Written by at September 02, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Apa itu Quinoa, Manfaat & Cara Mengolah!

Buat teman-teman yang sedang mengusung resolusi 2020 untuk diet dan hidup lebih sehat, harus membaca tulisan kali ini. Sebelumnya kita bahas chia seed, kali ini kita membahas Quinoa. Dibilang sebagai whole grains dengan banyak manfaat. Tapi apa sebenarnya Quinoa, Manfaat dan cara mengolahnya sendiri? Baca lebih lanjut ya!

apa itu quinoa
Source : Unsplash

Di Indonesia sendiri Quinoa sudah mulai naik daun, banyak menu diet dan menu hidup sehat untuk catering mengganti nasi dengan Quinoa. Nah, sebelum kamu mencoba mengkonsumsi Quinoa, ada baiknya kamu tau dulu apa itu Quinoa, manfaat dan juga cara mengolahnya.

Apa itu Quinoa?

Quinoa adalah biji yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Menurut beberapa pihak, Whole Grains adalah biji yang berasal dari rumput seperti oats atau barley jadi banyak yang mengklaim bahwa Quinoa tidak tergolong Whole Grains. Namun, Quinoa lebih lazim dikonsumsi sebagai whole grains oleh sebab itu Quinoa juga disebut sebagai pseude-cereal yaitu makanan yang dibuat dan dikonsumsi sebagai whole grains tapi berasal dari jenis tanaman dan bukan rerumputan.

apa itu quinoa
Source : Pixabay

Menurut Whole Grain Council, Quinoa adalah karbohidrat whole grain yang gluten-free serta mengandung whole protein yaitu lengkap dengan kandungan 9 asam amino esensial. Quinoa juga merupakan karbohidrat dengan base protein, jadi aman untuk vegetarian maupun vegan. Kalau ingat Quinoa, ingat sebagai pengganti nasi yang rendah karbohidrat.

Quinoa selain berwarna putih (ivori atau kekuningan) juga ada yang berwarna merah dan hitam. Yang paling umum dikonsumsi adalah yang berwarna putih, berbentuk bulat kecil yang kalau dimasak akan bertekstur lembut. Quinoa berwarna merah dan hitam memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dari yang berwarna putih.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Quinoa

Didalam 1 cup (185gr) Quinoa yang sudah dimasak terdapat :

  • 222 Kalori
  • 39 gram karbohidrat
  • 8 gram protein
  • 6 gram lemak
  • 5 gram serat
  • 1 gram gula
  • 58% Mangan
  • 30% Magnesium
  • 28% Fosfor
  • Dan lainnya.
apa itu quinoa
Source : Unsplash

Quinoa terkenal tinggi protein dan juga serat dibanding whole grain lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Quinoa

Mengkonsumsi Quinoa sebagai pengganti nasi dalam makanan sehari-hari dapat memberikan efek tersendiri bagi tubuh kita diantaranya :

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Quinoa mengandung Indeks Glikemik 53 yang tergolong rendah, jadi bagus untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

  1. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Quinoa tinggi serat diet yang baik dikonsumsi dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Selain itu Quinoa juga mengandung 20-hydroxyecdysone yang dapat mengontrol berat badan.

apa itu quinoa
Source : Pixabay
  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan magnesium yang tinggi pada Quinoa sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang terutama untuk yang berumur diatas 50tahun.

Manfaat lainnya seperti menjaga jantung tetap sehat, kesehatan kulit, sampai melawan kanker adalah manfaat lebih yang bisa didapat dengan mengkonsumsi Quinoa.

Cara Mengolah Quinoa

Quinoa paling sering dimasak seperti memasak nasi untuk mengganti karbohidrat. Tapi banyak orang yang mengolah Quinoa agar lebih menarik dengan appetite tinggi adlaah dengan memasaknya menggunakan aneka bumbu maupun rmepah. Agar bumbu dan rempahnya meresap kedalam Quinoa. Bahkan beberapa orang senang mengolah Quinoa menjadi desert yang dapat dikonsumsi semua orang.

apa itu quinoa
Source : Pixabay

Nah, kamu mau memulai mengkonsumsi Quinoa? Dimulai dari sini ya!

Happy healthy living!

Related Articles

Rainbow Food, Makanan Berwarna Kaya Manfaat.

Banyak orang, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan berwarna-warni. Makanan berwarna-warni disini bukan sembarangan makanan yaa,...

Mengenal Kurma Ruthab & Manfaatnya

Kurma kalau biasanya hanya ada saat momen Ramadhan saja dan selalu dengan jenis yang sama, tapi ada juga kurma yang sering dicari bukan...

Mengenal Virgin Coconut Oil

Pasti suka menebak kan apa sih perbedaan antara coconut oil dengan virgin coconut oil? Apa efek penambahan kata virgin untuk kualitas...

Post Comment