Written by at May 01, 2022
Tips & Trik

7 Jenis Buah untuk Tipes, Bantu Proses Pemulihan Lebih Cepat

Setelah sembuh dari tipes, seseorang butuh waktu untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Pemulihan inilah yang seringkali tidak berjalan lancar dan butuh waktu lebih lama. Pengaturan pola makan bisa menjadi salah satu kunci untuk membantu proses pemulihan berjalan lebih cepat. Sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah untuk tipes berikut ini.

buah untuk tipes

1. Anggur

Pertama ada buah anggur yang diketahui punya kandungan air tinggi dan sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, seperti flavonoid dan resveratrol.

Resveratrol inilah yang diketahui bisa membantu menangkal inflamasi dan melawan berbagai bentuk penyakit termasuk tipes. Selain itu jenis buah ini juga mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

Baca juga: 10 Buah yang Bagus untuk Diet

2. Jeruk

Penderita tipes juga sangat disarankan untuk mengonsumsi jeruk. Terutama bagi mereka yang dehidrasi selama masa pengobatan. Jeruk punya kadar air yang tinggi dan di dalamnya terdapat vitamin C yang bisa bekerja sebagai antioksidan bagi tubuh. Vitamin C juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membasmi bakteri Salmonella typhi yang diketahui menjadi penyebab tipes.

3. Pisang

Rekomendasi buah untuk tipes berikutnya adalah pisang. Jenis buah ini mengandung potasium dan vitamin C yang diketahui bisa menjadi sumber energi bagi tubuh saat melawan tipes. Namun sangat disarankan untuk memilih jenis pisang yang sudah matang dan teksturnya lembek. Jenis pisang seperti ini lebih mudah dikonsumsi dan lebih lancar saat lewat di saluran pencernaan tubuh.

Pisang juga bisa jadi pilihan saat penderita tipes mengalami penurunan nafsu makan. Saat tidak nafsu makan dan sulit mencerna makanan padat biasa, pisang bisa diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tak hanya punya nutrisi lengkap, pisang juga dapat memberi efek mengenyangkan setelah dikonsumsi.

4. Pepaya

Penderita tipes juga bisa mengonsumsi pepaya untuk membantu mempercepat masa pemulihannya. Pepaya ini mengandung banyak sekali vitamin penting seperti vitamin A, C, dan E. Selain itu, pepaya juga punya antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Buah ini juga sangat efektif meningkatkan sistem imun sehingga proses pemulihan berjalan lebih cepat.

5. Melon

Buah melon juga bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi selama masa pemulihan dari tipes. Melon punya rasa yang manis dan cocok dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Selain itu melon juga mengandung vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi. Seperti diketahui bahwa vitamin C ini bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga akan mempercepat proses pemulihan.

6. Semangka

Jenis buah yang satu ini memiliki kadar air yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai 92%. Itulah mengapa semangka sering dijadikan pilihan bagi mereka yang menderita demam. Konsumsi semangka akan secara efektif menurunkan demam dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat tipes. Semangka juga mengandung protein yang bagus untuk proses pemulihan setelah tipes.

Baca juga: 10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

7. Buah Naga

Salah satu masalah yang dialami oleh penderita tipes adalah turunnya nafsu makan. Konsumsi buah naga sangat disarankan karena bisa membantu mengembalikan nafsu makan tersebut. Buah naga juga memiliki tekstur daging yang sangat mudah untuk dicerna. Di dalamnya terdapat vitamin C dalam kadar tinggi yang bisa meningkatkan imunitas dan mengoptimalkan fungsi bakteri baik pada usus.

Konsumsi ragam jenis buah untuk tipes ini diketahui efektif membantu proses pemulihan. Pastikan Sayurfriends juga mengimbanginya dengan konsumsi makanan padat bergizi seimbang. Demi mendapatkan buah-buahan segar yang bagus bagi penderita tipes, langsung saja belanja di Sayurbox. Tersedia banyak sekali pilihan buah segar yang bagus untuk dikonsumsi saat masa pemulihan dari tipes.

Related Articles

Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Anemia

Merasa pusing, lemas, dan wajah pucat? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah...

Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Minyak VCO bagi Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO ialah salah satu jenis minyak kaya manfaat yang aman untuk digunakan luar dalam. Sesuai dengan namanya, VCO ini...

Efektif Bikin Ngantuk, Ini 6 Pilihan Minuman untuk Insomnia

Pernah merasakan insomnia? Insomnia atau sulit tidur akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Biasanya orang dengan insomnia punya...