Written by at September 14, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Jika Rutin Dikonsumsi, Ini 11 Manfaat Terong Lalap yang Bisa Kamu Rasakan

Bila dirunut dari beberapa jenis sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, sepertinya terong menjadi jenis sayur yang menduduki juara pertama. Terong merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki rasa yang lezat. Karena tekstur dagingnya yang unik membuat terong mudah diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan bergizi. Sebenarnya ada berbagai macam terong yang terkenal di Indonesia antara lain terong hijau, terong ungu, terong putih, terong telunjuk, terong belanda, terong bulat, dan leunca. Dari sekian banyak jenis terong, yang menjadi terong favorit dan sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah terong ungu dan terong hijau atau terong lalap. Tidak hanya enak, manfaat terong lalap pun sangat banyak untuk kesehatan.

Meski banyak yang mengenal terong sebagai sebuah jenis sayur, tetapi kenyataannya ia merupakan jenis dari buah-buahan. Hanya saja di Indonesia, terong justru dihidangkan dengan makanan yang pokok seperti nasi dan ikan, sehingga terong lebih dikenal sebagai jenis sayur dibandingkan buah. Terong merupakan buah yang kaya akan nutrisi karena terong memiliki kandungan glikemik dan kalori yang rendah serta kandungan lemak yang sangat rendah. Ditambah lagi, kadar air yang terkandung dalam terong justru sangat tinggi dan sehingga terong kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam terong antara lain vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin K, kalsium,  zat besi, kalium, sodium, fosfor, mangan, dan zinc. Yang menarik lagi, kulit terong juga mengandung pigmen antosianin yang merupakan jenis antioksidan. Jadi tidak heran bila terong menjadi bahan makanan yang sering dipakai, misalnya untuk diolah menjadi berbagai hidangan makanan. Salah satu hidangan makanan hasil olahan dari terong yang populer adalah terong lalap. Bagaimana ya bila kandungan terbaik di dalam terong diolah menjadi terong lalap yang super enak? Yuk, simak ini 11 manfaat terong lalap yang bisa kamu rasakan.

Ini manfaat terong lalap yang bisa kamu rasakan

 manfaat terong lalap untuk kesehatan
Manfaat Terong Lalap untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Shopify)

1. Terong lalap dapat mengendalikan kadar gula darah

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Arsip Sayurbox

 Manfaat terong lalap yang utama sebenarnya terletak pada terongnya. Oleh sebab itu, kita akan fokus untuk menjelaskan mengapa terong sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terong merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan polifenol yaitu antioksidan yang dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa dan jenis gula lainnya. Selain itu, polifenol ini juga berfungsi meningkatkan sekresi insulin yang menyebabkan kadar gula darah dapat terkendali dengan baik.

2. Terong dapat membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Pixabay

Banyak orang mulai berhati-hati memilih makanan sebab takut menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi meningkat. Kabar baiknya, terong lalap merupakan salah satu makanan yang tetap bisa kamu makan tanpa perlu khawatir kolesterol. Pada dasarnya kolesterol di dalam tubuh meningkat adalah akibat dari tinggi kadar gula darah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat terong lalap dapat membantu mengendalikan kadar gula darah berkat adanya polifenol, sehingga jelas bahwa terong juga bisa mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Kemampuan terong dalam mengendalikan kadar gula ternyata juga memiliki efek ganda yaitu untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Terong lalap aman bagi kesehatan jantung

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Pixabay

Agar dapat menjaga kesehatan jantung, maka perlu menjaga tingkat kolesterol LDI dan trigliserida dalam darah. Hal ini untuk mencegah adanya pembentukan plak yang bisa menyumbat aliran darah. Berkat adanya antioksidan di dalam buah terong, menyebabkan terong dapat diandalkan untuk memelihara kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan risiko serangan jantung.

Baca juga: Perbedaan Terong Belanda dan Terong Ungu

4. Terong dipercaya dapat mencegah kanker

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Leaf TV

Salah satu jenis terong yang populer adalah terong ungu. Terong ungu dipercaya dapat digunakan untuk mencegah kanker karena mengandung zat bernama solasodine rhamnosyl glycoside yang dapat memicu kematian sel kanker sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker baru. Solasodine rhamnosyl glycoside juga disebut-sebut bisa digunakan untuk melawan kanker kulit bila digunakan secara optimal.

5. Nutrisi terong berguna untuk otak

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Blog Fatfreevegan

Terong selain mengandung antioksidan polifenol yang berguna untuk mengendalikan kadar gula dan kolesterol, juga mengandung antosianin dan nasunin yang dapat menangkal radikal bebas. Kedua zat yang terkandung di dalam terong ini juga dapat melindung lipid yang terdapat pada membran sel otak. Menurut para ahli, antosianin juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke otak sehingga dapat mengoptimalkan fungsi otak. Kalau begitu dengan rutin mengonsumsi terong lalap akan membantu mencegah penurunan kemampuan kognitif otak ya teman-teman.

Ingin mencoba manfaat terong lalap? Yuk, beli terong lalap segar di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

6. Terong lalap cocok untuk membantu diet

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Blog cookandbemerry

Banyak orang kesulitan untuk menurunkan berat badan meski telah berusaha dengan segala macam cara. Tapi kalau kamu ingin mencoba cara yang tidak biasa, maka cobalah untuk mengonsumsi terong sebagai makanan sehari-harimu. Selain irit di kantong, terong juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga rendah kalori sehingga ideal untuk dijadikan sebagai bahan makanan wajib dalam menu diet.

Baca juga: 10 Resep Olahan Terong Ungu yang Nikmat untuk Keluarga

7. Manfaat terong lalap baik untuk kesehatan kulit

manfaat terong hijau
Sumber Foto: puriegarden.com

Bila ingin kulit yang sehat dan terawat, maka terong menjadi salah satu bahan makanan yang bisa dicoba. Manfaat terong lalap mengandung antioksidan sehingga membantu unuk menutrisi kulit sekaligus menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi terong secara rutin juga dapat mencegah kulit kering dan mencerahkan warna kulit. Agar mendapatkan hasil optimal, terong juga bisa dikonsumsi dengan dipakai sebagai bahan masker wajah untuk bisa mengurangi bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

8. Terong hijau dapat mencegah osteoporosis

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Arsip Sayurbox

Meski tak banyak yang tahu, manfaat terong lalap dapat digunakan untuk mencegah osteoporosis. Penyakit tulang yang umumnya menyerang wanita lanjut usia ini, selain dapat tidak dapat diprediksi juga membuat kinerja tubuh menjadi sangat terbatas. Karena itu, untuk mengurangi nyeri tulang akibat osteoporosis bisa dengan mengonsumsi terong hijau secara berkala dan rutin.

Baca juga: Cara Mengkonsumsi Terong Belanda

9. Terong hijau membantu mengendalikan asam lambung

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Arsip Sayurbox

Penyakit asam lambung biasa menyerang orang-orang yang memiliki jadwal makan yang tidak rutin. Hal ini dapat memicu peningkatan asam lambung, sehingga terasa nyeri perih di perut sebelah kiri. Meski demikian, penyakit asam lambung ini dapat dikendalikan juga dengan mengonsumsi terong secara rutin. Tapi tentu saja, harus diimbangi dengan mengatur pola makan yang sehat dan rutin juga.

10. Terong hijau dapat menurunkan resiko kebutaan

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Arsip Sayurbox

Salah satu antioksidan yang terdapat pada terong hijau adalah Lutein. Lutein dipercaya baik untuk menjaga kesehatan mata, selain itu juga dapat mencegah penyakit yang terjaid saat usia tua yaitu degenerasi makular, dimana degenerasi ini dapat menyebabkan kehilangan fungsi penglihatan.

11. Terong hijau juga dapat mencegah anemia

manfaat terong hijau
Sumber Foto: Arsip Sayurbox

Kandungan yang tinggi pada terong hijau yaitu zat besi. Zat besi yang cukup pada tubuh baik untuk fungsi sel darah merah dalam membantu tubuh beraktifitas. Kekurangan zat besi, menyebabkan sel darah merah kurang diproduksi dan dapat menyebabkan anemia.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat dari terong lalap ini? Yuk, ambil langkah hidup sehatmu dengan pesan terong dan sayuran kesukaanmu di Sayurbox sekarang juga!

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment