Written by at September 04, 2019
Informasi Penting

Apa Itu Mangga Alpukat, Beserta Mitos & Faktanya!

Lagi musim mangga nih, pasti di pasar lagi ramai banget yang jual mangga dengan harga beragam termasuk mangga alpukat. Tapi udah pernah dengan belum tentang Mangga Alpukat? Kalau yang kebingungan, tenang hari ini kita bahas seputar apa itu Mangga Alpukat beserta mitos dan faktanya juga.

Jangan heran kalau nanti di timeline social media kamu muncul aneka iklan yang mengagungkan Mangga Alpukat. Karena musim mangga sebentar lagi dekat, maka wajar saja begitu juga dengan mangga alpukat yang ramai diincar. Tapi kalau kamu belum begitu familiar dengan Mangga Alpukat, berikut kita bahas bersama yuk.

Apa itu Mangga Alpukat

Mangga Alpukat adalah istilah yang hanya dikenal di Indonesia. Masyarakat Indonesia menyebutnya mangga alpukat karena proses memotong mangga alpukat yang seperti memotong alpukat dengan cara dibelah. Sebaliknya mangga alpukat bukan merupakan hasil perkawinan antara buah mangga dan alpukat, hanya dari cara mengonsumsinya saja.

apa itu mangga alpukat

Mangga Alpukat sendiri lebih dikenal dengan jenis mangga harum manis yang sudah matang pohon sempurna. Karena proses matangnya yang sudah sempurna sebelum dipanen, oleh sebab itu saat memotong mangganya dengan cara dibelah akan lebih mudah karena daging buahnya sudah lembut dan juga kulit luar yang lebih lentur.

Tapi sebenarnya semua mangga dapat dipotong seperti mangga alpukat dan tidak harus mangga harum manis, selama daging buah yang sudah matang sempurna agar saat dibelah lebih mudah. Namun ada alasannya kenapa mangga harum manis matang yang lebih cocok untuk dipotong seperti mangga alpukat, ini karena mangga harum manis punya daging buah yang tidak terlalu berserat. Karena kalau daging buah berserat, akan susah dipotong apalagi diputar untuk dipisahkan dari bijinya.

Cara Mengonsumsi Mangga Alpukat

Cara memotong mangga alpukat sendiri yang harus dipastikan adalah tingkat kematangan buahnya sendiri, pastikan mangga sudah benar-benar matang dilihat dari warna kulit, agak menekan daging buah untuk melihat kelembutan daging buahnya. Jika sudah yakin mangganya matang sempurna, belah mangga secara horizontal, putar agar buahnya terlepas dari bijinya dan lepas perlahan.

apa itu mangga alpukat
Source : Unsplash

Menikmati mangga alpukat biasanya dengan sendok dan langsung dimakan dari buahnya. Jarang ada yang mengolah mangga alpukat untuk dijadikan olahan makanan, karena lebih sering dikonsumsi langsung. Namun mangga yang sudah matang sering dijadikan Smoothies, Pudding sampai Cake.

Manfaat mengkonsumsi mangga alpukat juga sama halnya dengan mangga lainnya yaitu kandungan mangan, namun yang membedakan adalah kandungan gula yang tinggi. Namun kandungan gula bukan berarti berbahaya loh, karena gula dalam mangga alpukat dapat berfungsi sebagai sumber energi yang justru dibutuhkan oleh tubuh kita sehar-hari.

Nah sekarang mitos dan fakta seputar Mangga Alpukat!

Mitos : Mangga Alpukat adalah persilangan antara buah mangga dan alpukat

Fakta : Semua mangga dapat dipotong seperti mangga alpukat

Kalau sudah mengetahui semua tentang Mangga Alpukat, jangan lupa dicobain langsung ya! Di Sayurbox tersedia loh Mangga Alpukat.

Related Articles

Perbedaan Jenis Beras (Putih, Merah, Hitam & Coklat)

Beras adalah salah satu bahan pokok Indonesia, hidup tanpa beras rasanya ada yang kurang terutama di daerah perkotaan. Namun, semakin...

Mengenal Sea Grapes dan Manfaatnya

Ada yang pernah mendengar Sea Grapes? Kalau belum, mungkin pernah dengar Umibudo juga? Atau belum juga? Tenang, hari ini kita akan mengenal...

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Post Comment