Written by at February 29, 2020
Tips & Trik

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 9 Perbedaan Alpukat Mentega dengan Alpukat Biasa

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah sebab iklimnya yang tropis. Hal ini membuat ada banyak sekali ragam rempah, sayur, hingga buah-buahan. Salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia ialah buah alpukat. Buah yang satu ini dikenal kaya manfaat sehingga kerap digunakan sebagai bahan makanan dan minuman hingga menjadi berbagai olahan produk. Dari sekian banyak jenis buah alpukat, yang paling banyak diburu adalah jenis alpukat mentega. Ini merupakan sesuatu yang cukup beralasan mengingat meskipun nampak serupa dengan alpukat jenis lainnya dari luar, alpukat mentega memiliki keistimewaan dari segi rasa, daging buah, serta kualitasnya. Tertarik untuk mengetahui apa saja perbedaan kedua jenis alpukat ini? Yuk, simak ini perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa.

 

Ini perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa

perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa
Perbedaan Alpukat Mentega dengan Alpukat Biasa yang Perlu Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Daging buah

Pada alpukat mentega, daging buahnya mempunyai ukuran yang tebal. Jauh lebih tebal bila dibandingkan dengan jenis alpukat yang biasanya dijual di pasaran. Ini membuat alpukat mentega menjadi favorit banyak orang, sebab siapa yang tak suka makan alpukat dengan daging buah tebal dan padat berisi?

 

2. Tekstur daging buah

Selain ketebalan, perbedaan yang signifikan pada alpukat mentega dengan jenis alpukat lainnya nampak pada tekstur daging buah. Sesuai namanya, alpukat mentega memiliki tekstur daging buah yang lebih lembut dibanding alpukat biasa. Hal ini yang menjadikan alpukat mentega sangat lezat dikonsumsi, tidak membuat cepat eneg meski daging buahnya relatif tebal.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

3. Rasa

Dari segi rasa, alpukat mentega memiliki rasa yang cukup khas. Lebih manis dibanding alpukat biasa, namun terdapat sedikit citarasa gurih sehingga akan membuat siapapun yang mengonsumsinya jadi ketagihan. Rasanya yang lezat ini membuat alpukat mentega lebih sering dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus saja.

 

4. Warna

Bila sudah benar-benar matang, warna kulit buah alpukat mentega akan berubah dari warna hijau menjadi kecoklatan. Hal ini sedikit berbeda dengan jenis alpukat lain yang bisa saja kematangannya tidak diindikasikan dengan perubahan warna. Artinya, meskipun warna kulitnya masih hijau, namun ada kemungkinan buah tersebut sebenarnya sudah matang.

 

5. Tekstur kulit luar

Tekstur kulit luar alpukat pada umumnya sedikit kasar. Namun alpukat mentega adalah pengecualian khusus sebab tekstur kulit yang dimiliki cenderung lebih halus serta lembut.

 

Sudah tahu perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa? Jadi kamu pilih jenis yang mana? Yuk, beli alpukat mentega dan alpukat biasa yang berkualitas di Sayurbox!

 

perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa

 

6. Kondisi buah

Daging tebal yang dimiliki oleh alpukat mentega ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi, melainkan juga membawa keuntungan lain. Daging alpukat mentega yang tebal ini membuatnya tak mudah busuk bila dibanding alpukat jenis lain. Hal ini dikarenakan tekstur dagingnya lebih solid dan tidak berair.

 

7. Proses penanaman

Jenis alpukat mentega cenderung lebih mudah ditanam dimana saja bila dibandingkan dengan alpukat biasa. Hal ini karena alpukat mentega dapat tumbuh dengan baik di tekstur tanah apapun. Kamu juga bisa menanamnya sendiri di halaman rumah, lho!

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

8. Periode panen

Berbeda dengan pohon alpukat lain, pohon alpukat mentega mengandung enzim antiprotease. Enzim ini membuat ulat dan hama lain tidak menyukai pohon alpukat mentega. Sehingga, tingkat keberhasilan memanen alpukat mentega lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Pohon alpukat mentega mampu berbuah lebih cepat dalam 3-4 tahun setelah ditanam berkat keistimewaannya ini.

 

Proses berbuah yang lebih cepat ini tentu sejalan dengan proses panen yang lebih mudah. Alpukat mentega dapat berbuah sepanjang tahun, bahkan dapat dipanen hingga dua kali dalam setahun. Jadi, tak perlu khawatir bila kamu menggemari jenis alpukat mentega ini, sebab saat ini banyak orang yang menanamnya dibanding jenis alpukat biasa karena dinilai lebih menguntungkan.

 

9. Harga

Dengan segala keunggulan yang disebutkan, tentu merupakan hal yang wajar bila harga alpukat mentega berbeda dengan alpukat jenis lainnya. Ya, harga alpukat mentega memang lebih mahal dibanding alpukat pada umumnya. Namun begitu, jenis alpukat ini tetap laku keras di pasaran dan makin banyak diburu orang. Meski harganya lebih mahal, namun kualitas buah yang lebih baik dari berbagai segi, mulai ukuran hingga rasa, membuat banyak orang tak merasa rugi merogoh kocek lebih demi membeli alpukat mentega ini.

 

Baca juga: 8 Alasan Alpukat untuk Diet Sehat dan Seimbang bagi Tubuh

 

Setelah mengetahui perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa, jadi kamu pilih jenis yang mana? Yuk, beli alpukat mentega dan alpukat biasa yang berkualitas di Sayurbox!

 

Perbedaan Alpukat Mentega

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...