Written by at June 09, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu Apa itu Asam Kranji dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Buah asam kranji atau asam keranji kini memang tidak sepopuler asam jawa yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, pada tahun 90-an asam kranji cukup populer dan banyak digemari sebagai cemilan, lho. Buah ini berukuran kecil seperti anggur namun berbentuk agak pipih. Kulit permukaan luar atau cangkangnya cukup keras tetapi agak rapuh. Sedangkan daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan sedikit berbulu halus seperti beludru, maka tak heran jika dalam bahasa Inggris buah asam kranji ini disebut sebagai velvet tamarind.

 

Buah ini memiliki rasa asam dan manis yang nikmat. Pohon buah ini banyak tumbuh alami di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri pohon asam kranji banyak tumbuh di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Selain rasanya yang enak untuk camilan, asam kranji ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah dengan cangkang berwarna hitam dan dagingnya yang berwarna oranye ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan buah asam kranji antara lain adalah vitamin C, kalium, anti oksidan, metil salisilat, geraniol, dan lainnya. Ingin tahu lebih jauh tentang manfaat buah berukuran mungil ini? Yuk, cari tahu 7 manfaat asam kranji di bawah ini.

 

Ini manfaat asam kranji

manfaat asam kranji
Asam kranji dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Baik untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah

Asam kranji adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi sariwan, gusi berdarah, bibir pecah-pecah, hingga tenggorokan kering. Jika sudah mulai mengalami gejala sariawan kamu bisa mulai mengonsumsi buah ini. Jangan lupa untuk diimbangi juga dengan banyak minum air putih agar tubuhmu tidak dehidrasi dan masalah sariawan segera teratasi.

 

2. Mengobati diare dan masalah pencernaan

Diare dan masalah penceraan lainnya tentu membuat tubuh terasa lemas dan tidak nyaman. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan karena dapat membuat tubuhmu kekurangan cairan. Rasa asam pada buah ini tenyata juga berfungsi untuk mengobati diare dan beberapa masalah pencernaan lainnya. Kamu bisa coba mengonsumsi buah ini untuk mengatasi diare serta mencegah berbagai masalah pencernaan lain.

 

3. Membantu mencegah dan mengobati kolestrol

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Pasalnya kolestrol dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit lain, seperti jantung salah satunya. Mengonsumsi asam kranji ternyata baik untuk membantu mencegah dan mengobati kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat serta mulai menghindari makanan berlemak, kamu juga bisa rutin mengonsumsi buah ini untuk mencegah kolesterol.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

4. Dapat mengurangi rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh

Sering merasa nyeri pada bagian tubuh tertentu? Untuk mengatasinya coba mengonsumsi buah bercangkang keras ini. Kandungan metil salisilat dan geraniol pada buah ini berkhasiat untuk meredakan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Terutama jika rasa nyeri yang kamu rasakan sudah berlebih, kamu bisa coba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi buah yang memiliki rasa asam dan manis ini.

 

5. Membantu mencegah anemia

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah ini juga mengandung zat besi. Kandungan ini tentu sangat baik bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Mengonsumsi asam kranji dapat membantu mencegah anemia. Kandungan zat besi pada buah ini berguna untuk meningkatkan produksi dara merah di dalam tubuh.

 

Ingin mencoba manfaat buah ini? Kamu bisa membelinya dari Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

asam kranji

 

6. Meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatasi diabetes

Selain kolesterol, diabetes juga menjadi salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Manfaat ini salah satunya adalah mampu membantu menurunkan gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini sangat disarankan untuk membantu mencegah penyakit diabetes.

 

Baca juga: Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

 

7. Mencegah hipertensi pada ibu hamil

Salah satu masalah kesehatan yang berbahaya bagi ibu hamil adalah hipertensi. Untuk mencegahnya kamu bisa coba mengonsumsi asam kranji. Kandungan kalium pada buah ini mampu mencegah hipertensi karena berguna untuk mengendalikan detak jantung. Tidak hanya itu, daun asam kranji juga bersifat diuretik atau meningkatkan produksi urin. Oleh karena itu memudahkan kinerja jantung untuk memompa darah serta membantu mengurangi risiko hipertensi pada ibu hamil.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

Setelah mengetahui apa itu asam kranji, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaatnya untuk kesehatan ini? Jika ingin merasakannya langsung kamu bisa membeli asam kranji di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

asam kranji

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaat Ketumbar yang Bisa Kamu Rasakan

Ketumbar adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur. Ketumbar dapat memberikan rasa masakan yang lebih sedap dan nikmat...

Ibu, Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Kabocha untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah harus mendapat asupan makanan lain selain dari ASI. Selain kebutuhan asupan yang terus...

Post Comment