Written by at January 14, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo?

Jeruk pamelo atau lebih dikenal dengan jeruk bali, padahal bukan berasal dari bali. Banyak fansnya karena ukurannya yang besar dan rasa yang cenderung manis serta bulir jeruk besar bikin seger. Penasaran ngga apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo atau jeruk bali?

Jeruk Pamelo atau dengan nama latin Citrus grandis atau Citrus Maxima ini lebih dikenal di Indonesia dengan nama jeruk bali. Padahal, jeruk ini bukan berasal dari bali loh. Oleh Departemen Pertanian, nama yang disarankan adalah Jeruk pamelo karena memang tidak ada sangkut pautnya dengan daerah Bali.

Jeruk pamelo berasal dari keluarga Rutaceae dan merupakan salah satu jeruk terbesar. Paling lazim di Asia dan Asia tenggara, tapi pertama kali dibawa oleh salah satu kapten perusahaan di India Timur. Sekarang sih, Jeruk pamelo udah ramai dibudidaya di Indonesia dan sekarang lagi rame-ramenya di pasar loh.

manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo
Source : Pexels

Nah, apa sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo ini saking banyak digandrungi orang-orang.

Jeruk pamelo tinggi akan kandungan vitamin C, Potassium dan juga Serat. Selain itu ada juga kandungan pektin yang dapat berguna dalam pembuatan selai sampai produk kosmetik.

Manfaat jeruk pamelo untuk tubuh sendiri antara lain :

Mencegah Kanker

Di dalam jeruk pamelo terdapat kalium yang dapat membantu tubuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker maupun menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi Jeruk Pamelo. Kandungan pektin dalam jeruk bali lah yang dapat menurunkan kolesterol jahat ini.

Membersihkan Sel Darah Merah

Ada zat aktif di dalam jeruk pamelo yang cukup baik dan efektif untuk membersihkan sel darah merah. Zat aktif tersebut juga dapat meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh.

Bahkan, jeruk pamelo juga dapat diolah menjadi masker wajah loh. Tinggal didiamin aja jeruk pamelo yang sudah di blender di wajah 10-15 menit.

Mau nyobain jeruk pamelo?

Related Articles

Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

Diet Keto saat ini cukup populer, banyak yang menyarankan melakukan diet keto karena untuk beberapa orang terbukti dapat menurunkan berat...

Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

Kenapa ya alpukat populer banget? Banyak orang mengenalkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi alpukat. Tapi tau ngga alpukat memang...

Makanan Yang Berkhasiat untuk Anti-Aging

Wanita maupun Pria pasti menghadapi penuaan deh, tapi jangan sampai masih diumur 30an udah terlihat tanda-tanda penuaannya. Keriput pasti...

Post Comment