi juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya.

 

Ingin mencoba manfaat lidah buaya untuk kesehatan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli lidah buaya berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 

6. Mengurangi sembelit

Lidah buaya sering digunakan untuk mengobati sembelit. Kali ini bukan gelnya, tetapi lateks, yang memberikan manfaat. Lateks adalah residu kuning lengket yang ditemukan tepat di bawah kulit daun lidah buaya. Senyawa utama yang bertanggung jawab untuk efek ini disebut aloin, atau barbaloin, yang memiliki efek pencahar yang mapan, sehingga dapat mengurangi sakit akibat sembelit. 

 

Baca juga: Segudang Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

 

7. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat diabetes tradisional. Dikatakan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan manajemen gula darah. Beberapa penelitian pada penderita diabetes tipe 2 telah menemukan hasil yang menjanjikan dari mengkonsumsi ekstrak lidah buaya. Setidaknya bukti awal menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu manajemen gula darah, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

 

8. Menjaga fungsi hati

Ketika berbicara tentang detoksifikasi, fungsi hati yang sehat adalah kuncinya. Lidah buaya adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati kamu. Itu karena hati berfungsi paling baik ketika tubuh diberi cukup nutrisi dan terhidrasi. Gel lidah buaya sangat ideal untuk hati karena melembabkan dan kaya fitonutrien.

 

Baca juga: Mengenal Virgin Coconut Oil

 

9. Pereda tukak lambung

Minum jus lidah buaya bisa membuat kamu lega ketika serangan mulas. Senyawa yang terkandung dalam jus lidah buaya membantu mengendalikan sekresi asam di perut kamu. Efeknya bahkan telah ditunjukkan untuk memerangi tukak lambung dan mencegahnya membesar.

 

Kini kamu telah memahami 9 manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli lidah buaya berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 

Related Articles

Tidak Hanya Akarnya, Coba Juga 9 Khasiat Daun Ginseng untuk Kesehatan

Sejak dulu akar ginseng telah dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika akar ginseng yang berkualitas biasanya dibaderol...

Jika Rutin Dikonsumsi, Ini 9 Manfaat Terong Lalap yang Bisa Kamu Rasakan

Bila dirunut dari beberapa jenis sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, sepertinya terong menjadi jenis sayur yang menduduki juara...

Cari Tahu 10 Manfaat Chia Seed, Superfood untuk Menangkal Berbagai Penyakit

Seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat pada pola hidup sehat, secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingginya permintaan terhadap...

Post Comment