Written by at November 14, 2018
Manfaat Sayur dan Buah

Apa itu Zucchini dan Bagaimana Memasaknya.

Zucchini adalah sayur dari spesies Cucurbita Pepo dan sering disebut summer squash karena berkaitan dengan beberapa jenis summer squash lain diantaranya Melon dan Timun. Sekilas mirip sama timun jepang, tapi punya perbedaan loh. Di Indonesia, memang jarang orang mengenal Zucchini, Zucchini lebih populer untuk masakan western. Tapi seiring perkembangan zaman, Zucchini sudah mulai dikenal dan mulai dicari oleh orang. Terutama Ibu yang sedang dalam tahap MPASI untuk anaknya.

Zucchini adalah sayur

Zucchini adalah sayur yang dapat diolah menjadi beraneka masakan. Bisa dijadikan makanan utama, cemilan sampai menu MPASI anak. Kandungan nutrisi dalam Zucchini juga cukup banyak diantaranya Serat, Protein, Karbohidrat, Vitamin C, B6, Mangan, Riboflavin, Potassium, Folat, dan vitamin K. Zucchini juga rendah kalori tapi tinggi sebagai anti-inflammatory yang bisa meningkatkan kesehatan Hati. Zucchini juga bagus untuk memperlancar proses pencernaan.

Biar makin enak konsumsi Zucchini, mending tau dulu Zucchini bisa diolah jadi apa aja.

  1. Zucchini Pancakes

Zucchini Pancakes
Source : Jewishfoodexperience

Kalau mau cemilan sore tapi mau yang tetap sehat dan enak mungkin harus coba bikin Pancake Zucchini. Bahan utamanya Zucchini yang sudah dicuci dan diiris tipis, campurin dalam telur, tambahin keju sama penyedap rasa lainnya dan siap digoreng. Bisa juga sebagai pendamping makanan sama nasi, atau langsung dimakan pakai saus sambal dan mayonaise. Enak kan?

  1. Mie Zucchini

Zucchini Noodle
Source : Kirbiecravings

Mie berbahan dasar zucchini ini juga bisa dicoba loh kalau mau menu mi lain yang sama enak tapi menyehatkan. Zucchini dicuci bersih, diiris memanjang tipis menyerupai mie. Campur dengan bumbu lainnya di dalam mangkuk, sementara siapkan penggorengan untuk mulai menumis Zucchini. Mie Zucchini ditumis dengan bumbu yang telah disediakan. Dengan cara ditumis, Zucchini terasa lebih ringan dan tekstur yang tidak hilang. Cobain deh!

  1. Zucchini Chips

Zucchini Chips
Source : Frugallivingmom

Cemilan lain yang sehat dan enak. Zucchini chips ini bisa dibikin sendiri di rumah bareng anak-anak loh. Bisa jadikan pengganti popcorn saat menonton film. Zucchini dipotong sesuai selera kemudian dicuci bersih, keringkan tiriskan air dari zucchini tersebut. Campur Zucchini dengan bumbu penyedap seperti garam dan lada. Panggang sampai kering dan siap dinikmati deh. Mudah kan?

  1. MPASI Menu

Zucchini Puree
Source : Familyfoodonthetable

Bikin Zucchini Puree untuk MPASI sikecil yukk mom. Zucchini mengandung air yang cukup tinggi, jika ingin dibuat puree dapat di blend terlebih dahulu Zucchininya sebelum ditambahkan air sesuai selera. Rasa alami dari zucchini baik untuk sikecil loh. Selain melatih buah hati untuk mengkonsumsi sayur sedari kecil juga manfaat zucchini baik bagi tubuh si kecil.

Gimana? Zucchini engga susah kan untuk diolah? Cobain dulu, siapa tau ketagihan!

Kalau mau cobain, Zucchini bisa dibeli di Sayurbox! Kualitas Zucchini yang segar langsung dikirimkan ke rumah tanpa khawatir.

Happy Cooking!

Related Articles

Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan dan Cara Memasaknya

Siapa, sih, yang tidak tahu labu siam? Sayur yang kerap disajikan sebagai lalapan atau diolah menjadi berbagai jenis masakan ini ternyata...

Selain Enak, ini 9 Manfaat Terong Ungu yang Wajib Kamu Coba

Terong ungu banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk diolah atau dimasak sehari-hari. Tapi, pernahkah kamu terpikir, apa...

Wajib Coba 7 Buah yang Mengandung Vitamin C dengan Harga di Bawah Rp25 Ribu

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis vitamin ini berguna untuk membantu menjaga...

Post Comment