Written by at July 14, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih sering dimanfaatkan oleh masyarakat di Eropa Selatan dan Amerika Latin sebagai rempah-rempah untuk taburan sup, casserole, saus, stew, telur, minyak zaitun, dan juga pizza. Dari aromanya, oregano memiliki aroma harum, namun rasanya sedikit pahit dan bisa memberikan efek hangat bagi tubuh. Semakin baik kualitasnya, semakin tajam pula aromanya. Bahkan, bisa membuat lidah orang yang mencicipinya hampir mati rasa. Daun oregano yang sudah dikeringkan ternyata memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan yang masih fresh. Nah, setelah mengetahui sedikit informasi singkat tentang tanaman ini, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Langsung saja, berikut ini adalah 9 manfaat oregano untuk kesehatan.

 

Ini manfaat oregano untuk kesehatan

manfaat oregano
Manfaat Oregano untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Mencegah infeksi bakteri

Meskipun tidak semua bakteri merugikan, namun kebanyakan bakteri justru berakibat buruk bagi tubuh orang yang terinfeksinya. Sifat antibakteri dalam oregano ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah dan menekan terjadinya infeksi tersebut di tubuh mereka. Beberapa infeksi bakteri yang bisa diminimalisir diantaranya tifus dan kolera.

 

2. Sebagai anti-jamur

Selain antibakteri, oregano juga bermanfaat menekan infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Sifat antijamur yang dikandunganya terbukti ampuh mengobati beberapa masalah yang diakibatkan jamur, seperti candidiasis dan jamur kuku.

 

3. Meredakan infeksi pernapasan

Selain bakteri dan jamur, gangguan infeksi pernapasan juga bisa diredakan oleh tumbuhan ini. Gangguan seperti batuk dan bronkitis yang kerap membuat penderitanya sulit bernafas dan menimbulkan rasa tidak nyaman, ternyata bisa diredakan dengan mengonsumsi tanaman ini.

 

Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, oregano yang telah diekstrak menjadi minyak juga terbukti ampuh dalam meringankan infeksi sinus. Kadar carvacrol yang tinggi dalam tanaman ini juga mampu meringankan masalah hidung yang tersumbat karena flu.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

4. Sebagai anti-alergi

Alergi bisa muncul karena berbagai hal. Terkadang, setiap orang memiliki alergi yang tidak selalu sama. Bahkan, beberapa orang banyak yang tidak menyadari jika ia memiliki alergi terhadap sesuatu.

 

Nah, jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa lho memanfaatkan oregano sebagai antialergi alami. Sifat antialergi pada tanaman ini diyakini bisa meringankan dan meredakan reaksi alergi seperti bengkak, ruam merah, hingga bersin-bersin.

 

5. Sebagai anti-inflamasi

Beta caryophyllene merupakan salah satu kandungan yang memiliki sifat antiinflamasi. Tidak hanya meringankan rasa nyeri, sifat inflamasi ini juga mampu meredakan masalah peradangan di area otot dan sendi.

 

Ingin mencoba manfaat oregano untuk kesehatan ini? Kamu bisa membeli oregano berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat oregano

 

6. Sebagai anti-parasit

Diibaratkan sebagai sebuah wadah, tubuh manusia bisa dibilang sarang dan tinggal dari berbagai macam parasit. Kebanyakan parasit bisa sangat merugikan tubuh si pemiliknya. Bahkan, diantaranya bisa membuat orang tersebut mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

 

Salah satu manfaat unik oregano yaitu sebagai antiparasit. Sifat ini berfungsi memberi perlindungan khusus pada tubuh akibat gangguan parasit-parasit yang merugikan. Sifat ini bekerja dengan menekan pertumbuhan dan risiko buruk yang diakibatkan oleh parasit tersebut.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

7. Mencegah risiko terjadinya kanker

Penyakit mematikan ini bisa terjadi karena berbagai hal. Tidak hanya karena polusi, kebiasaan dan hal buruk lainnya seperti gaya hidup, jarang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan tidak sehat juga bisa menjadi pemicunya. Kandungan carvacrol pada oregano juga bermanfaat dalam membatasi pertumbuhan dan perkembangan sel kanker itu sendiri. Beberapa risiko kanker yang bisa ditekan antara lain, kanker kolorektal, kanker otak, dan kanker payudara.

 

8. Melancarkan sistem pencernaan

Masalah pencernaan memang kerap dianggap sepele. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak menangani masalah ini secara serius dan segera. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kamu bisa juga lho memanfaatkan daun oregano. Tanaman ini baik dikonsumsi karena mampu meningkatkan sekresi cairan pada pencernaan. Di sisi lain, kandungan carvacrol juga baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Selain itu, kandungan lain yang dimiliki oleh daun oregano seperti carvacrol dan timol juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan mencegah penimbunan jaringan lemak dan menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Meski begitu, bukti uji klinis lanjutan masih harus dilakukan.

 

9. Membantu melanjarkan menstruasi

Siklus dan aliran menstruasi yang terganggu memang menjadi masalah tersendiri bagi kaum hawa. Ternyata, kamu bisa lho memanfaatkan oregano sebagai emmenagogue. Tidak hanya menstimulasi aliran menstruasi agar lebih lancar, rasa nyeri saat menstruasi pun bisa diminimalisir. Maka, tidak heran banyak produk kesehatan khusus wanita yang dibuat dari tanaman ini.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

Itulah sembilan manfaat oregano untuk kesehatan. Pada dasarnya, tanaman ini memang kerap dimanfaatkan sebagai rempah dan taburan pada beberapa makanan. Namun, untuk kamu yang ingin memanfaatkannya khusus untuk tujuan kesehatan, kini banyak kok produk minyak oregano yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih praktis, dehJika kamu tertarik untuk mengonsumsi tanaman rempah yang satu ini, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat oregano

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment