Written by at September 14, 2018
Manfaat Sayur dan Buah

Kentang : Fakta, Tips, Resep Mudah dan Cepat!

Hi, Sayurfriend.

Kentang memang punya tempat tersendiri untuk beberapa orang, banyak yang meyakini kalau mengganti nasi dengan kentang bisa membantu menurunkan berat badan loh.  Seberapa banyak dari sayurfriend yang mengganti asupan nasi dengan kentang?  Dan ternyata jenis umbian ini juga punya banyak manfaat lainnya juga. Eh, tapi tau ngga kalau kentang yang dimasak dengan baik dan benar bisa memberikan manfaat yang lebih juga loh. Berikut ada Fakta dan Tips penting seputar kentang, lebih lagi ada beberapa ide resep buat dimasak nih.

Kentang

Kentang yang direbus dan airnya dibuang ternyata vitamin dan manfaat baiknya ikut terbuang loh.

Kenapa bisa begitu? Karena saat direbus, ada vitamin, mineral dan nutrisi pada rasa kentang. Terkhususnya rasa itu sendiri punya banyak manfaat, jadi bayangkan ketika merebus dengan air dan airnya dibuang dan vitamin, nutrisinya sudah terekstrak ke dalam airnya berarti semua nutrisinya terbuang. Too bad.

There’s another way to enjoy potato without having to worry about the benefit wasted.

Tips merebus kentang dengan benar.

  1. Cuci kentang dengan bersih, jika ingin dikupas terlebih dahulu boleh dilakukan.
  2. Kentang yang dicuci bersih, dapat dipotong dadu kecil atau sesuai selera.
  3. Rebus kentang dengan krim, dan butter atau cairan lainnya yang sekiranya dapat digunakan kemudian
  4. Ketika proses merebus selesai, cairan tidak harus dibuang karena sebelumnya kentang telah dicuci bersih.

Proses ini dapat diikuti jika Sayurfriend akan membuat mashed potatoes atau untuk bahan membuat perkedel.

Kentang Organik

Kentang yang disimpan pada suhu dibawah 10 derajat celcius dapat berubah rasanya menjadi manis.

Kok bisa? Kalau kentang diletakkan di dalam kulkas atau freezer dengan suhu dibawah 10 derajat celcius maka pati kentang dapat berubah menjadi gula, menghasilkan rasa manis, dan kemungkinan akan berubah warna saat dimasak. Ini kenapa kebanyakan dirumah, kentang disimpan di tempat dengan suhu ruangan dan di tempat gelap. Eits tapi jangan sengaja menyimpan kentang agar jadi manis ya, karena setelah patinya berubah menjadi gula dan kentang dimasak malah akan menjadir acun bagi tubuh. Avoid that!

baby potatoes

Kentang ternyata punya banyak jenis, warna, ukuran dan nama lain loh.

Kalau di Indonesia, sayurfriend pasti hanya mengenal kentang. 1 nama untuk semua jenis dan ukuran, tapi kebanyakan kentang dengan kulit berwarna coklat dan bentuk yang bervariasi. Tapi kalau diluar negri, Yam, atau ubi kuning sering disebut sweet potatoes. Kenapa? Soalnya teksturnya seperti kentang tapi rasanya lebih manis. Ada juga baby potatoes, kentang berukuran mungil kecil dan dapat dikonsumsi dengan 1 kali lahap. Belum lagi kentang Dieng yang terkenal, kentang granola aceh dan banyak kentang lainnya. Penasaran? eh boleh loh beli di sayurbox!

sweet potato

Ada resep buat mengolah bahan makan favorit kalian nih. Selain dibuat mashed potatoes, dapat dibuat juga perkedel, kroket dengan berbagai macam isian, sup kentang tanpa susu, atau dapat direbus dan dijadikan pengganti nasi. Your choice! Which kind of potato creation do you want?

 

Related Articles

10 Manfaat Sawi Putih yang Bisa Kamu Rasakan

Sawi putih yang bernama latin Brassica rapa subsp pekinensis adalah sayur yang paling sering diolah menjadi hidangan sayur yang lezat. Sawi...

Ketahui 9 Manfaat Infused Water untuk Kesehatan dan Kesegaran Tubuh

Infused water adalah air mineral yang ditambahkan dengan potongan buah atau daun herbal di masukkan ke dalam botol minum. Setelah itu...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment