Written by at January 20, 2020
Tips & Trik

Kenali Apel Ceri dan 10 Jenis Apel Lainnnya

Siapa yang tidak mengenal buah apel? Rasa khasnya yang manis dan sedikit rasa asam, tekstur daging buahnya yang renyah dan berair. Nutrisi dalam apel berupa serat yang tinggi, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai macam antioksidan. Buah ini juga kaya air karena 86 persen kandungan apel adalah air. Ada banyak jenis apel yang populer, diantaranya adalah apel ceri dan apel fuji.

 

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis apel disebabkan oleh adanya antosianin, sejenis fitonutrien yang merupakan senyawa kimia unik yang hanya terdapat pada tumbuhan, senyawa ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Seperti mencegah kanker, mengendalikan gula darah, dan menangkal radikal bebas. Jadi tunggu apalagi? Yuk, kenali apel ceri dan 10 jenis apel lainnya di bawah ini.

 

Kenali apel ceri dan 10 jenis apel lainnya

 

Apel ceri dan jenis apel
Perbedaan jenis-jenis apel. (Foto: Pixabay)

1. Apel Ceri, apel yang paling kecil

Apel Ceri merupakan varietas yang berukuran paling kecil dari jenis varietas buah apel lainnya. Rasa apel ceri manis sampai asam, tergantung pada variasi dan kegunaan khas varietas. Dalam hal ini, rasa apel ceri berkisar dari asam hingga sangat asam.

 

Daging apel ceri bertekstur renyah,buah ini dapat dimakan langsung atau dapat dimasak terlebih dulu, apel ceri dapat diolah menjadi jeli, makanan pencuci mulut, dan acar, yang seluruh olahannya membutuhkan tambahan gula.

 

2. Apel Royal Gala, apel terpopuler di Amerika Serikat

Jenis apel Royal Gala yang berasal dari Selandia Baru ini, memiliki bentuk buah yang lebih tinggi dan lebar, jika dibandingkan dengan buah Golden dan Red Delicious. Apel ini merupakan apel terpopuler di Amerika Serikat karena memiliki rasa yang ringan, manis, dan renyah.

 

Royal Gala merupakan salah satu dari apel berwarna merah muda, dengan sedikit warna kuning cerah. Apel ini merupakan buah yang ideal untuk anak-anak karena berkulit tipis dan memiliki rasa manis secara keseluruhan, buah ini juga bagus untuk memasak.

 

3. Apel Jonathan (Apel Anna), apel lokal yang terlihat seperti apel impor

Buah apel Jonathan memiliki sebutan lain yaitu Apel Anna. Apel ini merupakan salah satu apel favorit dari Batu, Malang. Bentuk dan warnanya terlihat mirip apel impor. Kulit apel Jonathan berwarna hijau dan teksturnya tipis. Bentuknya bulat dengan diameter 6 cm, memiliki lekukan kecil yang dalam di kedua ujungnya. 

 

Apel ini dapat digunakan untuk mengganjal perutmu di pagi hari. Kamu tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah ini sebelum makan karena rasa asam yang ada dalam buah ini akan berubah menjadi basa dan menyeimbangkan pH dalam lambung.

 

Mengkonsumsi apel Jonathan secara rutin dapat menghindarkan kamu dari risiko kanker usus. Hal ini disebabkan kandungan serat buah ini membantu melancarkan pencernaan dalam usus. Apel ini juga dapat menyembuhkan asma dan bagus dikonsumsi ibu hamil. 

 

Baca juga: 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Diet Apel untuk Menurunkan Berat Badan

4. Apel Golden Delicious, buah apel berwarna kuning

Buah berwarna kuning cerah ini nampak ceria. Apel Golden Delicious masuk dalam jenis apel dengan tekstur daging buah yang lunak. Berkulit tipis, sehingga varietas Golden Delicious tidak dapat disimpan lama karena dapat memar dan layu. Jadi, cobalah untuk menggunakannya sesegera mungkin. Apel ini sangat ideal untuk diolah menjadi pai, salad, saus apel, dan dijadikan frozen fruit.

 

5. Apel Jonagold, hibrida Apel Jonathan dan Golden Delicious

Apel ini memiliki rona warna merah yang indah dengan corak berwarna kuning, varietas ini adalah hasil persilangan vareitas Apel Jonathan dan Golden Delicious sehingga memiliki kemiripan fisik yang samar dengan keduanya.

 

Jonagold memiliki kulit halus dan tipis. Rasa manisnya berasal dari Golden Delicious, dan ras asamnya berasal dari varietas Jonathan. Apel ini serbaguna dan dapat digunakan dalam resep apa pun yang membutuhkan apel.

 

Ingin mencoba berbagai jenis apel? Yuk, beli apel segar di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk dapat tambahan diskon!

6. Apel Red Delicious, apel merah yang daging buahnya lunak

Red Delicious memiliki benruk buah seperti hati, dengan kulit buahnya yang berwarna merah tua. Daging buahnya memiliki tekstur renyah dan berair. Sama seperti Golden Delicious, apel ini memiliki daging buah yang lunak, sehingga tidak dapat diolah menjadi sebuah masakan. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya ialah dengan langsung memakannya. Red Delicious dapat menjadi camilan yang sehat untuk kamu.

 

Baca juga: 4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

 

7. Apel Fuji, apel merah muda dari Jepang

Jenis apel Fuji berwarna merah muda hampir di seluruh permukaan kulitnya. Buah ini pertama kali dikembangkan oleh petani Jepang pada era 1930-an. Apel Fuji merupakan hasil persilangan antara varietas Red Delicious dan varietas Ralls Janet.  Sejak diperkenalkan, Apel Fuji langsung populer di Jepang, Korea, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Hal ini karena Apel Fuji memiliki rasa yang sangat lezat.

 

Daging buah apel ini renyah, ukurannya yang besar, dan rasa manis yang intens yang menjadikannya ideal untuk langsung dimakan mentah. Tetapi kamu juga bisa mencoba menambahkan Apel Fuji yang dimasak sebentar atau potongan buahnya untuk bahan tambahan salad dan selada kubis.

 

8. Apel Cameo, buahnya renyah dan manis

Apel ini ditemukan di Negara Bagian Washington pada tahun 1987, namun apel ini dengan cepat menjadi semakin populer. Daging buahnya berair, teksturnya renyah, dan rasanya manis dengan sedikit sentuhan asam.

 

Apel Cameo diperkirakan merupakan hasil persilangan variteas Red dan Yellow Delicious. Hal ini menjelaskan bentuknya serta penampilan kulitnya yang berwarna merah dan kuning, kulitnya lebih tebal dari Golden Delicious tetapi lebih tipis dari Red Delicious. Varietas ini sangat lezat ketika dimakan langsung tanpa diolah.

 

9. Apel Granny Smith, apel hijau dengan tekstur buah renyah

Granny Smith salah satu jenis apel hijau yang berasal dari Australia. Kulitnya berwarna hijau cerah, tekstur dagingnya renyah, dan memiliki rasa asam yang sangat kuat. Ketika benar-benar matang, kulit hijaunya memiliki sentuhan warna kemerahan.

 

Sementara beberapa orang senang memakannya langsung, beberapa orang yang lain lebih suka memasaknya, yang dapat membuatnya lebih manis. Buah ini adalah pelengkap yang ideal untuk makanan gurih seperti bawang dan keju. Pada segi estetika, kulit hijau Apel Granny Smith memberikan elemen visual yang bagus untuk hidangan.

 

10. Apel McIntosh, apel berwarna hijau yang daging buahnya lunak

Warna apel McIntosh terkesan mirip dengan warna varietas Honeycrisp. Namun McIntosh lebih dominan warna hijau terang yang menyelimuti kulitnya. Apel McIntosh ini memiliki daging buah yang lunak sehingga membuat varietas ini cocok untuk langsung dimakan atau untuk diolah menjadi saus apel, kue pie atau mentega apel.

 

Baca juga: 5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

 

11. Apel Manalagi, apel asal Batu Malang

Apel Manalagi mempunyai warna kulit buah hijau kekuningan walaupun sudah matang. Tanaman ini berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat dan Eropa Timur. Namun untuk jenis apel Manalagi berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang.

 

Buahnya berbentuk jorong, pangkal dan pucuk berlekuk dalam. Jenis apel ini mempunyai pori kulit buah yang jelas, halus, dan renggang. Rasa apel ini segar dan mempunyai aroma yang kuat.

 

Setelah kamu sudah mengenali apel ceri dan 10 jenis apel lainnnya, kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli langsung jenis-jenis apel berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Related Articles

8 Tips Makan Sehat untuk Diet Pasca Melahirkan

Mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula pasca melahirkan merupakan hal sulit bagi kebanyakan wanita, padahal wanita mana yang...

Sering Hancur dan Lengket, Ini 7 Cara Memasak Bihun yang Benar

Bihun atau rice vermicelli ini telah menjadi salah satu bahan makanan yang ramai dijual serta menjadi pilihan menu bagi masyarakat selama...

Ini 6 Perbedaan Mie dan Pasta, yang Mana Favorit Kamu?

Mie dan pasta merupakan produk makanan yang umum kita jumpai di pasar dan supermarket Indonesia maupun dunia. Tingkat konsumsi baik mie dan...

Post Comment