Written by at October 22, 2019
Tips & Trik

Durian Paling Terkenal seluruh Asia

Di Indonesia pasti familiar sama Durian, sudah bukan hal baru kalau Durian ini punya love-hate relationship sama banyak orang. Durian adalah rajanya buah yang paling terkenal di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia. Kalau Indonesia juga punya durian Montong, di beberapa negara Asia tersebut juga punya loh durian paling terkenalnya.

Musang King – Malaysia

durian
Source : food.detik.com

Kalau pecinta durian, kamu wajib tau yang paling terkenal khususnya di Malaysia adalah Musang King atau Mao Shan Wang yang dalam bahasa Indonesia disebut juga Raja Kunyit. Kenapa? Karena warna daging buah yang berwarna kuning kunyit dan sangat pekat. Musang King paling terkenal karena rasanya yang manis, tekstur yang creamy dan daging buah yang tebal. Bayangkan deh, harga Musang King mencapai RM60/kg atau setara 200rb rupiah! Karena ukuran duriannya yang terkenal besar juga maka harga 1 buah duriannya bisa mencapai RM100 atau setara 300rb rupiah. Saking terkenalnya, banyak banget penjual yang mencoba menjual durian biasa mereka dengan nama Musang King, padahal dari segi bentuk, rasa aja sudah sangat berbeda.

Golden Pillow – Thailand

durian
Source : migrationology.com

Bangkok juga terkenal dengan kekayaan duriannya pada saat musimnya. Kalau ke Bangkok jangan lupa cobain Golden Pillow atau biasa disebut juga oleh masyarakat lokal sebagai Durian Monthong. Golden Pillow adalah jenis durian besar yang paling banyak di ekspor sampai ke Amerika Utara dan Cina. Ukurannya cukup besar dengan duri yang juga cukup besar, daging buahnya berwarna kuning dan cukup tebal. Walaupun begitu Golden Pillow cukup berbeda dari Musang King karena tidak terlalu memiliki wangi yang menyengat, Golden Pillow bahkan termasuk durian yang tidak memiliki bau yang menyengat. 1 kilogram Golden Pillow dihargai 50 – 100 THB atau setara 20 – 46rb rupiah, kalau kebetulan ke Bangkok saat musim durian jangan lupa cobain Golden Pillow ya!

Durian Medan – Indonesia

durian
Source : lifestyle.okezone.com

Nah kalau di Indonesia menurut kamu durian apa nih yang paling terkenal? Kalau menurut Sayurbox durian apa saja selalu mendapat tempat spesial untuk pecinta durian, tapi yang sering ditunggu adalah Durian Medan. Medan memang jadi tempat bagi yang mau mencicipi durian sepuasnya di Indonesia, terutama duriannya yang sangat menggoda. Durian medan memiliki daging buah yang berwarna putih kekuningan dan daging buah yang cukup tebal dengan rasa manis dan tekstur yang juga creamy pantas banget dikejar banyak orang. Durian Medan di Indonesia sendiri dijual yang sudah dikupas dengan harga sekitar 50rb rupiah, jika belum dikupas kebanyakan dijual dalam bentuk kilogram.

Kamu paling favorit durian mana nih? Kalau lagi musim Durian, di banyak daerah di Indonesia kalian bisa menemukan hampir di setiap sudut jalan banyak durian bertebaran. Nah, kalau udah ngga tahan mau makan durian, di Sayurbox lagi ada durian kupas loh mumpung bisa dapet gratis ongkir nih!

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment