Written by at December 13, 2017
InspirasiMitra Petani

Cipta Agri Pratama

Cipta Agri Pratama adalah mitra Sayurbox yang membudidayakan lemon california, pisang, dan jeruk dekopon. Sama seperti petani kebanyakan mendirikan perkebunan tidak selalu berjalan mulus, terutama bagi pemilik Cipta Agri Pratama yang tidak memiliki background sebagai seorang petani.

Berawal sebagai karyawan swasta yang mulai melirik dunia pertanian dan bertekad meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk terjun langsung dan menekuni dunia pertanian. Rintangan pertama pun muncul dari penolakan permohonan resign yang terus – menerus diterima oleh pemilik Cipta Agri Pratama. Belum lagi tawaran untuk memberikan gaji yang lebih besar dari sang atasan yang berusaha untuk mencegah meninggalkan perusahaan. Namun karena keputusan sudah bulat untuk meninggalkan perusahaan demi menekuni dunia pertanian, akhirnya permohonan resignpun diterima.

Setelah resign akhirnya perjalanan panjang untuk memulai menekunin hal baru yaitu dunia pertanian. Awal perjalanan ini dimulai dengan membudidayakan tanaman jahe. Rintangan selanjutnya akhirnya muncul dikarenakan tanaman jahe yang dibudidayakan mengalami gagal panen. Gagal panen pertama yang dialami oleh pemilik Cipta Agri Pratama ini tidak membuatnya patah semangat, hal ini malah semakin membakar semangat pemilik Cipta Agri Pratama untuk menekuni dan menambah wawasannya dalam dunia pertanian.

Pada percobaan selanjutnya pemilik Cipta Agri Pratama menanam golden melon dan cabai, percobaan kedua inipun tidak berjalan dengan mulus. Dikarenakan satu dan lain faktor, golden melon dan cabai yang sedang di tanaman ini mengalami gagal panen. Setelah untuk kesekian kalinya merugi, pemilik Cipta Agri Pratama memutuskan untuk mencari komoditas buah – buahan yang tidak musiman dan berbuah sepanjang tahun. Akhirnya diputuskan bahwa pisang adalah jawabannya. Waktu berjalan sekitar satu setengah tahun, akhirnya untuk pertama kalinya Cipta Agri Pratama berhasil panen.

Tidak puas hanya dengan kebun pisang, Cipta Agri Pratama mencoba peruntungan untuk menanam lemon california dan jeruk dekopon. Budidaya lemon california dan jeruk dekopon inipun berjalan dengan baik dan berhasil panen.

Setelah stabil dengan budidaya pisang, lemon california, dan jeruk dekopon Cipta Agri Pratamapun memberanikan diri untuk untuk mensupply hasil panennya kepada produsen buah – buahan lokal. Tidak sampai disitu saja Cipta Agri Pratama pun mencoba melebarkan sayap dengan mensupply hasil panen ke supermarket dan pasar induk di Jakarta dengan merk dagang sendiri.

Cipta Agri Pratamapun selalu berusaha mengedepankan prinsip – prinsip usaha secara inovatif, dinamis, dan konsisten khususnya dalam melihat peluang pasar yang lebih besar. Pelayanan, pengalaman, dan kemampuan secara profesional untuk memberikan hasil terbaik juga menjadi misi Cipta Agri Pratama dalam melaksanakan bidang usaha.

 

Related Articles

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Buah Eksotis Indonesia Paling Terkenal!

Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan sumber daya alam termasuk buah. Buah-buah yang tumbuh di Indonesia sudah cocok dengan iklim...

Teknik Memasak Yang Jarang Kita Ketahui

Kalau nonton kompetisi memasak di televisi pasti suka bertanya-tanya kan mereka melakukan apa dan bagaimana. Banyak istilah yang disebutkan...

Post Comment