Written by at February 17, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 10 Fakta dan Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan

Jamur sudah menjadi komoditas pangan yang cukup digemari. Beberapa jenis jamur bahkan sudah dikenal luas. Salah satunya yaitu jamur shimeji. Bagi pecinta makanan Jepang, pastinya sudah familiar dengan jamur yang satu ini, bukan? Biasanya, jamur shimeji ditemui dalam sup miso atau shabu-shabu. Nah, untuk kamu yang belum mengenal jamur bernama latin Hypsizygus tessellatus ini, berikut adalah 10 fakta dan manfaat jamur shimeji untuk kesehatan.

 

Fakta dan Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Shimeji
Fakta dan Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Kaya akan antioksidan

Meskipun tidak memiliki warna yang cerah seperti sayur dan buah-buahan berantioksidan lainnya, jamur shimeji memiliki beberapa senyawa antioksidan di dalamnya. Beberapa senyawa tersebut antara lain yaitu, selenium, beta-glukan, dan ergothioneine.

 

Peran senyawa antioksidan sangat penting untuk melindungi imun tubuh. Terutama sebagai penangkal efek samping yang diakibatkan dari penumpukan radikal bebas dalam tubuh.

 

2. Menekan risiko kanker

Beberapa kandungan antioksidan dalam jamur shimeji, seperti selenium dan beta-glukan, diyakini bisa membantu menekan risiko kanker.

 

Pada dasarnya, kedua senyawa tersebut berfungsi meminimalisir efek radikal bebas dalam tubuh. Apabila dibiarkan dan menumpuk dalam rentan waktu yang lama, efek buruk ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit kronis, salah satunya yaitu kanker.

 

3. Sumber vitamin D

Sulit sekali menemukan sumber pangan nabati yang mengandung vitamin D. Kebanyakan, jenis vitamin D memang lazim ditemui pada produk makanan hewani. Nah, salah satu sumber pangan non-hewani yang mengandung vitamin ini yaitu jamur-jamuran, termasuk jamur shimeji.

 

Vitamin D memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, selain baik untuk menjaga kekuatan dan pertumbuhan tulang, vitamin ini juga berperan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ kardiovaskular.

 

4. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Salah satu senyawa antioksidannya, yaitu beta-glukan, diyakini memiliki manfaat baik untuk menjaga dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa khas pada jamur ini bekerja dengan melarutkan kolesterol, kemudian membuangnya keluar dari tubuh.

 

Masih dengan manfaat yang sama, kandungan gizi lainnya, yaitu niasin juga berperan sebagai penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Apalagi, kandungan ini merupakan salah satu kandungan yang paling banyak dimiliki oleh jamur yang satu ini.

 

Niasin sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL (Low Density Lipoprotein). Untuk menekan hal itu, niasin bekerja dengan menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dalam tubuh.

 

Baca juga: 9 Resep Jamur Shimeji ala Rumahan yang Nikmat dan Sehat

 

5. Sumber vitamin B

Tak hanya vitamin D, jamur shimeji juga mengandung vitamin B. Jenis vitamin yang terdapat pada jamur ini diantaranya riboflavin, niasin, asam pantotenat, tiamin, dan vitamin B6.

 

Manfaat vitamin B sendiri cukup beragam. Misalnya pada asam pantotenat, senyawa ini berperan untuk menjaga fungsi kerja hati dan meningkatkan produksi sel darah merah.

 

Jenis vitamin B lainnya, yaitu riboflavin, merupakan jenis vitamin B2 yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan meningkatkan energi dengan cara mengubah karbohidrat menjadi sumber energi.

 

Ingin merasakan manfaat jamur shimeji ini? Kamu bisa membeli jamur shimeji segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga dengan klik tombil “Belanja” di bawah ini!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Penetral racun dalam tubuh

Senyawa antioksidan lainnya, yaitu selenium, memiliki fungsi sebagai penetral racun dalam tubuh. Caranya yaitu dengan mengubah racun menjadi cairan biasa yang tidak berbahaya.

 

Tak hanya penetral racun, peran lain selenium yaitu sebagai perangsang tubuh sehingga produksi selenoprotein lebih optimal. Fungsi selenoprotein sendiri berkaitan erat dengan kesehatan tubuh seseorang.

 

7. Sebagai antiinflamasi

Tak hanya sebagai antioksidan, jamur shimeji juga berfungsi sebagai antiinflamasi alami. Sesuai dengan namanya, kandungan ini berperan sebagai pencegah terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Perannya tersebut didapat dari senyawa bernama ergothioneine, yang juga dipercaya ampuh untuk menurunkan efek peradangan pada tubuh.

 

Baca juga: Selain Enak, Ini 10 Manfaat Jamur Tiram yang Bisa Kamu Rasakan

 

8. Menjaga keseimbangan hormon

Selain vitamin D, kekuatan tulang dan gigi juga membutuhkan asupan lainnya agar tetap optimal. Salah satu kandungan tersebut adalah fosfor.

 

Fosfor dalam jamur shimeji memiliki beberapa manfaat penting, seperti memastikan keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan reproduksi, dimana ketersediaan dan keseimbangan hormon berperan penting dalam hal itu.

 

Bagaimana cara fosfor menjaga keseimbangan hormon? Pertama, fosfor akan berinteraksi dengan kelenjar endokrin yang terdapat dalam tubuh, kemudian senyawa ini akan membantu mengontrol produksi dan pelepasan hormon dalam tubuh.

 

9. Menjaga kadar tekanan darah

Salah satu kandungan penting dalam jamur shimeji yaitu kandungan kaliumnya. Kandungan ini berfungsi untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh agar tetap stabil. Tingginya kadar cairan atau tekanan darah tersebut berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kronis lainnya, salah satunya yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

10. Menjaga kesehatan organ kardiovaskular

Masih dengan kasus yang sama, gangguan hipertensi memang terbilang kompleks. Karena penyakit ini memang berpotensi menimbulkan penyakit kronis lainnya, seperti serangan jantung.

 

Manfaat jamur shimeji dalam menjaga kesehatan organ kardiovaskular tentu tidak lepas karena kehadiran senyawa beta-glukan dan ergothioneine di dalamnya. Kedua kandungan inilah membuat jamur shimeji bermanfaat menjaga kesehatan organ penting tersebut.

 

Baca juga: Kenali 3 Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram dan Jamur Kancing

 

Nah, itulah 10 fakta dan manfaat jamur shimeji untuk kesehatan. Meskipun tampilan jamur yang satu ini tidak semenarik sayuran atau buah-buahan berwarna cerah lainnya, namun ternyata jamur ini menyimpan berbagai manfaat penting bagi tubuh dan kesehatan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli jamur shimeji di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment