Written by at July 26, 2022
Tips & Trik

9 Tips Hemat Belanja Bulanan, Biar Gak Minus di Akhir Bulan

Siapa nih di antara Sayurfriends yang selalu harus mengeluarkan bujet tambahan saat belanja bulanan? Kelihatannya sih gampang, tapi ternyata untuk bisa hemat saat belanja bulanan tersebut buat cara dan kiat khusus. Nah, agar gak kebablasan lagi bulan berikutnya, yuk simak berikut ini deretan tips hemat belanja bulanan. Belanja jadi efektif dan bujet pun gak bakal minus.

tips hemat belanja bulanan

1. Buat Daftar Barang Belanjaan

Hilangkan kebiasaan belanja dengan hanya mengandalkan ingatan saja saat membeli barangnya. Selain bisa membuat Sayurfriends lupa dengan barang apa yang harusnya dibeli, kebiasaan ini juga bakal bisa berakhir dengan membengkaknya bujet belanja bulanan, karena Sayurfriends membeli barang yang sebetulnya tak dibutuhkan. Solusinya, buatlah daftar barang belanjaan.

Catat barang kebutuhan apa saja yang perlu untuk dibeli. Urutkan barang tersebut dari sesuai dengan skala prioritasnya. Saat belanja bulanan nanti, dahulukan membeli barang yang paling diprioritaskan, agar jika sekiranya bujet tak cukup, barang yang paling dibutuhkan sudah dibeli. Adanya daftar ini akan menghindarkan Sayurfriends dari kebiasaan membeli barang karena lapar mata.

2. Beli Bahan Makanan di Sayurbox dengan Memanfaatkan Promo

Jika ingin hemat dalam membeli kebutuhan bulanan, belilah di Sayurbox. Tak hanya bisa membeli bahan makanan atau bahan pangan dengan harga yang terjangkau, namun Sayurfriends juga bisa membeli bahan makanan yang segar. Belanja bahan makanan di Sayurbox juga banyak sekali promo dan diskon. Contohnya sekarang lagi ada 50% produk Uniliver ada promo diskon pembelian minyak goreng dan banyak lainnya. Cek promo Sayurbox sekarang juga!

3. Manfaatkan Aneka Promo

Biasanya nih, swalayan, minimarket, atau supermarket sering menawarkan promo bagi para pembelinya. Promonya ini beraneka ragam, ada promo berupa diskon atau potongan harga, promo buy 1 get 1, dan aneka promo lainnya. Nah, promo yang ditawarkan oleh tempat belanja ini, bisa Sayurfriends manfaatkan untuk menghemat bujet belanja bulanan.

Pun begitu, Sayurfriends jangan sampai tergoda promo, sehingga membeli barang yang tak ada di daftar belanjaan. Teliti pula sebelum membeli barang promo, karena tak sedikit yang jika ditelisik lebih jauh, malah membuat Sayurfriends membelinya dalam jumlah banyak dengan embel-embel buy 1 get 1, padahal jika dirinci harga per item-nya malah tak begitu jauh beda.

4. Beli Barang secara Online 

Belanja bulanan tak selalu harus di swalayan, pasar tradisional, atau supermarket, Sayurfriends bisa melakukannya secara online. Biasanya, toko online ini juga menawarkan promo menarik bagi pembelinya, seperti potongan harga hingga cashback. Dengan begini, bujet belanja bulanan pun jadi bisa dihemat.

Selain itu, pembelian barang secara online juga akan menghemat pengeluaran Sayurfriends untuk keperluan transportasi belanja bulanan. Apalagi mengingat ada toko atau platform belanja yang memberikan potongan ongkos kirim, sehingga ongkos pengiriman barang hanya sedikit atau bahkan gratis sepenuhnya. Jadi, Sayurfriends hanya perlu membayar total belanjaan saja.

5. Bayar Belanjaan dengan E-Wallet 

Dewasa ini, sudah banyak tempat belanja bulanan yang menerima pembayaran dengan e-wallet. Jika sekiranya e-wallet yang Sayurfriends pakai menawarkan promo seperti potongan harga, cashback, dan lainnya saat digunakan untuk melakukan pembayaran, gak ada salahnya dong memanfaatkan keuntungan tersebut.

Melakukan pembayaran dengan e-wallet juga akan lebih mempermudah Sayurfriends yang malas untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, intip dulu promo belanja yang dihadirkannya, lalu isi ulang saldo e-wallet yang Sayurfriends miliki. Meskipun cashback yang diberikan gak terlalu banyak, tetap saja bakal bisa membuat Sayurfriends jadi lebih hemat.

Baca juga: 10 Tips Belanja Bulanan Hemat, Kantong Jadi Gak Ambyar!

6. Belanja dengan Member Card 

Biasanya, tempat belanja seperti swalayan dan supermarket menawarkan member card pada para pelanggannya. Dengan adanya member card ini, ada beberapa keuntungan khusus yang akan didapatkan oleh pelanggan saat belanja di tempat tersebut. Pelanggan yang terdaftar sebagai anggota bisa memperoleh penawaran seperti harga khusus yang lebih murah untuk barang yang dibelinya.

7. Tukarkan Loyalty Point

Sejalan dengan member card atau kartu keanggotaan yang dimiliki oleh pelanggan di tempat belanja, biasanya akan diberikan poin saat melakukan pembelian. Poin yang disebut dengan loyalty point ini, bisa ditukarkan untuk produk tertentu, sesuai dengan jumlah poin yang dimiliki. Semakin banyak poin, maka biasanya bisa ditukarkan dengan barang yang harganya besar pula.

Tips hemat belanja bulanan satu ini sangat cocok bagi Sayurfriends yang memang betah belanja di satu tempat yang sama. Jumlah poin yang diperoleh untuk setiap belanja, biasanya disesuaikan dengan berapa banyak total belanja yang harus dibayar. Bahkan, di beberapa tempat perbelanjaan, pelanggannya bisa memperoleh hadiah yang mewah dari poin yang berhasil dikumpulkannya.

8. Tukarkan Kupon atau Voucher Belanja

Jangan sia-siakan kupon atau voucher belanja yang Sayurfriends miliki. Manfaatkan sebaik mungkin kupon atau voucher belanja tersebut sebelum masa berlakunya habis. Kupon atau voucher belanja ini biasanya didapatkan di majalah atau koran, serta ada juga yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan potongan harga yang diberikan.

9. Bawa Uang Secukupnya

Jika Sayurfriends terbiasa belanja dengan menggunakan uang tunai atau cash, bawalah uang secukupnya saja saat belanja bulanan. Cara ini bisa menghindarkan Sayurfriends dari keinginan belanja barang di luar daftar belanjaan, karena merasa masih banyak uang yang tersisa. Cukup lebihkan sedikit dari bujet, untuk mengantisipasi naiknya harga barang belanjaan.

Itulah tadi 9 tips hemat belanja bulanan yang bisa Sayurfriends aplikasikan. Belanja bulanan merupakan salah satu sumber pengeluaran yang jika tidak dikelola dengan baik, bisa membuatnya menjadi sumber pengeluaran terbesar dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, alokasikan bujet dengan bijak saat belanja bulanan tersebut.

Related Articles

7 Makanan Tradisional Berbahan Ayam Khas Nusantara, Rasanya Maknyus Abis!

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi sajian lezat khas banyak daerah di tanah air. Meskipun...

12 Kuliner Indonesia Khas Hari Kemerdekaan, Ada yang Warnanya Kayak Bendera

Gak kerasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan datang menjelang. Selain dengan upacara dan berbagai macam perlombaaan, aneka kuliner...

8 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Yakin Masih Mau Memakannya?

Cabai identik dengan rasanya yang pedas. Cabai khas tanah air sendiri diketahui memiliki cita rasa yang cukup pedas, seperti cabai Jawa dan...