Written by at June 28, 2019
Inspirasi TerkiniManfaat Sayur dan Buah

Cara Menghentikan “Sugar Craving”

Siapa nih yang paling susah nolak yang manis-manis? Kalau lihat cookies atau coklat bawaannya lapar dan jadi ngidam banget? Atau biasa dikenal dengan istilah sweet tooth. Padahal istilah ini untuk orang yang lebih memilih makanan manis dibanding asin, tapi ini juga suka dijadikan alasan untuk engga bisa menjauh dari makanan manis!

Ternyata dibalik kemanisannya, Gula yang dikonsumsi berlebihan sangat tidak bagus. Apalagi tubuh yang selalu menginginkan makanan manis, ini adalah kebiasaan yang kurang baik loh dalam dunia kesehatan.

Source : Pexels

Gula pada dasarnya dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi untuk dapat bekerja dan beraktifitas dengan baik. Dalam sugar craving, beberapa orang punya alasan berbeda. Ada yang memang menginginkan makanan manis agar dapat bekerja secara baik dan fokus, ada juga yang hanya menginginkannya karena impulsif yang berakibat menyesal nanti.

Ada caranya kok tapi buat yang mau menjauh dari keinginan mengkonsumsi yang manis-manis.

Konsumsi Serat Lebih Sering

Bisa jadi pengen makan yang manis-manis karena belum kenyang sepenuhnya. Bisa jadi otak memberikan sugesti kalau dengan makan manis jadi lebih kenyang. Kalau seperti ini, tidak ada salahnya mencoba konsumsi serat lebih banyak. Serat didapatkan dari sebagian besar sayur, whole grains dan juga beberapa kacang-kacangan.

Minum Air Yang Cukup

Saat sugar craving menyerang, langsung minum segelas air. Minum air yang cukup juga mencegah keinginan mengkonsumsi minuman manis yang bisa jadi mengandung artificial sweetener didalamnya. Jadi, selalu sediakan 1botol air mineral siapa tau keinginan makan yang manis-manis menyerang secara tiba-tiba.

Source : Pexels

Ganti Pilihannya Yang Lebih Sehat

Kalau susah dihindari keinginan makan manis, coba untuk mengganti jenis makanannya dengan yang lebih sehat. Bisa jadi memang tubuh kamu membutuhkan gula sebagai energi, tapi untuk mencegah agar tidak berlebihan bisa diganti dengan buah-buah yang cenderung manis seperti Mangga, Jambu, Pepaya. Hal ini juga melatih otak untuk mengenali makanan manis yang lebih sehat dan kandungan gula yang lebih alami.

Mandi Air Panas

Ternyata dengan mandi air panas bisa menurunkan resiko sugar craving loh. Bahkan ada tekniknya meminimalisir sugar craving. Mandi air panas selama 5-10 menit dengan air mengalir ke bagian tulang belakang, teknik ini akan terasa seperti sauna. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan sugar craving yang berlebihan. Bisa dicoba!

Source : Pexels

Sugar Craving jika dibiarkan akan berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Padahal secara teknis, ada yang salah dengan tubuh kita. Jadi, sebelum terlambat jangan lupa diatasi yaa. Engga masalah kok mengkonsumsi makanan yang manis selama tidak berlebihan loh.

Jadi siapa yang berkomitmen menghentikan sugar craving?

Related Articles

Mengenal Sea Grapes dan Manfaatnya

Ada yang pernah mendengar Sea Grapes? Kalau belum, mungkin pernah dengar Umibudo juga? Atau belum juga? Tenang, hari ini kita akan mengenal...

Apa itu Quinoa, Manfaat & Cara Mengolah!

Buat teman-teman yang sedang mengusung resolusi 2020 untuk diet dan hidup lebih sehat, harus membaca tulisan kali ini. Sebelumnya kita...

Mengenal Manfaat Chia Seed

Bagi sebagian orang chia seed atau biji chia tidak begitu familiar, tapi sebagian orang lainnya mengkonsumsi chia seed sebagai salah satu...

Post Comment