Written by at October 21, 2019
Inspirasi Terkini

Inspirasi Menjadi Petani Muda

Kata siapa menjadi petani hanya pekerjaan orang tua saja, anak muda juga bisa loh menjadi petani yang berbakat. Mungkin beberapa petani muda datang dari mewariskan pekerjaan orang tua, tapi ada juga beberapa orang yang memutuskan sendiri untuk menjadi petani di usia muda. Berikut cerita beberapa orang soal inspirasi menjadi petani muda.

Taufik, Bank sampai Kebun.

Taufik baru berumur 25 tahun, tapi sudah berani memutuskan untuk menjadi petani saja di Lembang. Sebelumnya ia bekerja sebagai karyawan di instansi perbankan selama 6 tahun, waktu yang lama dan keputusan yang besar untuk langsung menginginkan menjadi petani. Saat itu Taufik belum memiliki banyak pengetahuan tentang dunia pertanian, tentu saja ada yang menjadi mentornya. Pak Ulus adalah orang yang turut membantu Taufik dalam mempelajari ilmu dalam dunia pertanian. Maka dari itu, Taufik meng-klaim bahwa dari pengetahuannya tentang pertanian sekarang dan setelah diterapkan, penghasilannya jauh lebih besar dari pekerjaan ia sebelumnya.

Taufik adalah contoh sederhana kalau menjadi petani muda bukan hal yang menakutkan bahkan memalukan. Ia justru membuktikan bahwa menjadi petani di usia 25 tahun memberikan ia banyak hal, termasuk hal yang tidak ia sangka-sangka sebelumnya.

James Cameron, Petani Muda Blasteran.

Yang bukan orang asli Indonesia saja memutuskan untuk bertani di tanah Indonesia. James memutuskan untuk bertani Kale, Herbs dan tumbuhan organik bahkan edible flower. Usia masih muda, tapi sudah memiliki semangat untuk kembali mengajak generasi mudah untuk bertani lagi. Justru di usia muda James, ia habiskan untuk menjaga dengan baik panennya dan menghasilkan hasil panen yang super. Menurut James, bertani memberikan banyak pelajaran bukan hanya tentang memberikan hasil panen terbaik. Bahkan James termasuk dalam petani yang juga turut menjalani hidup sehat, seperti mengonsumsi smoothies pada pagi hari dengan bahan-bahan dari kebunnya sendiri.

James adalah contoh petani muda yang bahkan bukan asli Indonesia tapi memilih untuk menjadi petani di Indonesia. Membuktikan bahwa menjadi petani bukan hanya sekedar pekerjaan turun temurun tapi juga berasal dari hati.

Memilih untuk menjadi petani muda memang tidak gampang, padahal di usia muda banyak hal bisa dilakukan. Eksplor dunia dan mencoba banyak hal namun ketika memutuskan untuk bertani saja, patut diacungi jempol.

Jadi, kalau kamu bisa memilih mau ngga jadi petani muda?

Related Articles

Ikut Kontes Foto Bekal, Raih Hadiah Jutaan Rupiah!

Si kecil kembali masuk sekolah, saatnya Sayurfriends kembali berkreasi! Pasti udah kangen banget kan pagi-pagi nyusun ini itu dalam...

7 Ide Isian Parcel Buah untuk Hantaran dengan Bujet Terbatas

Memberikan parcel isi buah sebagai hantaran di momen natal dan tahun baru adalah sebuah ide yang sangat tepat. Dibandingkan camilan dan...

5 Ide Hampers Makanan Unik untuk Rayakan Natal dan Tahun Baru

Momen natal dan tahun baru akan segera tiba. Inilah saat yang tepat untuk mengirim hampers kepada keluarga dan sahabat tercinta. Agar tidak...