Written by at December 20, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

9 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Sejak dulu madu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Madu yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak kandungan alami, seperti antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin madu sangat berguna bagi kesehatan, termasuk untuk perempuan yang sedang mengandung. Manfaat madu untuk ibu hamil cukup jarang diketahui, padahal madu berguna untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan saat mengandung.

 

Namun, bagi kamu ibu hamil yang ingin mulai mengonsumsi madu sebaiknya perhatikan juga jumlahnya. Bagi ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi madu secara berlebihan, karena fruktosa yang terkandung di dalam madu dapat berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Takaran yang dianjurkan adalah tiga sampai lima sendok makan madu sehari, atau sama dengan 180 sampai 200 kalori. Supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal, yuk, simak ini 9 manfaat madu untuk ibu hamil yang jarang diketahui.

 

Ini manfaat madu untuk ibu hamil yang jarang diketahui

 

1. Membantu mengurangi rasa mual saat hamil

manfaat madu untuk ibu hamil
Membantu mengurangi rasa mual saat hamil. (Foto: Pixabay)

Pada masa awal kehamilan, ibu pasti sering merasa mual terutama dipagi hari. Kondisi ini biasa disebut sebagai morning sickness. Akibatnya, nafsu makan turun dratis. Padahal sebagai ibu hamil kamu juga perlu menjaga asupan makanan agar janin tetap sehat dan berkembang dengan optimal.

 

Untuk mengatasi morning sickness ini kamu bisa mengonsumsi madu yang dicampur dengan lemon. Kombinasi rasa antara madu dan lemon dapat membantu mengurangi rasa mual saat morning sickness.

 

2. Berguna untuk menguatkan janin

manfaat madu untuk ibu hamil
Madu berguna untuk menguatkan janin. (Foto: Pixabay)

Madu dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin dan nutrisi alami untuk tubuh. Bagi ibu hamil, madu juga dipercaya berguna untuk menguatkan janin di dalam kandungan. Untuk mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil ini kamu bisa mengonsumsinya dengan dicampur air jahe atau sebagai tambahan topping buah potong.

 

3. Mampu memberi tambahan energi untuk ibu hamil

manfaat madu untuk ibu hamil
Mampu memberi tambahan energi untuk ibu hamil. (Foto: Pixabay)

Saat hamil biasanya tubuh mudah lelah dan lemas. Madu adalah sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Nektar yang merupakan bahan utama pembentuk madu terdiri dari sukrosa dan air. Lebah menambahkan enzim yang menciptakan senyawa kimia tambahan dan nilai gizi madu sehingga menjadi karbohidrat.

 

Kandungan ini lah yang membuat madu sangat baik dikonsumsi untuk penambah energi, termasuk pada ibu hamil. Tambahkan satu sedok makan madu pada oatmeal atau smoothie saat sarapan.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Kaya akan gula alami sehingga baik untuk penambah rasa

manfaat madu untuk ibu hamil
Kaya akan gula alami sehingga baik untuk penambah rasa. (Foto: Pixabay)

Mandu mengandung 80% gula alami yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Kandungan tersebut membuat madu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gula pasir biasa. Gula alami pada madu sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hami, makanya sangat pas jika digunakan sebagai penambah rasa pada makanan atau minuman kamu.

 

Kandungan madu murni bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. Madu dapat membantu menurunkan kolesterol LDL “jahat”, trigliserida, dan peradangan. Disamping itu, pemanis alami ini juga dapat meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

 

5. Membantu melembapkan kulit ibu hamil

manfaat madu untuk ibu hamil
Membantu melembapkan kulit ibu hamil. (Foto: Pixabay)

Saat hamil biasanya kulit menjadi cenderung lebih kering dan kusam. Salah satu manfaat madu untuk ibu hamil adalah berguna melembaokan kulit. Selain kaya akan antioksidan dan kandungan nutrisi lainnya, madu juga memiliki kandungan air di dalamnya.

 

Rata-rata madu mengandung 18% air. Beberapa kalangan peternak lebah penghasil madu mengatakan bahwa semakin sedikit kandungan air pada madu, maka akan semakin baik nilai gizinya.

 

Oleh karena itu, selain bermanfaat untuk kesehatan organ dalam tubuh, madu juga berguna untuk kecantikan kulit. Gunakan masker berupa olesan madu untuk menjaga lembapan kulit, serta membuat kulit lebih halus dan lembut selama masa kehamilan.

 

Ingin mengonsumsi madu? Yuk, beli sekarang di Sayurbox! Cari tahu juga empat manfaat madu untuk ibu hamil lainnya di bawah ini.

 

6. Meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh

manfaat madu untuk ibu hamil
Meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh. (Foto: Pixabay)

Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin alami yang dapat membantu metabolisme kolesterol dan asam lemak yang tidak diinginkan pada organ dan jaringan ke dalam sistem tubuh. Oleh karena itu madu sangat baik untuk mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

7. Mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit

manfaat madu untuk ibu hamil
Mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit

Kehamilan biasanya juga mempengaruhi kondisi kulit. Kabar baiknya, pemanis alami ini kaya akan asam fenolik dan flavonoid, yang merupakan sumber antioksidan alami dan bebas dari lemak dan kolesterol.

 

Kandungan antioksidan ini sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini sehingga kulit tetap segar dan sehat selama masa kehamilan.

 

8. Menjaga keseimbangan asupan harian untuk tubuh

manfaat madu untuk ibu hamil
Menjaga keseimbangan asupan harian untuk tubuh. (Foto: Pixabay)

Dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan gula pasir biasa yang dalam satu sendok makan hanyak mengandung 46 kalori. Meskipun begitu, kandungan kalori pada madu didukung juga dengan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh seperti mineral, vitamin, dan antioksidan.

 

Baca juga: Sumber Makanan Penting untuk Gizi Ibu Hamil

 

9. Membuat proses pencernaan lebih lancar

manfaat madu untuk ibu hamil
Membuat proses pencernaan lebih lancar. (Foto: Image Splash)

Kamu pasti belum familiar dengan istilah yang satu ini. Glycemic Index (GI) berarti gula atau pemanis dalam madu dapat secara bertahap diserap ke dalam aliran darah untuk membantu proses pencernaan menjadi lebih baik.

 

Sebaiknya kamu mulai mencoba untuk menghindari makan makanan yang memiliki tingkat glycemic tinggi, karena dapat mendorong pelepasan insulin yang tinggi dalam tubuh.

 

Jadi, apakah kamu ingin mencoba manfaat madu untuk ibu hamil ini?

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment