Written by at September 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Mengenyangkan, ini 10 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah

Kentang adalah umbi-umbian yang dikenal dapat menggantikan nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat, sehingga dapat mengenyangkan tubuh kamu. Namun, walaupun didominasi oleh kandungan karbohidrat, nutrisi lain dalam kentang seperti antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C juga bermanfaat bagi kesehatan wajah. Kamu dapat menggunakan kentang sebagai bahan dasar masker alami kamu. Yuk, cari tahu apa saja 10 manfaat masker kentang untuk wajah di sini.

 

Ini manfaat masker kentang untuk wajah

Manfaat masker kentang
Manfaat masker kentang untuk wajah yang sehat dan segar. (Foto: Pixabay)

1. Masker Kentang bagi Kulit Berminyak

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pasti sering sekali mengalami minyak berlebih pada wajah yang kadang kala menjadi mengganggu. Kamu dapat mengikuti cara pembuatan masker berikut, kupas dan parut kentang halus, lalu tambahkan air mawar atau air beras, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sdt jus lemon dan oleskan ke wajah selama minimal 15 menit.

 

2. Masker Kentang bagi Kulit Kering

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, jaga kulit kamu agar mendapatkan kelembaban yang cukup. Coba manfaat masker kentang dengan kupas dan parut kentang halus, lalu tambahkan air mawar atau air beras, lalu aduk hingga rata. Tambahkan 1 sendok teh madu dan oleskan ke wajah selama minimal 15 menit.

 

3. Masker Anti Penuaan

Kamu dapat mengikuti resep masker kentang berikut, untuk mendapatkan hasil anti-aging. Haluskan kentang dan tambahkan 1 sdm yogurt sehingga kamu memiliki donan masker seperti pasta halus, lalu oleskan ke wajah selama 30 menit. Bilas sampai bersih. Jika rutin, kamu akan mendapatkan kulit kencang dan halus.

 

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

4. Masker Menenangkan Pascaprosedur

Setelah kamu menjalankan prosedur botox, kamu dapat menempatkan potongan kentang dingin di tempat yang bengkak. Ini juga membantu menenangkan kulit yang mengelupas atau luka bakar dan peradangan. Biarkan selama 15 menit; tidak berlaku untuk luka terbuka atau luka yang rentan terhadap infeksi.

 

5. Masker Jerawat dan Komedo

Campurkan 1 putih telur dan jus dari setengah kentang. Oleskan ke kulit dengan kuas. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Manfaat masker kentang yang merupakan kombinasi dari putih telur dan kentang ini sangat baik sebagai solusi untuk mengobati jerawat dan komedo. Putih telur mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh kuman pada kulit. 

 

Ingin mencoba manfaat masker kentang ini? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat masker kentang di Sayurbox!

 

6. Masker Kentang Dan Tepung Beras untuk Pigmentasi

Kentang membantu menghilangkan dan mengurangi noda sementara tepung beras menggosok sel-sel kulit mati, menjadikan kulit wajah bercahaya dan lembut. Jus lemon mengencangkan pori-pori, dan madu menjaga kulit tetap lembab.

 

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker ini adalah 1 sdt jus kentang, 1 sdt tepung beras, 1 sdt jus lemon (opsional), 1 sendok teh madu. Campur semua bahan hingga menjadi pasta kental. Oleskan di wajah dan leher kamu dan biarkan hingga kering. Gunakan air untuk menggosok wajah kering dengan lembut. Bersihkan wajah kamu secara menyeluruh dengan gerakan memutar.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

 

7. Masker Melembabkan

Untuk menjaga agar kulitmu tetap terlembabkan, parut 1 kentang dan campur dengan 2 sdm minyak zaitun, lalu tambahkan 1 sendok madu. Aduk hingga merata, lalu oleskan ke kulit. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Bahan pelembap seperti minyak zaitun dan madu membantu mengisi kulit sementara kentang melawan garis-garis halus dan menambah vitamin dan mineral.

 

8. Masker Wajah Kentang dan Lemon untuk Kulit Glowing

Sekarang banyak orang yang ingin memiliki ulit yang glowing. Jika kamu ingin membuat masker ini, kamu perlu 2 sdt jus kentang, 2 sdt jus lemon, ½ sdt madu (opsional). Campur jus kentang dan lemon. Tambahkan madu ke dalam campuran dan aduk rata.

 

Oleskan ke seluruh wajah dan leher kamu. Biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air. Lemon dan kentang memiliki kualitas zat yang membantu menghilangkan minyak berlebih, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengencangkan kulit. Sedangkan madu menjaga kulit agar tetap lembab.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

 

9. Masker Wajah Kentang Dan Tomat Untuk Jerawat

Jerawat sangat mengganggu bagi sebagian orang, masker kentang dan tomat ini dapat menjadi solusi masalah jerawatmu. Kamu memerlukan 1 sdm jus kentang, 1 sdm jus tomat, 1 sdm madu. Campur jus kentang dan tomat. Tambahkan madu ke dalam campuran dan aduk sampai kamu mendapatkan adonan seperti pasta halus.

 

Oleskan secara merata di wajah kamu, dengan fokus pada area yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit. Tomat dan kentang kaya akan antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dan menjauhkan kuman dan bakteri dari kulit kamu. Juga, sifat asam mereka membuka pori-pori yang tersumbat.

 

10. Membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Kurang tidur dan kelelahan bisa menimbulkan munculnya lingkarang hitam di bawah mata. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan. Untuk membantu mengatasi serta mengurangi warna lingkaran hitam dibawah mata kamu bisa menggunakan kentang. Carannya dengan mengupas kentang mentah lalu iris menjadi potongan yang agak besar. Setelah itu bungkus kentang dengan kain bersih dan tempelkan di area lingkaran mata selama 10 sampai 20 menit lalu bilas hingga bersih.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat masker kentang ini? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat masker kentang di Sayurbox!

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment