Written by at March 28, 2020
Tips & Trik

Bantu Jaga Kesehatan, Ini 9 Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Salah satu kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang nantinya akan berdampak pada munculnya beberapa jenis penyakit dalam tubuh. Asupan vitamin C ke dalam tubuh bisa melalui konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Misalnya saja sayuran. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kamu bisa memasukkan sayuran ke dalam menu makanan kamu sehari-hari. Demi membantu menjaga kesehatan tubuh, inilah sembilan sayuran yang mengandung vitamin C untuk kebutuhan gizimu.

 

Ini sayuran yang mengandung vitamin C

sayuran yang mengandung vitamin c
Sayuran yang Mengandung Vitamin C untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Kubis

Kubis mengandung fitonutrien, serat pencegah kanker, serta 92,6 mg vitamin C. Banyak orang tidak menyukai kubis karena rasanya yang sedikit pahit, padahal kubis dapat membantu menjaga kesehatan tubuh karena dalam 100 gram kubis mengandung 92,6 mg vitamin C. Mengonsumsi kubis setiap hari pun dapat mencukupi kebutuhan serat sekitar 5 gram, 50 kalori, dan 3,76 gram protein.

 

2. Brokoli

Selain kubis, brokoli juga mengandung 49 mg vitamin C dan serat yang memiliki sifat pencegah kanker. Dalam 100 gram brokoli ditemukan 49 mg vitamin C, 3 gram serat, 23 kalori, dan 1,76 gram protein. Selain itu, vitamin C dalam brokoli juga sangat baik untuk mencegah kanker dan sebagai antioksidan dalam tubuh.

 

3. Kembang kol

Kembang kol juga menyediakan 26 mg vitamin C. Selain rasanya yang nikmat dan renyah, kembang kol juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Dalam 100 gram kembang kol mengandung 26 mg vitamin C, 2 gram serat, 12 kalori, serta 1,23 gram protein. Vitamin C dalam kembang kol sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh, serta melawan serangan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Sebagai sayuran, kembang kol juga dapat membantu melancarkan pencernaan, menetralkan zat asam, dan melancarkan buang air besar.

 

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

 

4. Labu kuning

Labu kuning memiliki tekstur yang lembut dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Dalam 100 gram labu kuning terdapat 23 mg vitamin C. Selain itu, labu kuning juga mengandung 2,1 gram serat, 23 kalori, dan 1,23 gram protein. Kandungan vitamin C dalam labu kuning juga berperan untuk melawan radikal bebas, mencegah risiko kanker, dan mengurangi efek penuaan dini.

 

5. Paprika hijau

Secangkir paprika hijau cincang memiliki kandungan vitamin C sekitar 120 mg. Selain itu, paprika hijau juga merupakan sumber serat. Paprika hijau sering dijadikan sebagai campuran salad atau bumbu masakan. Dalam 50 gram paprika hijau ditemukan sekitar 56,5 mg vitamin C, 1,6 gram serat, 13 kalori, dan 0,52 protein.

 

Ingin membeli sayuran yang mengandung vitamin C? Kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cek produknya sekarang dan mulai mengonsumsi sayuran setiap hari!

 

sayuran yang mengandung vitamin C

 

6. Cabai merah dan cabai hijau

Setengah cangkir cabai merah cincang mengandung 107,8 mg vitamin C. Sedangkan dalam 80 gram cabai merah terkandung sekitar 100 mg vitamin C. Selain itu, cabai merah juga mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang membuat cabai pedas, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot.

 

Selain cabai merah, cabai hijau juga merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram cabai hijau terkandung 120 mg vitamin C. Vitamin C dalam cabai merah dan cabai hijau juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

 

7. Bayam

Dalam semangkuk bayam (sekitar 30 gram) terkandung 8,5 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dalam bayam tidak boleh diremehkan, sebab selain mengandung vitamin C, sayur bayam juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin K, kalium, folat, dan zat besi. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan bayam sebagai sayuran yang layak untuk dikonsumsi rutin setiap harinya.

 

8. Paprika merah

Secangkir paprika merah cincang mengandung vitamin C hampir tiga kali lebih banyak daripada jeruk, yaitu 190 mg. Selain itu, paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan mata.

 

9. Kangkung

Secangkir kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C. Selain itu, nutrisi penting lainnya dalam kangkung juga memberikan dosis mineral dan asam lemak yang cukup besar sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

 

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

 

Nah, itulah sembilan sayuran yang mengandung vitamin C untuk kebutuhan gizimu. Berbagai manfaat vitamin C bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C cukup tinggi.

 

Untuk mencegah kekurangan vitamin C, pastikan juga kamu telah rutin mengonsumsi sayur-sayuran yang mengandung vitamin C dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan harian yang direkomendasikan. Jika kamu ingin membeli sayuran-sayuran yang mengandung vitamin C di atas, kamu bisa membelinya secara online di Sayurbox. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cek produknya sekarang dan mulai mengonsumsi sayuran setiap hari!

 

sayuran yang mengandung vitamin C

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment