Written by at September 24, 2018
Inspirasi • Kisah Petani

Cerita Petani Lokal Lembang

Hi, Sayurfriend!

Selamat Hari Tani untuk semua Petani di Indonesia. Terima Kasih karena sudah memberikan kualitas produk yang lebih baik bagi rakyat Indonesia. Siapa sangka, berkat Petani Indonesia lah ibu-ibu jadi lebih yakin asupan gizi untuk sang buah hati.

Kang Dadan, adalah salah satu petani Indonesia berdomisili di Lembang yang turut memberikan manfaat baik bagi pangan Indonesia lewat profesinya sebagai petani lokal. Dedikasi kang Dadan sejak SMA sudah menghasilkan sayur dan buahan yang bisa dinikmati dengan enak dan aman.

Berikut cerita Kang Dadan, Menjadi Petani Lokal Sejak SMA

Beliau sudah membantu sang Ayah dari SMA bertani, karena sang Ayah seorang petani membuat kang Dadan jadi bersemangat setiap pulang sekolah untuk bantu mencangkul, menyirami sayuran. Mental sejak SMA ini yang membuat Kang Dadan meneruskan usaha sang ayah untuk melanjutkan bertani. Siapa sangka, sekarang kang dadan sudah banyak membantu. Termasuk membantu Sayurbox dalam memberikan kualitas sayur dan buahan yang enak dan menyehatkan.

Hasil panen yang dipertahankan Kang Dadan

Kang Dadan sekarang sudah memanen tomat beef, baby buncis kenya, aneka beetroot, brokoli dan banyak lainnya. Dan tau ngga, semua hasil tani Kang Dadan laris manis di Sayurbox. Kenapa? Soalnya kualitas hasil panen yang dipertahankan Kang Dadan, agar tetap baik dan engga mengecawakan. Menurut Kang Dadan, menghasilkan kualitas sayuran yang baik juga engga lepas dari mengenal karakteristik lahan dan iklim sekitar loh.

petani lokal

Berdomisili di Lembang, Jawa Barat membuat Kang Dadan sudah paham banget iklim, lahan dan lingkungan sekitarnya. Karena penting untuk menghasilkan kualitas yang baik dan apakah cocok untuk tanaman yang dibudidayakan. Jadi, engga asal tanam loh Sayurfriend! Engga salah deh kalau kualitas sayurannya bagus semua.

Tantangan kang Dadan juga termasuk menjaga stabilitas harga

Walaupun sudah dari kecil mengenal profesi petani dan bertani, engga selamanya membuat jalan Kang Dadan mulus loh. Selain menghasilkan kualitas hasil panen yang baik dan terjaga, Kang Dadan juga masih kesulitan dalam menemukan bibit-bibit tanaman yang bagus, harga sayuran ketika dijual masih tidak stabil, sampai mahalnya biaya produksi. Tantangan kang Dadan juga termasuk menjaga stabilitas harga sayuran dan buahannya untuk pelanggan dan mitra beliau.

Namun, disamping tantangan yang dilalui Kang Dadan tiap harinya engga mengurungkan niatnya untuk terus memberikan hasil tani yang berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan berkesinambungan. Bertani sejak SMA membuat Kang Dadan menetapkan nilai-nilai tersendiri untuk hasil tani yang beliau berikan.

Untuk terus semangat bertani

Menurut beliau, menjadi Petani adalah sebuah pekerjaan mulia. Makanya itu untuk semua petani lokal, beliau berharap untuk terus semangat bertani, dan tetap berinovasi. Salut deh sama Kang Dadan.

 

Cerita Kang Dadan juga menginspirasi Sayurbox. Karena berkat kerja keras dan semangat kang Dadan, Sayurbox bisa memberikan produk berkualitas kepada Sayurfriend. Inilah kenapa Sayurbox mendedikasikan Hari Tani ini untuk membantu Kang Dadan.

Sebagian dari pendapatan Sayurbox hari ini, akan digunakan untuk melakukan renovasi gudang milik Kang Dadan di Lembang. Hal ini dilakukan, agar tujuan Kang Dadan dalam menjaga kualitas sayurannya tetap terjaga dan semakin memotivasi kang Dadan untuk bertani.

Sudahkah Sayurfriend belanja di Sayurbox hari ini? Karena kalau Sayurfriend belanja hari ini, Sayurfriend juga turut membantu merenovasi gudang milik Kang Dadan loh.

Related Articles

Tentang Petani Perempuan

Kata siapa bertani hanya pekerjaan lelaki? Perempuan juga bisa loh menlakukan pekerjaan bertani, banyak perempuan Indonesia menjadi Petani...

Dibalik Panen Yang Tidak Sempurna

Menjadi petani di manapun banyak suka dan dukanya, sukanya ketika lagi musim panen pasti ramai, tapi bahkan saat musim panen pun ada...

Cerita Petani : Kang Ewon & Tani Santri Milenial

Pemerintah sudah semakin giat mensejahterakan petani lokal nih. Baru-baru ini ada Tani Santri Milenial (TSM) di beberapa daerah di...

Post Comment