Written by at December 04, 2019
BabyBaby Food

Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

Banyak orang mengenalkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi alpukat. Buah ini adalah superfood yang baik dikonsumsi siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga bayi yang baru memasuki masa MPASI. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan bayi. Untuk ibu yang sedang berniat memberikan asupan tambahan untuk bayi, alpukat adalah salah satu buah yang wajib dicoba. Yuk, simak ini 5 manfaat alpukat untuk bayi yang perlu ibu ketahui.

 

Ini manfaat alpukat untuk bayi yang perlu ibu ketahui.

 

  1. Alpukat membantu perkembangan otak bayi

manfaat alpukat untuk bayi
Alpukat membantu perkembangan otak bayi. (Foto: Pixabay)

Sebagian orang mungkin skeptis dengan kata lemak, padahal lemak juga memiliki manfaat untuk tubuh, terutama pada bayi. Namun, lemak yang bermanfaat tentu adalah jenis lemak baik seperti yang terkandung di dalam alpukat. Lemak pada alpukat adalah lemak nabati tunggal yang sifatnya sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi.

 

Lemak baik ini merupakan salah satu bahan baku paling penting untuk perkembangan otak. Singkatnya, mekanisme komunikasi dan sel-sel otak dibangun dari lemak. Oleh karena itu keseimbangannya dapat memengaruhi kecerdasan anak

 

Lemak yang baik dari alpukat dapat membantu membangun otak yang sehat dan cerdas terutama selama tahap-tahap kritis perkembangan, serta membiarkannya mencapai potensi terbaiknya.

 

  1. Kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat menjaga kesehatan bayi

manfaat alpukat untuk bayi
Kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat menjaga kesehatan bayi. (Foto: Pixabay)

Selain mengadung nutrisi dan vitamin yang baik untuk perkemban bayi, alpukat juga tinggi antioksidan dan bersifat anti-mikroba serta anti-inflamasi. Kandungan tersebut membuat alpukat tidak hanya memasok nutrisi penting bagi tubuh bayi, tetapi juga dapat menetralkan dan menghilangkan racun keluar dari tubuhnya. Selain itu, juga membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi, artinya dapat mengontrol peradangan yang ditimbulkan oleh berbagai faktor eksternal tubuh, patogen dan kerusakan jaringan. Dengan begitu, alpukat juga dapat membantu menyembuhkan luka, goresan dan ruam pada kulit lebih cepat daripada antibiotik dan obat lain. Alpukat juga memiliki sifat antimikroba untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh patogen.

 

Baca juga: Begini 5 Cara Memilih Alpukat Matang yang Benar

 

  1. Kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi

manfaat alpukat untuk bayi
Alpukat kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi. (Foto: Pixabay)

Alpukat adalah salah satu buah terbaik untuk bayi, terutama dalam hal membantu perkembangan otak karena kaya akan lemak tak jenuh. Pasalnya, bayi tidak dianjurkan untuk melakukan diet rendah lemak karena mereka membutuhkan lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan terutama pada usia emas, satu hingga dua tahun

 

Memberi alpukat untuk bayi, maka kamu dapat memasok asupan vitamin A, vitamin B6, vitamin K, vitamin C dan vitamin E dan mineral, termasuk kalsium, zat besi, kalium, natrium dan seng. Semua itu bisa ibu dapatkan hanya dengan satu buah, yaitu alpukat.

 

Ingin langsung memberikan alpukat untuk bayimu? Yuk, beli alpukatnya di Sayurbox, sekarang! Cari tahu juga dua manfaat alpukat lainnya yang baik untuk kesehatan bayi.

 

  1. Membantu menjaga berat badan bayi

manfaat alpukat untuk bayi
Alpukat membantu menjaga berat badan bayi. (Foto: Pixabay)

Alpukat tinggi serat, rendah karbohidrat dan dapat mencegah meningkatnya tekanan gula darah. Ketiga kandungan tersebut sangat berguna untuk menjaga berat badan bayi. Dengan mengonsumsi alpukat, bayi tidak hanya mendapatkan makanan yang mengenyangkan, tetapi juga gizi yang seimbang dan terhindar dari obesitas.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

  1. Vitamin A di dalam alpukat menjaga kesehatan mata bayi

manfaat alpukat untuk bayi
Vitamin A di dalam alpukat menjaga kesehatan mata bayi. (Foto: Pixabay)

Selain berguna untuk perkembangan otak dan metabolisme, alpukat untuk bayi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada alpukat dapat menjadi asupan penting bagi mata, walaupun hanya sebanyak 7mikrogram tapi jika dikonsumsi dengan wortel dan sumber vitamin A lain akan berdampak cukup besar.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

Jadi, apakah kamu sudah memberikan alpukat untuk bayimu? Yuk, belanja alpukat sekarang di Sayurbox!

Related Articles

Cobain Yuk, 8 Cara Membuat Onion Ring yang Renyah dan Gurih

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, pasti rasanya kangen sekali dengan camilan dan juga makanan cepat saji. Salah satu...

11 Aneka Olahan Pisang yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Pisang merupakan buah tropis dengan popularitas yang tinggi. Dalam sebuah pisang terkandung serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan...

Yuk, Cari Tahu 7 Manfaat Jeruk Baby untuk Si Kecil

Buah yang identik dengan warna oranye ini, memang sangat digemari berbagai kalangan. Selain rasanya yang bikin ketagihan, buah jeruk juga...

Post Comment