Written by at August 15, 2019
Inspirasi

Buah Eksotis Indonesia Paling Terkenal!

Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan sumber daya alam termasuk buah. Buah-buah yang tumbuh di Indonesia sudah cocok dengan iklim tropis Indonesia, beberapa buah tergolong eksotis dan paling terkenal. Berikut ada beberapa buah eksotis Indonesia paling terkenal!

Menjelang hari kemerdekaan nih mulai mengenal lagi kekayaan Indonesia dari hal-hal kecil, seperti buah eksotis yang paling diincar banyak orang. Buah ini engga pernah absen buat mempermanis mulut loh.

Manggis

Engga salah lagi buah eksotis Indonesia paling terkenal adalah Manggis. Dipanen super banyak di Indonesia dengan rasa segar dan manis memang bikin Manggis jadi incaran pecinta buah. Tergolong buah eksotis karena hanya ada di beberapa negara terutama di Indonesia, kebanyakan negara kurang mengenal manggis karena tidak tumbuh ramai di negara mereka. Jadi, berbanggalah memiliki manggis sebagai salah satu sumber daya yang sangat terkenal dari segi cita rasanya.

buah eksotis indonesia

Manggis memiliki kulit berwarna gelap hingga merah agak kegelapan, dengan kelopak bunga dibagian batangnya yang bikin manggis jadi lebih cantik. Daging buah berwarna putih, bertekstur lembut dan berserat. Cita rasa manis dan segernya memang khas manggis banget, wajar aja manggis jadi buah eksotis Indonesia paling terkenal.

Durian

Jangan kaget kalau Durian adalah buah eksotis Indonesia paling terkenal, soalnya hanya ada di beberapa negara Asia dan salah satunya Indonesia. Rasa yang khas dan bau yang luar biasa memang bikin Durian entah jadi incaran banyak orang atau malah dihindari banyak orang. Durian adalah jenis buah musiman, diincar banyak orang karena cita rasa yang kuat dan daging buah yang lezat.

buah eksotis indonesia
Source : Unsplash

Durian memiliki kulit keras dan berduri tajam, berwarna hijau hingga kekuningan dan terdapat banyak jenis Durian. Daging buahnya creamy, lembut dan punya rasa khas yang manis. Kalau durian dikategorikan bagus adalah rasa manis agak pahit yang bikin ketagihan. Wajar memang Durian jadi buah eksotis Indonesia paling terkenal karena cita rasanya dan musim yang bikin sabar menunggu.

Markisa

Markisa di Indonesia mungkin lebih dikenal dengan sirupnya, tapi buahnya engga kalah enak! Markisa adalah salah satu buah eksotis Indonesia yang paling terkenal karena kesegerannya dan rasa manis daging buahnya. Kalau ketemu Markisa di kebun, langsung cepat-cepat cicipi karena rasa manisnya akan bikin ketagihan.

buah eksotis indonesia
Source : Pexels

Markisa yang dipanen di Indonesia memiliki kulit luar berwarna ungu, dengan kulit yang gampang rapuh dan bagian daging buah berwarna kekuningan. Bijinya terlihat jelas tapi bias dimakan berbarengan dengan daging buahnya. Kalau membayangkan sirup markisa, bayangkan saja rasanya 100% sama dan segar banget.

Buah Naga

Bukan rahasia lagi kalau buah naga jadi ikon buah eksotis di negara manapun. Buah Naga dikategorikan buah eksotis karena rasa segarnya dan lagi-lagi karena tidak banyak ditemukan di banyak negara. Kebanyakan negara Asia memiliki sumber daya untuk memanen buah naga. Buah Naga cocok tumbuh di iklim tropis, oleh sebab itu di Indonesia Buah Naga sangat populer.

buah eksotis indonesia

Buah naga memiliki 3 jenis, buah naga merah, buah naga putih, dan buah naga kuning. Yang paling langka di Indonesia adalah buah naga kuning karena tumbuh musiman, begitupun buah naga putih. Buah naga memiliki kulit berwarna merah dengan daun-daun yang menonjol keluar dan daging buah yang berwarna putih/merah dengan biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan. Engga salah lagi rasa segar dan manis bikin buah naga jadi buah eksotis paling terkenal di Indonesia.

buah eksotis indonesia
Source : Pexels

Berikut keempat buah eksotis Indonesia paling terkenal adalah Manggis, Markisa, Buah Naga dan Durian. Kalau sempat ke pasar jangan lupa mampir beli ya, tapi kalau engga sempat mending beli online aja biar engga repot.

Kamu paling favorit buah eksotis apa nih?

Related Articles

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Teknik Memasak Yang Jarang Kita Ketahui

Kalau nonton kompetisi memasak di televisi pasti suka bertanya-tanya kan mereka melakukan apa dan bagaimana. Banyak istilah yang disebutkan...

Ide Sarapan Mudah Untuk Yang Malas Masak

Kalau kamu anak kos, tinggal sendiri di apartment atau anak rantau berarti beberapa menu sarapan mudah ini buat kamu deh. Sarapan harusnya...

Post Comment