Written by at July 15, 2019
InspirasiKisah Petani

Cerita Petani : Kang Ewon & Tani Santri Milenial

Pemerintah sudah semakin giat mensejahterakan petani lokal nih. Baru-baru ini ada Tani Santri Milenial (TSM) di beberapa daerah di Indonesia. Program Kementrian Pertanian ini berfokus pada pemberdayaan minat generasi muda lewat peningkatan produksi pertanian di berbagai komoditas. Seperti di Cianjur Selatan tepatnya Cidaun, ada Kang Ewon sebagai ketua Tani Santri Milenial yang bertanggungjawab atas produksi komoditas di Cidaun.

tani santri milenial
Kang Ewon – Ketua Santri Milenial Cidaun

Kang Ewon setelah ditemui tim Sayurbox sangat bersemangat menceritakan tentang TSM sampai hasil panen di Cidaun. Menurut Kang Ewon, di Cidaun dengan cuaca yang cukup panas ada beberapa komoditas yang cocok dipanen dan ada yang tidak. Yang paling banyak di budidayakan adalah Pepaya, yang paling cocok dengan tanah di Cidaun walaupun cuacanya panas adalah Pepaya.

tani santri milenial

Di Cidaun sendiri lewat memanen Pepaya, sudah banyak generasi milenial yang ikut serta membantu dan pastinya tergabung dalam Tani Santri Milenial ini. Kalau kata Kang Ewon, jadi petani itu menyenangkan apalagi di Indonesia. Kaya akan hasil bumi, mau tanam apa aja bisa. Tapi keluh kesahnya harus menunggu panen.

“Semua hasil ada proses yang engga cepet” –Kang Ewon.

Salah satu tujuan dibentuknya Tani Santri Milenial adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin petani, dan membantu petani langsung ke konsumen dengan kualitas yang terjamin. Lewat TSM, bukan hanya bisa mensuplai pepaya ke konsumen tapi juga Kolang-Kaling dan banyak lagi hasil panennya.

Sayurbox juga sudah bisa menjangkau Kang Ewon dan Tani Santri Milenial di Cidaun, mengambil Pepaya yang ramai dipanen di Cidaun untuk kalian Sayurfriends!

Semangat belanja kalian di Sayurbox, juga seperti semangat Kang Ewon buat bertani bareng Tani Santri Milenial nih.

Yuk belanja di Sayurbox biar bisa bantu Kang Ewon.

Related Articles

Tentang Petani Perempuan

Kata siapa bertani hanya pekerjaan lelaki? Perempuan juga bisa loh menlakukan pekerjaan bertani, banyak perempuan Indonesia menjadi Petani...

Dibalik Panen Yang Tidak Sempurna

Menjadi petani di manapun banyak suka dan dukanya, sukanya ketika lagi musim panen pasti ramai, tapi bahkan saat musim panen pun ada...

Petani Asam Keranji di Baduy Dalam

Kalau berbicara tentang Petani Indonesia engga akan ada habisnya deh. Banyak banget Petani Indonesia yang tidak terjamah bahkan hampir...

Post Comment