Written by at October 09, 2019
Kisah Petani

Dibalik Panen Yang Tidak Sempurna

Menjadi petani di manapun banyak suka dan dukanya, sukanya ketika lagi musim panen pasti ramai, tapi bahkan saat musim panen pun ada dukanya. Beberapa hari ini Sayurbox mendapatkan kabar kalau beberapa Petani mendapatkan hasil panen yang tidak sempurna.

Hasil panen yang tidak sempurna atau biasa disebut dengan imperfect produce, hasil panen buah dan sayur yang secara ukuran maupun bentuk tidak seperti buah dan sayur pada umumnya. Ternyata hal ini menyulitkan petani kita.

Sayur seperti wortel brastagi dari Tani Sumatera, datang dengan bentuk wortel yang tidak umum, dengan patahan dibagian ujung menjadikan wortel seperti berkaki, atau ukuran yang terlalu kecil maupun terlalu besar. Percaya atau tidak, kita sering menolak produk seperti ini kalau di pasar maupun supermarket.

imperfect

Contoh lainnya adalah Pepaya California dari Bu Siska, yang datang dengan ukuran super mini jauh dari kata umum untuk ukuran pepaya california seharusnya. Hal ini kadang menyusahkan bagi ibu Siska karena kita pasti cenderung memilih ukuran pepaya california yang besar kan?

Imperfect Produce yang dipanen petani kita ini menyebabkan petani harus memutar otak bagaimana agar hasil panennya tidak terbuang, tetap terjual walaupun dengan harga yang tidak seberapa. Imperfect Produce yang dipanen oleh petani hanya memiliki masalah pada ukuran dan bentuk, tapi soal bagian dalam buah, rasa sayur dan kandungan nutrisi keduanya tetap sama dan tidak berkurang sedikitpun.

Keinginan kita untuk mengonsumsi buah dan sayur yang sempurna ternyata membawa kesedihan bagi petani imperfect produce, mereka terpaksa harus membuang hasil panen, menjual rugi atau tidak menjual dengan cukup. Padahal kita belum sempat melihat bagaimana tampilan dalam maupun rasa buah dan sayur tersebut.

Padahal, buah dan sayur yang panennya tidak sempurna terjadi karena kondisi alamiah dan penyebab yang kadang belum pasti. Namun karena sistem kontrol yang susah mengakibatkan imperfect produce ini jarang disukai.

Yuk, bantu petani lokal kita menjual hasil panen tidak sempurna mereka agar semua hasil panen merkea mendapatkan keuntungan yang cukup. Tidak selamanya yang berbentuk jelek dan berukuran mini itu tidak baik loh.

Cobain dulu imperfect produce dari Tani Sumatera dan Bu Siska di Sayurbox.

Related Articles

Cerita Petani : Kang Ewon & Tani Santri Milenial

Pemerintah sudah semakin giat mensejahterakan petani lokal nih. Baru-baru ini ada Tani Santri Milenial (TSM) di beberapa daerah di...

Petani Asam Keranji di Baduy Dalam

Kalau berbicara tentang Petani Indonesia engga akan ada habisnya deh. Banyak banget Petani Indonesia yang tidak terjamah bahkan hampir...

Cerita Petani Lokal Lembang

Hi, Sayurfriend! Selamat Hari Tani untuk semua Petani di Indonesia. Terima Kasih karena sudah memberikan kualitas produk yang lebih baik...

Post Comment