Written by at July 15, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Apa itu Zucchini dan 7 Cara Mengolahnya yang Enak dan Praktis

Zucchini adalah sayur dari spesies Cucurbita Pepo dan sering disebut summer squash karena berkaitan dengan beberapa jenis summer squash lain diantaranya Melon dan Timun. Kebanyakan orang mengira bahwa zucchini adalah timun Jepang, tetapi sebenarnya kedua sayuran tersebut sangatlah berbeda. Nama lain zucchini adalah courgette. Zucchini dikenal juga sebagai terong Italia. Dari bentuknya, zucchini tidak selonjong jenis timun lainnya. Selain itu, terdapat bentuk seperti bintang di salah satu sisi zucchini. Tekstur zucchini cenderung empuk dan padat. Selain itu, dagingnya juga cukup padat dan berbiji sedikit. Jika dipegang, permukaan kulit zucchini terasa kering dan kasar. 

 

Rasa zucchini lebih manis dan sedikit lebih pahit dibandingkan dua timun sebelumnya. Zucchini adalah sayur yang dapat diolah menjadi beraneka masakan. Bisa dijadikan makanan utama, cemilan sampai menu MPASI anak. Kandungan gizinya pun berbeda dari kedua timun lainnya, diantaranya zucchini fosfor, magnesium, zat besi dan lutein. Pada satu buah zucchini terdapat kandungan nutrisi berupa kalori 16 kcal dan protein sebesar 1,2 gram. Manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi zucchini antara lain adalah membantu menyembuhkan asma, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan lainnya. Kamu ingin mencoba olahan zucchini di rumah? Yuk, simak ini olahan zucchini yang enak dan praktis dimasak di rumah.

 

Ini Kandungan nutrisi zucchini per 100 gram:

  • Kalori (kcal) 16
  • Jumlah Lemak 0.3 g
  • Lemak jenuh 0.1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0.1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Lemak trans 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 8 mg
  • Kalium 261 mg
  • Jumlah Karbohidrat 3.1 g
  • Serat pangan 1 g
  • Gula 2.5 g
  • Protein 1.2 g
  • Vitamin A 200 IU
  • Kalsium 16 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B12 0 µg
  • Vitamin C 17.9 mg
  • Zat besi 0.4 mg
  • Vitamin B6 0.2 mg
  • Magnesium 18 mg

 

Ini olahan zucchini yang enak dan praktis dimasak

 

1. Zucchini Pancakes

Zucchini Pancakes
Source : Jewishfoodexperience

Kalau mau cemilan sore tapi mau yang tetap sehat dan enak mungkin harus coba bikin Pancake Zucchini. Bahan utamanya Zucchini yang sudah dicuci dan diiris tipis, campurin dalam telur, tambahin keju sama penyedap rasa lainnya dan siap digoreng. Bisa juga sebagai pendamping makanan sama nasi, atau langsung dimakan pakai saus sambal dan mayonaise. Enak kan?

 

2. Mie Zucchini

Zucchini Noodle
Source : Kirbiecravings

Mie berbahan dasar zucchini ini juga bisa dicoba loh kalau mau menu mi lain yang sama enak tapi menyehatkan. Zucchini dicuci bersih, diiris memanjang tipis menyerupai mie. Campur dengan bumbu lainnya di dalam mangkuk, sementara siapkan penggorengan untuk mulai menumis Zucchini. Mie Zucchini ditumis dengan bumbu yang telah disediakan. Dengan cara ditumis, Zucchini terasa lebih ringan dan tekstur yang tidak hilang. Cobain deh!

 

Baca juga: Kenali 3 Perbedaan Timun Lokal, Timun Jepang, dan Zucchini Sebelum Membeli

 

3. Zucchini Chips

Zucchini Chips
Zucchini chips (Foto: Frugallivingmom)

Cemilan lain yang sehat dan enak. Zucchini chips ini bisa dibikin sendiri di rumah bareng anak-anak loh. Bisa jadikan pengganti popcorn saat menonton film. Zucchini dipotong sesuai selera kemudian dicuci bersih, keringkan tiriskan air dari zucchini tersebut. Campur Zucchini dengan bumbu penyedap seperti garam dan lada. Panggang sampai kering dan siap dinikmati deh. Mudah kan?

 

4. Menu MPASI

Zucchini Puree
Source : Familyfoodonthetable

Bikin Zucchini Puree untuk MPASI sikecil yuk mom. Zucchini mengandung air yang cukup tinggi, jika ingin dibuat puree dapat di blend terlebih dahulu Zucchininya sebelum ditambahkan air sesuai selera. Rasa alami dari zucchini baik untuk sikecil loh. Selain melatih buah hati untuk mengkonsumsi sayur sedari kecil juga manfaat zucchini baik bagi tubuh si kecil.

 

 

Ingin mencoba membuat olahan zucchini di rumah? Yuk, beli zucchini dan sayuran segar lainnya di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga!

 

zucchini adalah

 

5. Zucchini Goreng

zucchini adalah
Zucchini goreng (Foto: foodnetwork)

Sedang malas masak sesuatu yang ribet dan memerlukan banyak bahan? Tidak perlu khawatir, kamu bisa coba memasak menu olahan zucchini yang satu ini. Bahan-bahan yang kamu perlukan hanya zucchini di potong-potong sesuai selera, telur, tepung roti, dan minyak untuk menggoreng. Cara untuk membuat zucchini goreng ini juga sangat mudah, cukup celupkan zucchini ke dalam telur lalu balurkan dengan tepung roti. Kemudian goreng hingga zucchini berubah warna.

 

Baca juga: Tips Hemat Merawat Kulit, Coba 7 Cara Membuat Masker Timun Ini

 

6. Zucchini Panggang

zucchini adalah
Zucchini panggang. (Foto: foodnetwork)

Ingin mencoba memasak zucchini tanpa minyak? Kamu bisa coba olahan zucchini panggang ini. Rasa zucchini yang manis dan teksturnya yang renyah sangat pas tanpa perlu tambahan banyak bumbu. Zucchini panggang ini nikmat untuk disajikan sebagai camilan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu bisa memanggangnya di atas teflon tanpa perlu tambahan minyak. Agar lebih nikmat, tambahkan sedikit garam dan lada saat kamu memanggang zucchini.

 

7. Bakwan Zucchini

Zucchini adalah
Bakwa zucchini. (Foto: foodnetwork)

Tidak jauh berbeda dengan cara membuat bakwan pada umumnya, bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat bakwan zucchini antara lain adalah zucchini, tepung terigu serba guna, air, satu butir telur, garam, merica, dan minyak untuk menggoreng. Pertama, iris zucchini agak tipis. Lalu campurkan tepung terigu serba guna dan semua bahan-bahan yang telah disiapkan. Aduk zucchini dan seluruh bahan hingga menjadi adonan. Kemudian goreng di dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan.

 

Baca juga: Wajib Coba, 7 Resep Acar Timun yang Segar dan Enak

 

Jadi, olahan zucchini mana yang ingin kamu coba di rumah? Yuk, beli zucchini dan sayuran segar lainnya di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga!

 

zucchini adalah

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment