Written by at October 02, 2019
Tips & Trik

Cara Mendapatkan Tidur Nyaman di Malam Hari

Tidur adalah hal yang paling wajib dilakukan semua orang di malam hari setelah beraktifitas seharian. Tujuannya untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas. Namun, beberapa orang kesulitan mendapatkan tidur nyaman di malam hari. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang nyaman.

Tapi sebelum itu ketahui dulu apa itu tidur yang nyaman. Ada ukurannya untuk menentukan apakah seseorang tidur nyaman di malam hari, ukuran Quantity dan Quality.

tidur nyaman
Source : Hutomo Abrianto on Unsplash

Quantity adalah ukuran jam tidur seseorang. Biasanya orang dewasa memiliki waktu tidur ideal 7-9 jam, sedangkan remaja 8 jam semalaman. Namun, hal ini bukan hal mutlak karena waktu tidur tergantung pada seseorang itu sendiri. Tiap orang memiliki jam tidur ideal mereka, temukan jam tidur terbaik kalian, apakah 8 jam sudah cukup? Atau 1-2 jam saja sudah cukup untuk mendapatkan tidur nyaman.

Quality diukur dari seberapa baik tidur seseorang di malam hari.  Untuk orang dewasa, kualitas tidur terbaik diukur dari apakah dapat tidur dalam waktu 30 menit atau kurang, apakah selama tidur tidak terbangun lebih dari sekali dan apakah dapat kembali tidur dalam waktu 20 menit. Kalau jawabannya “Tidak” berarti terdapat masalah dalam tidur di malam harinya.

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur nyaman di malam hari.

Miliki Jam Tidur & Bangun Yang Pasti, Ikuti Siklusnya

tidur nyaman
Source : Sanah Suvarna on Unsplash

Kadang seseorang dengan gampang tidur dan bangun di jam yang sama, taati waktu tidur tersebut karena tubuh akan terbiasa dengan jam tidur tersebut. Hal ini akan merangsang tubuh kita untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan terbiasa dengan waktut idur tersebut. Tidur akan terasa nyaman terasa jika bangun tanpa menggunakan alarm, dan akan terbiasa seiring waktu.

Perhatikan Cahaya Sehari-Hari

tidur nyaman
Source : Gregory Pappas on Unsplash

Cahaya penting bukan hanya saat tidur tapi juga saat beraktifitas di siang hari. Kita disarankan untuk melatih tubuh kita bahkan terhadap cahaya untuk mendapatkan tidur nyaman. Hal ini dilakukan dengan cara memastikan tubuh kita terekspos cahaya terang pada siang hari, pastikan saat bangun kita mendapatkan cukup cahaya terang untuk membantu kita lebih terjaga. Saat malam hari pastikan cahayanya gelap untuk membantu tidur. Usahakan tidak terekspos cahaya dari handphone atau tv 1-2 jam sebelum tidur.

Perhatikan Makanan & Minuman Yang Dikonsumsi

tidur nyaman
Source : Yvens Banatte on Unsplash

Makan dan minum yang kita konsumsi juga mempengaruhi kualitas tidur nyaman kita loh saat malam hari. Jangan mengonsumsi Kopi, Alkohol atau merokok sebelum tidut karena dapat mempengaruhi waktu tidur kita sampai 12 jam. Yang paling harus diperhatikan juga adalah tidak mengonsumsi makanan berat anatara 2 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, jangan mengonsumsi makanan manis seperti kudapan, karbohidrat sederhana sebelum tidur karena dapat membuat kita terjaga.

tidur nyaman
Source : Syed Hussaini on Unsplash

Jika tubuh kita terbiasa untuk mengonsumsi kudapan sebelum tidur, konsumsilah makanan ringan yang sehat seperti whole grain, cereal rendah gula, Yoghurt atau buah-buahan seperti pisang. Hal ini dapat membantu untuk yang terbiasa makan ringan sebelum tidur.

Lakukan 3 hal sederhana ini, dan perlahan-lahan akan mendapatkan tidur nyaman yang berpengaruh pada aktifitas sehari-harinya. Jangan lupa beli Pisang dan Yoghurtnya di Sayurbox, biar waktu dan kualitas tidurnya semakin lebih baik.

Related Articles

Aneka Resep Bengkoang!

Kalau selama ini hanya tau Bengkoang untuk langsung dimakan, atau dicampur dalam rujak berarti kamu salah besar. Bengkoang/Jicama ini...

Perbedaan Hasil Panen Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida

Ternyata hasil panen juga banyak jenisnya, kalau kali ini tergantung metode penanamannya. Ada Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida. Apa...

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil adalah salah satu kebahagiaan tersendiri tapi datang dengan tanggung jawab super besar. Harus menjaga kesehatan tubuh...

Post Comment