Written by at January 07, 2020
Resep

Bumbu Tahu Bacem yang Sederhana dan Praktis Dimasak, Hanya 10 Menit!

Tahu bacem adalah salah satu olahan tahu yang banyak digemari. Makanan khas Jawa ini punya citarasa yang gurih dan manis. Tahu bacem paling enak dinikmati bersama nasi hangat dan sambal. Untuk membuat olahan tahu ini ternyata cukup mudah, lho. Kamu ingin mencoba membuat tahu bacem di rumah? Yuk, simak ini cara membuat serta bumbu tahu bacem yang sederhana dan praktis dimasak, hanya 10 menit!

 

Ini cara membuat dan bumbu tahu bacem yang sederhana dan paktis

bumbu tahu bacem yang sederhana dan paktis
Siapkan bumbu tahu bacem dan bahan-bahan yang diperlukan. (Foto: Pixabay)

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Ada dua jenis bumbu tahu bacem yang harus kamu persiapkan. Pertama adalah bumbu campuran yang tidak perlu dihaluskan dan kedua adalah bumbu yang perlu dihaluskan agar rasanya lebih meresap. Berikut ini adalah bumbu tahu bacem yang harus kamu persiapkan:

 

Bumbu campuran

  • 8 buah tahu putih, belah dua
  • 3 lembar daun salam
  • 2 jempol lengkuas (memarkan)
  • Air secukupnya
  • 100 gram gula aren
  • Kecap manis secukupnya

 

Bumbu halus

  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 5 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Tahu Crispy, Camilan Kekinian yang Banyak Digemari

 

2. Campurkan semua bahan-bahan di dalam wajan

Setelah bumbu tahu bacem sudah dihaluskan, kini saatnya kamu mempersiapkan wajan untuk mulai memasak. Di dalam wajan masukkan semua bahan-bahan campuran sudah dipesiapkan sebelumnya. Tidak lupa juga masukkan bumbu yang telah dihaluskan.

 

Kemudian aduk semua bumbu hingga tercampu rata. Setelah itu, masukkan tahu perlahan ke dalam campuran bumbu tadi. Pastikan semua bagian tahu terendam oleh bumbu agar rasanya lebih gurih dan nikmat.

 

Kamu ingin membuat tahu bacem? Yuk, beli bumbu tahu bacem di Sayurbox!

 

3. Ungep tahu hingga bumbu meresap

Jika semua bumbu tahu bacem telah tercampur rata, selanjutnya letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api. Ungkep tahu hingga bumbu meresap dan air di dalamnya agah kering. Saat mengungkep tahu bacem sebaiknya biarkan api kompor sedang, tidak perlu terlalu besar agar bumbunya lebih meresap ke dalam tahu.

 

 

Baca juga: Anti Gagal, Ini 5 Cara Membuat Tahu Bulat yang Kopong dan Garing

 

4. Angkat wajan dan biarkan tahu agak dingin

Saat air yang digunakan untuk mengungkep tahu sudah agak mengering, matikan kompor dan angkat wajan. Biarkan hasil ungepan tahu bacem tadi dingin dan bumbunya semakin meresap. Setelah itu, pindahkan tahu ke dalam wajan bersih untuk disimpan di dalam kulkas atau kamu juga bisa langsung menggoreng tahu bacem setelah agak dingin.

 

5. Goreng tahu hingga matang, tidak garing lebih nikmat

Untuk menggoreng tahu bacem kamu memerlukan minyak yang cukup banyak. Saat menggoreng pastikan semua bagian tahu terendam oleh minyak. Selain itu, ketika menggoreng pastikan semua bumbu tahu bacem sudah meresap dan gunakan api sedang. Goreng tahu bacem hingga matang tapi jangan sampai terlalu garing. Sajikan tahu bacem selagi hangat agar lebih nikmat.

 

Baca juga: Murah dan Menyehatkan, Ini 7 Kandungan Tahu yang Perlu Kamu Ketahui

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat resep bumbu tahu bacem ini? Yuk, beli tahu dan semua bahan-bahan yang diperlukan di Sayurbox!

 

Related Articles

9 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk...

Khawatir Kolesterol Naik, Ini 9 Tips Membuat Gorengan Sehat di Rumah

Di Indonesia, gorengan kerap kali masuk dalam daftar teratas pilihan cemilan yang disajikan di berbagai acara. Mulai dari kumpul-kumpul...

11 Resep Olahan Kangkung yang Enak dan Sehat

Siapa yang tak tahu sayur kangkung? Sayur yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia....

Post Comment