Written by at July 30, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

Apakah ada yang baru pernah mendengar Bawang Dayak? Kalau belum berarti mainnya belum jauh nih, karena Bawang Dayak ini sudah cukup terkenal loh. Beberapa memercayai Bawang Dayak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Tapi sebelum kita bahas manfaat Bawang Dayak, lebih baik kita tau dulu apa itu Bawang Dayak dan darimana asal-usulnya.

Bawang Dayak dengan banyak nama dikenal yaitu Bawang Hutan, Bawang Kabe, Bawang Tiwai, bawang Sabrang tapi memiliki nama latin Eleutherine bulbosa. Merupakan rempah-rempah berasal dari keluarga iridaceae yang merupakan perennial plant atau tanaman tahunan. Tanaman tahunan adalah tanaman-tanaman yang hidup lebih dari 2 tahun bahkan bisa sampai 3 tahun.

bawang dayak

Kalau cari-cari nama latin Bawang Dayak di internet pasti menemukan bunga yang cantik berwarna putih. Karena Bawang Dayak termasuk dalam keluarga iridaceae yang identik dengan bunga-bunga cantik, makanya memiliki bunga yang cantik pula. Tapi tersembunyi jauh di akarnya ada umbi yang sangat kuat untuk menyembuhkan penyakit.

Bawang Dayak  berasal dari Amerika, tumbuh di dataran tinggi atau pengungan dengan tinggi 600-1500 mdpl. Tumbuh di tanah yang lebih baik banyak humus dan lembab, juga lebih bagus tumbuh di tempat terbuka. Jadi untuk membudidayakan Bawang Dayak harus diperhatikan suhu, udara, kelembaban tanah dan juga lingkungannya.

Di Indonesia, Bawang Dayak tumbuh banyak di Kalimantan. Nama Bawang Dayak sendiri terinspirasi dari Suku Dayak, karena ingat Kalimantan pasti ingat Suku Dayak. Di Kalimantan, Bawang Dayak tumbuh ramai di hutan-hutan dan beberapa dibudidayakan oleh petani lokal disana. Eh tapi mau cobain Bawang Dayak engga harus ke Kalimantan kok, di Sayurbox juga ada.

Cara Mengonsumsi Bawang Dayak :

  1. Dijadikan obat herbal
  2. Dimakan langsung saat masih segar
  3. Dijadikan acar atau manisan
  4. Bumbu masak
  5. Dikeringkan/dihaluskan untuk dicampur ke makanan atau diseduh

Bawang Dayak juga mengandung zat kimi alami seperti :

  1. Alkaloid
  2. Steroid
  3. Flavonoid
  4. Glikosida
  5. Tanin
  6. Felonik

Zat kimia alami inilah yang membuat Bawang Dayak punya banyak manfaat baiknya untuk tubuh!

bawang dayak
Source : Hellosehat.com

Manfaat Bawang Dayak

Mengobati Infeksi

Flavonoid, Tanin, Steroid adalah jenis antioksidan yang terdapat dalam Bawang Dayak. Antioksidan ini berperan baik dalam banyak hal salah satunya adalah mengobati infeksi. Ketiga antioksidan tersebut ampuh dalam menghambat dan membunh virus, bakteri juga jamur penyebab penyakit. Menurut penelitian di Universitas Jenderal Achmad Yani, sifat antimikroba dari ekstrak Bawang Dayak dapat dioles pada kulit yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri staph dan Trichophyton yang menyebabkan pembentukan luka serta bisul.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Hal ini berlaku terutama untuk wanita menopause. Bawang Dayak menurut penelitian FKUI dapat berfungsi sebagai obat terapi hormon khususnya hormon estrogen. Wanita dalam usia menopause membutuhkan hormon estrogen untuk melindungi kesehetan tulang. Mengonsumsi ekstrak bawang dayak dalam dosisi tinggi selama 21 hari berturut-turut berpotensi meningkatkan kadar kalsium tulang, berat tulang dan juga panjang tulang.

Manfaat lain dari mengonsumsi Bawang Dayak adalah :

  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Meningkatkan metabolisme
  3. Menangkal radikal bebas
  4. Mencegah jantung koroner
  5. Menurunkan kadar gula darah
  6. Mengobati batu ginjal
  7. Mengontrol tekanan darah
bawang dayak
Source : Unsplash

Banyak ya yang akhirnya kita ketahui tentang Bawang Dayak. Kalau sudah tau gini kan jadi enak untuk dikonsumsi. Tenang aja, Bawang Dayak engga harus dibeli dari Amerika atau Kalimantan kok soalnya di Sayurbox juga ada. Kita panennya dari petani di Kalimantan jadi asli Suku Dayak deh!

Selamat mencoba Bawang Dayak.

Related Articles

5 Manfaat Utama Buah Naga

Sayurfriends pastinya sangat familiar dengan buah naga dong? Buah yang makin hari semakin meningkat popularitasnya ini thanks to tren gaya...

Beetroot 101: Manfaat, Nilai Gizi, dan Bonus Resep!

Photo by FOODISM360 Sayurfriends sudah kenal belum dengan Beetroot? Tanaman berwarna merah keunguan yang memiliki segudang...

Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

Istilah ‘superfood’ masih terbilang asing didengar, namun superfood sudah mulai masuk kedalam tren kehidupan masa kini. Saat ini masih...

Post Comment