Written by at March 18, 2021
Tips & Trik

Ini Rekomendasi 11 Isi Parcel Lebaran yang Bermanfaat

Memberi bingkisan atau parcel pada orang terdekat saat Lebaran, memang bukan tradisi yang diwajibkan untuk dilakukan. Namun, kebiasaan ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dan ucapan terima kasih pada orang-orang tersebut. Parcel sendiri bisa berisi berbagai macam jenis barang, mulai dari makanan, sembako, hingga perkakas dapur sekalipun. Meskipun tidak ada patokan, namun alangkah baiknya jika barang-barang tersebut memiliki manfaat bagi mereka dan bisa dipergunakan kembali di kemudian hari. Setelah kamu menentukan barang apa saja yang ingin kamu berikan, selanjutnya kamu tinggal menyusun dan menghiasnya menjadi satu hingga menjadi parcel yang cantik dan unik. Untuk kamu yang masih bingung ingin memberi barang apa untuk sanak saudara atau teman terdekat kamu, berikut ini adalah rekomendasi 11 isi parcel Lebaran yang bermanfaat.

 

Rekomendasi Isi Parcel Lebaran yang Bermanfaat

isi parcel lebaran
Rekomendasi Isi Parcel Lebaran yang Bermanfaat. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman merupakan salah satu barang populer yang digunakan sebagai isian parcel. Selain lebih praktis dalam mengemasnya, produk makanan dan minuman juga lebih tahan lama. Varianya pun lebih banyak, sehingga bisa menyesuaikan pilihan dan harga sesuai kondisi keuangan kalian. Umumnya, makanan dan minuman yang digunakan adalah biskuit kaleng, cokelat, kopi, sirup, teh, minuman kaleng, susu kaleng, atau makanan kemasan lainnya.

 

2. Kue kering

Kurang lengkap rasanya menyambut hari Lebaran tanpa kehadiran kue kering, seperti nastar, kastengel, lidah kucing, dan putri salju. Kue-kue ini memang sengaja disajikan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi. Untuk kamu yang ingin memberi parcel untuk orang terdekat, tentu kue kering bisa menjadi pertimbangan.

 

3. Sembako

Isian parcel yang satu ini pastinya sangat bermanfaat. Kebutuhan dapur seperti sembako, tentunya dibutuhkan di setiap rumah, sehingga jika kamu memberi orang tersebut parcel dalam bentuk ini, pastinya bisa mereka gunakan dan manfaatkan. Beberapa barang sembako yang kerap digunakan antara lain seperti, tepung terigu, minyak goreng, margarin, kecap, dan sarden kalengan.

 

Baca juga: Cari Tahu 9 Isi Paket Sembako yang Sesuai Kebutuhan

 

4. Dinnerware set

Bagi para ibu rumah tangga, pastinya isian parcel yang satu ini begitu dinanti. Dinnerware set atau seperangkat alat makan, tentu bisa mempercantik tampilan meja makan mereka. Beberapa jenis barang yang terdapat dalam satu set dinnerware antara lain, gelas, sendok, pisau, dan garpu. Sebelum membelinya, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu jumlah orang di keluarga tersebut, sehingga semua anggota keluarga bisa menggunakannya.

 

5. Stationery

Isian parcel yang satu ini tentu lebih cocok diberikan kepada teman-teman kantor. Meskipun terkesan sederhana, namun alat-alat tersebut akan lebih berguna dan mereka butuhkan saat bekerja nanti. Sedikit tips, pilihlah stationery yang unik dan lucu, misalnya yang bergambar idola atau anime kesukaan mereka.

 

Ingin mencoba merangkai isi parcel Lebaran sendiri di rumah? Kamu bisa membeli sembako, buah-buahan, dan berbagai makanan serta minuman untuk isi parcel Lebaran di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Peralatan dapur

Selain dinnerware set, isian parcel yang cocok diberikan untuk teman atau saudara wanita yang sudah berumah tangga tentunya adalah peralatan dapur. Peralatan tersebut pastinya akan lebih berguna, karena bisa mendukung aktivitas dan hobi memasak mereka. Contoh barangnya antara lain seperti, wajan, panci, teflon, talenan, dan panci presto. Jika kamu memiliki rezeki lebih, kamu bisa memberikan mereka alat masak elektrik, seperti waffle maker, toaster, alat pemanggang sandwich, ataupun microwave.

 

7. Perlengkapan ibadah

Untuk menyambut hari raya Lebaran, tidak ada salahnya jika kamu memberikan parcel dengan isi perlengkapan ibadah kepada teman dan sanak saudara terdekat kamu. Kelak, mereka bisa menggunakannya saat shalat Idul Fitri nanti. Beberapa produk tersebut antara lain seperti, sarung, baju koko, mukena, peci, atau sajadah.

 

Baca juga: 10 Buah Segar Kado untuk Hari Ibu yang Efektif Mencegah Penuaan Dini

 

8. Kosmetik dan alat makeup

Untuk para wanita, tidak ada salahnya kok memberikan teman kalian parcel berisi keperluan kosmetik dan alat makeup. Teman kamu pastinya akan senang ketika mendapatkannya. Namun, perlu diperhatikan, karena tidak semua wanita cocok dengan produk atau brand kecantikan tertentu, maka cari tahu terlebih dahulu brand atau jenis kosmetik apa yang biasa mereka gunakan.

 

9. Alat mandi

Peralatan mandi seperti sabun, sampo, lotion, dan lain sebagainya juga cocok kamu berikan sebagai isian parcel. Meskipun terlihat sederhana, namun barang-barang tersebut pasti akan berguna dan bermanfaat bagi mereka. Jika mereka memiliki bayi, kamu juga bisa memberikan peralatan mandi khusus bayi.

 

10. Taplak meja atau sprei kasur

Parcel berisi taplak meja atau sprei memang jarang terdengar. Tapi, kalau kamu memilih parcel yang satu ini, dijamin si penerima akan senang menerimanya. Sebab, taplak meja dan sprei kasur pasti akan digunakan dan sangat dibutuhkan di dalam rumah. Terlebih lagi, saat Lebaran nanti, pasti rata-rata pemilik rumah banyak menerima tamu yang menginap di rumah mereka. Maka, isi parcel berupa taplak meja atau sprei kasur ini tentu akan sangat terpakai.

 

11. Buah-buahan

Isian parcel yang satu ini terbilang umum dan yang paling populer. Meskipun hanya berisi buah-buahan, namun isian tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan mereka. Saat Lebaran tiba, hampir dipastikan makanan yang tersaji saat itu kebanyakan adalah olahan daging dan santan. Untuk menyeimbangkan asupan dan kebutuhan harian tubuh, buah-buahan segar bisa menjadi solusi.

 

Apalagi, buah-buahan juga ampuh mencegah panas dalam yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi daging-dagingan. Buah-buahan yang biasa digunakan sebagai parcel antara lain seperti, jeruk, apel, anggur, pisang, kiwi, ataupun buah-buahan lainnya.

 

Baca juga: Cari Tahu 4 Perbedaan Timun Suri dengan Blewah yang Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa

 

Itulah rekomendasi 11 isi parcel Lebaran yang bermanfaat. Sebelum menentukan apa saja barang yang ingin kamu gunakan sebagai parcel, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu kebutuhan orang tersebut. Agar barang tersebut benar-benar bisa mereka pergunakan dengan baik.

 

Jika kamu memilih buah-buahan sebagai isi parcel, kamu bisa membeli buah-buahan tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...