Written by at January 21, 2019
PengolahanTips & Trick

Cara Bertanam Sendiri di Rumah

Siapa yang udah mulai belajar bertanam sayur dan buah di rumah sendiri? Yang pengen ngerasain ngerawat tanaman sampai berbuah? Ternyata bertanam sendiri di rumah itu bisa bikin kita jadi lebih peka sama makhluk hidup sampai bisa berhemat loh.

bertanam sendiri di rumah

Manfaat bertanam sayur dan buah di rumah sendiri itu antara lain :

  1. Kualitas buah dan sayur yang terjaga. Kalau khawatir kualitas beli sayur di pasar berarti bertanam sendiri bisa bikin hati tenang. Karena kita sendiri yang merawat tanaman sampai berbuah jadi kita tau seperti apa kualitasnya kan.
  2. Hemat karena kalo pengen tinggal petik. Engga ribet juga kan, kalau mau masak cabe tapi tiba-tiba abis di kulkas kan tinggal petik aja. Selain itu juga dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan.
  3. Bisa ngajarin kita buat lebih bersabar loh dan aware sama kondisi sekitar. Bayangkan saja sering ke pasar kita nawar harga, padahal kita ngga tau prosesnya seperti apa. Saat bertanam sendiri kita jadi sadar kalau ternyata prosesnya sulit dan mungkin emang wajar kalau harganya jadi mahal kan?

Bertanam sendiri di rumah juga banyak caranya, bisa dilakukan di halaman rumah yang luas atau di dalam pot jika tidak punya halaman yang luas. Kalau di rumahnya sudah ada pohon buah yang besar, pasti dari dulunya pohonnya sudah ada, saat berbuah tinggal dipetik. Bertanam di pot yang banyak diterapkan oleh masyarakat jaman sekarang di halam rumah yang kecil dan terbatas.

Ada tipsnya kalau mau bertanam sayur dan buah di dalam pot dengan halaman rumah yang terbatas.

Pilih ukuran pot yang tepat

bertanam sendiri di rumah
Source : Pexels

Karena buah dan sayur ditanam dalam pot, harus diperhatikan ukuran pot saat nanti tanamanya tumbuh. Karena beda ukuran buah dan sayur akan beda pula ukuran pot yang harus digunakan. Kalau beli bibit di toko jangan lupa sekalian tanya ya ukuran pot yang tepat seperti apa, biar engga salah beli. Bocorannya kalau tanamannya berakar serabut mending pilih pot yang kecil.

Pilih bibit unggul dan cangkokan

bertanam sendiri di rumah
Source : Pixabay

Bertanam di rumah juga memerlukan bibit yang tepat. Pilih bibit yang unggul dan cangkokan deh, bibit cangkokan rata-rata memiliki akar serabut jadi bisa ditanam di pot bahkan dengan pot yang ukurannya kecil. Bahkan penggunaan bibit unggul untuk bertanam di rumah dapat memberikan hasil buah yang lebih banyak dan panen yang lebih cepat.

Perhatikan media tanamnya

bertanam sendiri di rumah
Source : Pexels

Karena buah dan sayur ditanam di dalam pot, maka buah dan sayur harus dipastikan mendapatkan asupan makanan dari media tanamnya. Saat memindahkan bibit tanaman dari polybag ke dalam pot pastikan tanah di dalam polybag juga ikut dipindahkan. Pastikan juga media tanam kita terdapat hara dan cukup gembur dan subur yaaa.

3 tips penting ini bisa dipelajari loh kalau misalnya berminat untuk bertanam sayur dan buah di rumah sendiri. Buah maupun sayur yang mudah ditanam dan dirawat di rumah antara lain Basil, Cabai, Tomat, Pare, Terong, Timun, Jeruk, Jambu Biji, Rosemary, Thyme, Kemangi, sampai Strawberry juga bisa.

Jadi gimana, mau mulai bertanam sendiri di rumah?

Related Articles

Cara Merawat Rambut dengan Bahan-Bahan Natural

Rambut adalah bagian dari tubuh yang paling diperhatikan banyak orang. Makanya beberapa perempuan terutama sangat menjaga keindahan dan...

Kado Valentine Anti-Mainstream!

Yang udah kelabakan nyari kado hari kasih sayang siapa nih? Memang sih tradisi yang cukup menguras tenaga, energi, waktu, dan biaya adalah...

Ide Resep Buat Valentine – Masak Gampang!

Mau tau ngga cara gampang, ngga terlupakan dan pastinya bikin senang orang terkasih di hari Valentine? Ah, ngasih bunga udah mainstream....

Post Comment